Benarkah Nabi Ibrahim Pernah Singgah Di Ka’bah dan Dimakamkan Di Situ?

Bagaimana mungkin Rumah Berhala diidentifikasikan sebagai Rumah Tuhan? Hubungan apa yang ada antara orang Ibrani dan orang Arab? Bagaimana mungkin seorang Ibrani (Ibrahim) yang tinggal di Kanaan menjadi penduduk Hijaz?

Jamaah Haji Tengah Berziarah Ke Makam Yang Diklaim Sebagai Makam Nabi Ibrahim

Dalam Quran Sura Al Imran 3:96,97 tertulis:

Sesungguhnya rumah yang mula-mula dibangun untuk (tempat beribadat) manusia, ialah Baitullah yang di Bakkah (Mekah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semua manusia. Padanya terdapat tanda-tanda yang nyata, (di antaranya) maqam Ibrahim; barangsiapa memasukinya (Baitullah itu) menjadi amanlah dia; mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah. Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam.”

إِنَّ أَوَّلَ بَيْتٍ وُضِعَ لِلنَّاسِ لَلَّذِي بِبَكَّةَ مُبَارَكًا وَهُدًى لِّلْعَالَمِينَ

فِيهِ آيَاتٌ بَيِّنَاتٌ مَّقَامُ إِبْرَاهِيمَ ۖ وَمَن دَخَلَهُ كَانَ آمِنًا ۗ وَلِلَّهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلًا ۚ وَمَن كَفَرَ فَإِنَّ اللَّهَ غَنِيٌّ عَنِ الْعَالَمِينَ

 

Kita tahu bahwa para penyembah berhala-lah yang membangun Ka’bah sebagai Kuil untuk beribadah kepada Saturnus dan dewa-dewi lainnya. Orang-orang Arab memanfaatkannya sebagai tujuan ziarah untuk menghormati dewa-dewa mereka. Bukti atas fakta ini adalah patung-patung berhala yang dihancurkan oleh Muhammad ketika ia berhasil menaklukkan orang-orang Quraish. Secara umum diketahui bahwa Abraham tinggal di Tanah Kanaan dan tidak pernah sama sekali menginjakkan kaki di Jazirah Arab. Sungguh sebuah kesalahan fatal mengatakan bahwa Ka’bah adalah Rumah Tuhan atau Tempat dimana Abraham pernah singgah. Bagaimana mungkin Rumah Berhala diidentifikasikan sebagai Rumah Tuhan? Hubungan apa yang ada antara orang Ibrani dan orang Arab? Bagaimana mungkin seorang Ibrani (Ibrahim) yang tinggal di Kanaan menjadi penduduk Hijaz?


32 comments Add a Comment
islamquranhadist
Reply| 24 Jan 2014 10:05:37
Cindy lestari (@Cindy_imuetzz) on January 23, 2014 at 2:02 pm said:
saya punya 3 pertanyaan buat anda yang kristen
-------------------------------

Ya benar, Nabi Ibrahim Pernah Singgah Di Ka’bah dan Dimakamkan Di Situ.

Buktinya saya punya 3 pertanyaan buat anda yang kristen!!!!!!!!!!!!
Cindy lestari (@Cindy_imuetzz)
Reply| 23 Jan 2014 22:02:01
saya punya 3 pertanyaan buat anda yang kristen

1. katanya tuhan kalian mati karena menebus dosa kita betul ? berarti dosa yang sangat besar di tanggung tuhan mu dong ? berati semua orang bisa masuk surga dong ?

2. kenapa kalian semua pake gambar salib ? dan gimana kalo tuhan kalian matinya pake kursi listrik,berarti kalian pake kaling model kursi listrik dong ?

