Dibui karena Perkosa Istri, Hari Berdalih Dibolehkan Agama

“Istri-istrimu adalah (seperti) tanah tempat kamu bercocok tanam, maka datangilah tanah tempat bercocok-tanammu itu bagaimana saja kamu kehendaki” (QS. al-Baqarah: 223)

Jakarta - Hari Ade Purwanto (29) yang mengajak istrinya berhubungan badan di hutan Nongkojajar, Pasuruan, Jawa Timur, dihukum karena memperkosa istrinya sendiri. Dalam permohonan kasasinya, Hari berdalih apa yang dilakukan dibolehkan dalam agama. Tetapi alasan ini ditolak Mahkamah Agung (MA).

Seperti dilansir dilansir website MA, Senin(14/1/2013), sepulang kerja, Hari menjemput istrinya di depan kantor pada 20 Juli 2011 dengan motor. Lalu Hari menyuruh istrinya naik ke atas sepeda motor tetapi istrinya menolak.

Hari mengancam akan ribut bertengkar di jalan serta akan menubruk istrinya dengan sepeda motor jika tidak mau dibonceng. Istrinya ketakutan sehingga dengan terpaksa naik sepeda motor tersebut dan Hari membwa istrinya dengan kecepatan tinggi.

Sepanjang perjalanan, Hari menyuruh istrinya berpegangan kencang apabila tidak maka sepeda motor akan ditabrakkan. Sesampainya di daerah hutan, Hari menghentikan sepeda motornya dan mengajak istrinya berhubungan suami istri tetapi ditolak.

“Hari menjadi marah dan langsung menyeret kedua tangan istrinya lalu terdakwa menyuruh saksi duduk di tanah, setelah itu mendorong bahu istrinya ke tanah dan terjadilah pemerkosaan,” demikian tulis dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Atas perbuatan Hari, pada 6 Maret 2012, Pengadilan Negeri Pasuruan menghukum Hari dengan hukuman 1 tahun 3 bulan karena melakukan kekerasan seksual pada istrinya. Hal ini melanggar pasal 46 UU No 23/2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT).

Putusan ini dikuatkan Pengadilan Tinggi Surabaya pada 14 Mei 2012. Tidak terima, Hari pun mengajukan kasasi ke MA.

“Apa yang dilakukan saksi korban memenuhi hak suami melakukan hubungan suami dengan Terdakwa di hutan Nongkojajar sesuai Kitab Jam'ul Fawaid bab hak masing-masing suami istri dijelaskan dalam kitab tersebut," demikian alasan Hari seperti tertuang dalam berkas kasasi halaman 9.

Dalam bab tersebut diceritakan sahabat Mu'adz melakukan sujud kepada Nabi Muhammad SAW dan dilarang. Lantas Nabi Muhammad SAW bersabda 'sesungguhnya jika boleh sujud antara manusia selain kepada Allah SWT, pasti Allah SWT akan memerintahkan seorang istri sujud kepada suaminya...'

Menurut Hari, PN Pasuruan telah salah menerapkan hukum dan salah dalam menilai unsur-unsur Pasal 49 UU 23/2004.

“Tidak terbukti adanya unsur perbuatan kekerasan seksual dalam rumah tangga, dibuktikan setelah kejadian masih melakukan kewajiban suami istri setelah pulang kerja dengan menyewa vila,” lanjut Hari.

Namun alasan kasasi ini ditolak MA sehingga Hari pun harus dihukum karena memperkosa istrinya sendiri.

“Menolak alasan terdakwa," demikian alasan putusan kasasi yang diketok oleh ketua majelis hakim Prof Komariah E Sapardjaja. Putusan yang diketok pada 14 Agustus 2012 lalu ini juga diadili oleh 2 hakim agung Suhadi dan Prof Salman Luthan.

 Detik.com


15 comments Add a Comment
BEJO
Reply| 26 Feb 2013 13:14:56
hehehe Yusuf,
kata2mu ta sebagus namamu
ga perlu bekoar2 nantang diatas,
saya berani ko bilang kaya yang kamu sebut diatas,,Tuhan tidak beranak, tidak melahirkan,dll
sudah puas??
sekarang saya tanya kamu percaya Tuhan itu MAHA KUASA atau ngga?
apa kamu bisa menilai KEMAHAKUASAAN TUHAN dengan otak manusia mu?
bisa nggak? jawab?
yusuf
Reply| 11 Feb 2013 03:45:11
Terserah kek..biar tuhan anak kek..tuhan bapak kek..tuhan roh kudus kek..atau anda mau bilang itu kiasan kata2aja kek. Terserahhhh..biar yesus itu juru selamat..terserahhh..kayaknya takut sekali kalau bilang Tuhan bukan anak,tuhan bukan bapa..takuuut nih yee..takut sama siapa masss..??..Loh katanya itu kiasannnn..kok takut??takut dosaaaa??hahaa..bilang satunitas mgkn juga takut..pasti bilang trinitas..hahaaa..apakah anda berani bersumpah jika Allah itu tidak beranak maupun diperanakan..pasti anda nggal berani toh..krn ada kata2 Anak,Bapa...hahaaa..enteng toh mas..nggak usah panjang2 membahas Ayat2 lg..itu poin akhirnya mas..berani nggak mengatakan Allah tdk beranak maupu tdk diperanakan..jgn pandai bcr aja..ohhh Allah tdk spt manusia scr biologisnya..tp ternyata msh terpendam dg kata2 biologisnya..muuuttteeeerrrr aja pendptnya anda itu mas..
yusuf
Reply| 11 Feb 2013 03:25:29
Hahaahaa...ternyata tulisan yg ada ditafsir terjemahan Alquran yg dimuat disini semua..hahaaa..bukan ayat Alquran yg asli yg dibahas..hahaaa..baru menafsirkan isi tafsir terjemahan Alquran..hahaaa..membaca buku tafsir kemudian ditafsirkan lagi..jadi dua kali tafsiran..maklum kitab sucinya aja sdh dlm bentuk tulisan bahasa indonesia..jadi injilnya sdh ditafsirkan dlm tulisan bhs indonesia lalu dibaca dg khidmat bak org berdoa..hahaaa..makanya pintar menafsirkan buku terjemahan tafsir Alquran..mas..yg anda bahas disini adalah buku tafsir terjemahan Alquran..itu bukan kitab suci Alquran massss...hahaaa..injil anda saja yg sdh ditafsirkan dlm bhs indonesia itupun sama derajatnya dg buku tafsir terjemahan Alquran dlm bhs indonesia..jd injil anda itu bukan kitab suci!!..itu bacaan biasa..lihatlah Alquran,dinegara manapun dibaca tetap tulisannya Arab..sdg injil anda jk dinegara lain sdh berubah tulisannya jd bhs inggris,perancis..ada nggak mas injil dlm tulisan bhs jawa atau bhs madura atau bhs padang..hahaaa..nggak usah jauh2 mas bahas ayat2 Alquran...anda hny membahas terjemahan tafsir Alquran lalu anda masih tafsirkan lagi..muterrrr aja hasilnya..tafsir Alquran bukan kitab sucinya org Islam Mas..hahaaa..kalau injil ada nggak buku terjemahan tafsir injilnya???...gak ada kann..ya yg anda gadang2 injil anda itu sdh dlm btk tafsiran terjemahan dlm bhs indonesia..gitu aja bangga..hahaa..nggak usahlah membahas ayat2 dari kitab suci Alquran..saya saja yg islam msh nggak pcy dg terjemahan tafsirnya kok anda bangga membahas tafsir Alquran disini..yg anda bahas itu tafsir alquran dlm bhs indonesia bukan ayat2 suci Alquran masss..begitu khidmat dan khusuknya anda membaca kitab suci anda yg sdh berbahasa indonesia..jgn ngeles mas..biar anda bahas tafsir Alquran disini..sy tetap ketawa..gitu aja bangga..anda tak ubahnya provokator murahan..baca Alquran aja anda nggak bisa..bayangkan tafsir Alquran aja yg diterjemahkan dlm bha indonesia msh jauh artinya dg kandungan Alquran Aslinya ..apalagi buku kitab anda yg berbhs indonesia juga..nggak usah jauh2 membahas ayat2 dari kitab nasing2 agama..lihat dulu kitab injil anda..jk kitab Alquran yg diseluruh dunia bertulisan Asli Arab msh anda cemoohkan..apalg kitab suci injil anda yg sdh dirubah rubah dr ejaan lama ke ejaan baru bhs indonesia..apa nggak mikir ke asliannya..
peduli
Reply| 05 Feb 2013 16:03:48
begini bro sy tdk berdakwah hanya meluruskan tulisan kalian yg memotong2 ayat Alquran agr terkesan negatif bertujuan untuk membntuk opini negatif thd Alquran, padahal terbukti kan Alquran itu sbh kebenaran yg tdk bs kalian bantah. Mengenai poligami nabi2 anda hrs belajar kembali, hanya agama paganism yg tdk berpoligami, sdgkan agama samawi semuanya berpoligami. di alkitab diantaranya Abraham 2 bini+1budak,i yacob 4 bini, musa 2 bini, daud tdk krg 100bini, salomo 700an, makanya anda baca alkitab jgn hanya nyanyi2 sj.
SERIUS
Reply| 05 Feb 2013 00:46:03
@ PEDULI, tak usah anda bersusah berdakwah kepada non-Mu ttg perkawinan, dg berkata:
"maksud perkawinan itu adalah untuk mendapatkan keturunan bukan hanya sekedar bersenang-senang melepaskan nafsu dan syahwat"