3. coba pikir lagi dengan kata TUHAN ESA , pada saat kalian berdoa coba simak kalian berdoa pada roh kudus, tuhan bapak, tuhan ibu, dan bagai mana yesus lahir ke dunia dan siapa orang tuanya ? ingat tuhan tuhan yang lain lain ? kataya tuhan kalian maha esa ?

ingat tuhan kami adalah allah, muhammad adalah nabi terakhir kami dia bukan tuhan ke 2 dia adalah nabi, dan adam adalah nabi kami yang pertama

ada tanggapan
jimat muslim
Reply| 13 Dec 2013 12:56:32
huaks. . . . . . . . . .
dssc7
Reply| 12 Dec 2013 22:05:58
Dear all, jika ingin menjadi pengikut Yesus yang setia belajarlah dari situs berikut ini
https://www.facebook.com/notes/para-ilmuan-dan-tokoh-pendeta-yang-memeluk-islam/menjadi-pengikut-yesus-yang-setiaharus-masuk-islam-bagian-ketiga/161043637291569?comment_id=1568447
syafri dinata
Reply| 02 Dec 2013 21:54:32
woyyy. Yesus kalian mati.hahahahahahh...Tuhan bisa mati!!!!!! hahahaha.
kosaki
Reply| 07 Oct 2013 12:19:23
MANA REFERENSIMU???
kosaki
Reply| 07 Oct 2013 12:18:21
@tanah karo simalem

"ayat ini merengkan secara jelas setelah peristiwa pengorbanan ismael oleh Ibrahim & ALLAH memberikan surprise kpd sarah dgn kelahiran seorang anak yg bernama ishag"
----------------------------
Tanggapan: Ketika pengorbanan, itu sudah ada Ismael dan Ishak, jadi bukan karena adanya pengorbanan itu maka lahirlah Ishak.

Mengenai pengertian "Anak yang tunggal", Anda salah memahami konsepnya.
Silahkan membaca ayat sebelumnya dimana Tuhan YHWH menjanjikan anak kepada Abraham melalui Sarah, itulah yang dimaksud dengan 'Anak yang tunggal". (Baca Kejadian 17:15-21, Kejadian 18:10-15, kejadian 21:1-12.). Ismael bukan merupakan anak yang dimaksud dalam perjanjian antara Abraham dan YHWH, karena Ismael terlahir dari keinginan manusiawi Sara. Anak yang dimaksud ialah Ishak, yang menjadi anak perjanjian antara Abraham dengan YHWH.

Jadi perjanjian antara Abraham dengan YHWH dibangun melalui Ishak dan bukan Ismael, karena itulah kisah pengorbanan mengacu kepada Ishak yang secara terang dinyatakan dalam Kejadian 22.
kosaki
Reply| 07 Oct 2013 11:56:41
@mulawarman qadir: MANA REFERENSIMU???
mulawarman qadir
Reply| 06 Oct 2013 17:42:41
cape deh.mungkin yang bilang kali......jadi... itu tuuu tuuuuu
mulawarman qadir
Reply| 06 Oct 2013 17:31:32
bahkan kabbah itu sudah ada jauh sebelum nabi Ibrahim,nabi Ibrahim bukanlah pembuat kabbah tapi membangun kabbah kembali karena perintah Allah SWT, setelah dihempas oleh banjir besar Nabi NUH.
mulawarman qadir
Reply| 06 Oct 2013 17:27:45
Nabi Ibrahim sudah meninggikan Kabbah dari hempasan banjir nabi NUH, jauh sebelum nabi sulaiman dilahirkan dari isri nabi Daud.
tanah karo simalem
Reply| 11 Jul 2013 12:02:32
@kosaki
saya tidak mau berdebat dgn cacian
sbb ALLAH mengajarkan kpd kami utk berdebat dgn baik

Kejadian 22:2
“Firman-Nya: “Ambillah anakmu "yang tunggal" itu, yang engkau kasihi, yakni Ishak, pergilah ke tanah Moria dan persembahkanlah dia di sana sebagai korban bakaran pada salah satu gunung yang akan Kukatakan kepadamu.”
siapakah sepatutnya disebut anak tunggal ?, lalu perhatikan:

Kejadian 16:16
“Abram berumur delapan puluh enam tahun, ketika Hagar melahirkan Ismael baginya.”
Kejadian 21:5
“Adapun Abraham berumur seratus tahun, ketika Ishak, anaknya, lahir baginya.”