Kita harus malu sendiri karena Nabi sendiri terbukti terlalu banyak bersenang-senang melepaskan nafsu dan syahwat"
.
peduli
Reply| 04 Feb 2013 16:35:10
Albaqarah 222 s/d 223:
??????????????? ???? ?????????? ???? ???? ????? ????????????? ?????????? ??? ?????????? ??????????????????? ?????? ?????????? ??????? ??????????? ???????????? ???? ?????? ?????????? ????? ????? ????? ??????? ?????????????? ????????? ????????????????? {222} ??????????? ?????? ??????? ???????? ?????????? ?????? ???????? ??????????? ???????????? ?????????? ????? ??????????? ???????? ??????????? ????????? ?????????????? {223}

“Mereka bertanya kepadamu tentang haidh. Katakanlah, ‘Haidh itu adalah suatu kotoran.’ Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haidh; dan janganlah kamu mendekati mereka, sampai mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.(Albaqarah: 222) dan lanjutannya ke 223

''Istri-istrimu adalah (seperti) tanah tempat kamu bercocok tanam, maka datangilah tanah tempat bercocok-tanammu itu bagaimana saja kamu kehendaki. Dan kerjakanlah (amal yang baik) untuk dirimu, dan bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa kamu kelak akan menemuiNya. Dan berilah kabar gembira orang-orang yang beriman.” (Al-Baqarah: 223).

Tafsir Albaqarah : 222
Maksudnya haid itu adalah suatu kotoran maka jgnlah kamu mendekati / bercampur/bersenggama dg istrimu itu sebelum suci dari haid kemudian jk sdh suci
maka kamu boleh menyentuh istrimu di tempat yg telah ditentukan (hanya boleh di mrs V/ tdk boleh ditempat lain/anus). Kmudian ayt tsb dilanjutkan Albaqarah 223
Tafsir Albaqara223:
Dalam ayat ini, istri diumpamakan dengan kebun tempat bercocok tanam dan tempat menyebarkan bibit tanam-tanaman. Boleh mendatangi kebun itu dari mana saja arahnya asal untuk menyebarkan bibit dan untuk berkembangnya tanam-tanaman dengan baik dan subur.
Istri adalah tempat menyebarkan bibit keturunan supaya berkembang dengan baik. Maka seorang suami boleh bercampur dengan istrinya dengan berbagai cara yang disukai mereka berdua asalkan tidak mendatangkan kemudaratan.
Jelaslah bahwa maksud perkawinan itu adalah untuk mendapatkan keturunan bukan hanya sekedar bersenang-senang melepaskan nafsu dan syahwat. Untuk itu Allah menyuruh berbuat amal kebajikan sebagai persiapan untuk masa depan agar mendapat keturunan yang saleh, berguna bagai agama dan bangsa, serta berbakti kepada kedua orang tuanya.
Kemudian Allah menyuruh para suami agar berhati-hati menjaga istri dan anak-anaknya, menjaga rumah tangga jangan sampai rusak dan berantakan. Karena itu bertakwalah kepada Allah. Sebab akhirnya manusia akan kembali kepada Allah jua, dan akan bertemu dengan-Nya di akhirat nanti untuk menerima balasan atas setiap amal perbuatan yang dikerjakannya di dunia. Allah swt. menyuruh agar setiap orang yang bertakwa kepada-Nya diberi kegembiraan bahwa mereka akan memperoleh kebahagiaan di dunia ini dan juga di akhirat kelak.
adrian
Reply| 01 Feb 2013 23:45:08
sex bebas ala barat ngga dosa yaa, pagi sama babu, malam sama tetangga, hik hik , lagian kalo sama istri yaa syah saja , semua, dan ada adab adab nnya dengan cumbu cumbu dulu, kalo pake dalil orang yg kasus ini mah , ngga kena dengan cara cra islam yg menghargai kaum wanita.
burung kacer
Reply| 20 Jan 2013 15:28:42
diminta secara baik baik pasti dikasih, kalau minta kasar lalu maksa ya namanya merkosa dan pantas dihukum sekalipun dengan istri sendiri.
Tapi saya senang pelan pelan negara ini akan memberlakukan hukum yang adil dan tidak mengadopsi aturan yang keluar pada abad ke 7.
GUNTUR
Reply| 17 Jan 2013 01:24:37
@rendra