Jadi seharusnya ayat yang menerangkan kelahiran Ishaq itu letaknya sesudah ayat pengorbanan. Jadi setelah ayat yang menceritakan pengorbanan barulah diikuti oleh ayat kelahiran Ishak. Inilah yang disebut dengan “tahrif” oleh al-Qur’an, yaitu mengubah letak ayat dari tempatnya yang asli ketempat lain sebagaimana yang disitir oleh QS An Nisa’ ayat 46 :

QS An-Nisa 46
“Diantara orang-orang jews itu, mereka mengubah perkataan dari tempatnya…”

sejalan dengan ayat ALquran yg berbunyi:
firman ALLAH :
Maka pikirkanlah apa pendapatmu!” Ia menjawab: “Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar.” (102) Tatkala keduanya telah berserah diri dan Ibrahim membaringkan anaknya atas pelipis (103). Dan Kami panggillah dia: “Hai Ibrahim, (104) sesungguhnya kamu telah membenarkan mimpi itu, sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik (105).

Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata (106). Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar (107). Kami abadikan untuk Ibrahim itu di kalangan orang-orang yang datang kemudian (108), “Kesejahteraan dilimpahkan atas Ibrahim” (109)
Sesungguhnya ia termasuk hamba-hamba Kami yang beriman (111).
Dan Kami beri dia kabar gembira dengan Ishaq seorang nabi yang termasuk orang-orang yang saleh (112). Kami limpahkan keberkatan atasnya dan atas Ishaq. Dan di antara anak cucunya ada yang berbuat baik dan ada yang zalim terhadap dirinya sendiri dengan nyata (113).(Ashshoffat ayat 99-113)

ayat ini merengkan secara jelas setelah peristiwa pengorbanan ismael oleh Ibrahim & ALLAH memberikan surprise kpd sarah dgn kelahiran seorang anak yg bernama ishag
lalu oleh orang kristian menyatakan bahwa apapun ceritanya ttp anak yg dikorbankan adalah anak yg sah dari ibrahim bukan dari budak tp dari istri yg sah
betapa konyol pernyataan mereka sbb dlm taurat sdh dikatakan bahwa
Kejadian 16:3
“Jadi Sarai, isteri Abram itu, mengambil Hagar, hambanya, orang Mesir itu, —yakni ketika Abram telah sepuluh tahun tinggal di tanah Kanaan—,lalu memberikannya kepada Abram, suaminya, untuk menjadi ISTRINYA"

akan tetapi anda juga harus merenungkan arti dan makna ayat ini:
kejadian
13:14-15..........berfirmanlah TUHAN kepada Abram: "Pandanglah
sekelilingmu dan lihatlah dari tempat engkau berdiri itu ke timur dan
barat, utara dan selatan, sebab seluruh negeri yang kaulihat itu akan
Kuberikan kepadamu dankepada keturunanmu untuk selama-lamanya.

15:5-6 Lalu TUHAN membawa Abram ke luar serta berfirman: "Coba lihat
ke langit, hitunglah bintang-bintang, jika engkau dapat
menghitungnya." Maka firman-Nya kepadanya: "Demikianlah banyaknya
nanti keturunanmu." Lalu percayalah Abram kepada TUHAN, maka TUHAN
memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran

15:18 Pada hari itulah TUHAN mengadakan perjanjian dengan Abram serta
berfirman: "Kepada keturunanmulah Kuberikan negeri ini, mulai dari
sungai Mesir sampai ke sungai yang besar itu, sungai Efrat:

17:7 Aku akan mengadakan perjanjian antara Aku dan engkau serta
keturunanmu turun-temurun menjadi PERJANJIAN YG KEKAL, supaya Aku
menjadi Allahmu dan ALLAH KETURUNANMU

silahkan ada tanggapan?

wassalam
kosaki
Reply| 10 Jul 2013 14:09:59
@tanah karo simalem
Anda menyatakan:
"Kisah nabi Ibrahim ini sudah seyogyanya tertulis dalam taurat
Namun akibat ulah tangan manusia kisah itu seolah-olah tidak tertulis, sebab kita ketahui masalahnya dimulai disaat kisah keturunan nabi Ismail sebagai anak budak dari Hagar itu hampir tidak diakui dalam agama jews, bahkan mereka menolak perjanjian keturunan nabi Ibrahim bahwa Ismail tidak termasuk di dalamnya sampai-sampai peristiwa pengkurbanan anak ibrahim itu berdasarkan Ishag sebab mereka sudah tidak mengakuinya, "