lo kan di syur..ga dapat lonte gratisan, masa di dunia gk sih
rendra_jkt
Reply| 16 Jan 2013 11:44:14
walah..
istri geblek, gak ngikuti bejadnya suami, tapi suaminya lebih geblek kok maksa, pake di hutan pula. bener2 perempuan cuma dianggep boneka murahan..
salam..
I am MALAY
Reply| 15 Jan 2013 14:43:20
walo pun your nama ade kaitan pun ko tetap urang oooo..
aiyooo.... sudahlah mohammod tu ade istri tua, bawa umur pun ade..... betul ke dia nie nabi islam yang beriman dan penyelamat serta putunjuk jalan menuju Owlloh........
woiiii......... istri diibaratkan seperti anjing ooo........
hal ini tidak dikatakan...... kerna ia sungguh geli....saya dengar...... itulah sbab saya berpihak pada agama islam sejati iaitu agama yang tunduk dan patuh akan Tuhan. dan bukanya islam dunia.... sbab islam sendiri dalam kitab sucinya menyuru siapa yang ragu-ragu, mintalah petunjuk kepada orang nasrani.....!!!!!!!!!!!!!
Khadijah
Reply| 15 Jan 2013 11:32:14
AH, KALIAN JANGAN MENGHUJAT RASUL.
JELEK2 SAYA, KAN NAMA SAYA TERKAIT?
nabi_sange
Reply| 14 Jan 2013 23:21:08
Prof. Komariah E. Sapardjaja jauh lebih beradab dan bermartabat dari pada owloh dan Mr. M.
Enlightenment
Reply| 14 Jan 2013 12:02:55
Allah SWT emang paling ngerti kebutuhan seksual kaum Muslimin (pria Muslim); makanya Ia menurunkan surah Al Baqarah 223 kpd Rasulullah utk disampaikan kepada para pengikut Rasulullah. Enak benar jadi pria Muslim, di dunia bisa bersetubuh dng isteri kapan pun ia kehendaki dan dng cara bagaimana pun; dan nanti di surga masih dihadiahi Allah swt dengan 72 bidadari bermata jeli, berdada montok dan berpantat bahenol. Mmmmmmuahhhh Allah SWT, Kau benar-benar kepala germo!!
Bondan
Reply| 14 Jan 2013 11:50:59
Jangankan merkosa isteri sendiri, pembantu aja diembat ame Kang Mamad di ranjang isterinya koq. Bahkan isteri anak angkat pun disikat ame Kang Mamad. Pokoke, yg namanya ajaran Islam, nggak jauh jauh dah dari urusan selangkangan. Surganya aja penuh dng bidadari pelacur. Asoooooyyyyy
Fetching more Comments...
↑ Back to Top