Tanggapan saya:
Jelas bangsa Israel tidak akan mengakui bahwa anak kurban ialah Ismael karena dalam catatan sejarah dan kitab Taurat dengan jelas nama anak yang dikurbankan ialah Ishak. Apa yang anda paparkan itu hanyalah klaim tanpa bukti. Silahkan ajukan ayat Quran yang menyatakan bahwa anak yang dikorbankan secara jelas dinyatakan dan disebutkan sebagai Ismael.
Mhd61l4
Reply| 10 Jul 2013 13:33:27
Benarkah Nabi Ibrahim Pernah Singgah Di Ka’bah dan Dimakamkan Di Situ?

Dengan ini saya mengumumkan, telah ditemukan AGAMA BARU dengan identitas sebagai berikut:

Sembahan : SABLENG
Rumah Sableng di puncak gunung yang ada pohon besarnya.
Malaikat : JUBIR
Jubir takut sama anjing dan selalu ngendon di pohon Pule
Nabi teranyar : WIRO
Istrinya banyak, haremnya juga banyak
Kitab suci : AL QORENG
Diberikan Jubir ke Wiro dibawah pohon pule
Agama : ISNYET
Penganut : MUSNYET
Bersaudara dengan turunan monyet
Berdiri : 01 Januari 2013
Tempat Asal : HUTAN BELANTARA

Jelas temuan tersebut sangat sesuai dengan term antara al quran dan Al kitab, karena umat MUSNYET yang bersaudara dengan monyet tersebut sangat yakin dan percaya bahwa SABLENG lah satu satunya yang berkuasa dengan 999 gelarnya dan WIRO adalah nabi teranyar bagi mereka dan keturunan monyet.

Kalau ada yang pake pake Al quran untuk menyerang dan menuduh Alkitab, maka saya juga make Al qoreng untuk menyerang dan menuduh Al quran.

IMPAS dan mari kita saksikan betapa hebatnya agama baru ini……!!!!!
Mhd61l4
Reply| 10 Jul 2013 12:33:08
@tanah karo simalem

Ini saya berikan dari sumber Islam sendiri.
Esensinya, kebohongan yang ditutupi dengan kebohongan, hanya menghasilkan orang-orang yang suka berbohong, kalaupun berusaha jujur, ya jujur dari kebohongan seperti kamu.

Coba baca dan telaah baik-baik, kemudian pikirkan pelan-pelan dan bandingkan dengan klaim-klaim kebohongan yang kamu sampaikan.

Tafsir Ibn Kathir terhadap QS 3 : 96 :
Sesungguhnya rumah yang mula-mula dibangun untuk (tempat beribadah) manusia, ialah Baitullah yang di Bakka (Mekah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semua manusia.
Imam Ahmad mencatat bahwa Abu Dharr berkata; “Aku berkata, “O Rasulullah, masjid mana yang pertama dibuat didunia ini?. Dia berkata, “Al-Masjid Al Haram (di Mekah)”. Aku berkata, “Mana yang dibangun setelah itu?”. Dia menjawab, “Al-Masjidil Al-Aqsa (di Yerusalem)”. Aku berkata, “Berapa jangka waktu antara pembangunan kedua bangunan itu?” Dia berkata, “Empat puluh tahun”

Menurut perhitungan :
Abraham dan Ismail hidup sekitar tahun 1900 SM – 2000 SM
Raja Salomo (Sulaiman) yang membangun bait Allah di Yerusalem hidup sekitar 1000 SM – 970 SM.
Jadi ada beda waktu 1000 tahun antara Ismail (yang membangun Kabah = Masjidil Haram) dengan raja Salomo (yang membangun Bait Allah di Yerusalem).
Jadi bagaimana bisa dikatakan beda waktu keduanya hanya 40 tahun?

Berdasarkan masa hidup Abraham +/- 1900 – 2000 SM, maka Al-Masjidil Al-Aqsa (di Yerusalem) dibangun pada 1860 – 1960 SM????!!!!

Berdasarkan masa hidup Raja Salomo +/- 1000 – 970 SM, maka Kahbah dibangung pada +/- 960 – 940 SM?

IBLIS, SEKUTU IBLIS, TURUNAN IBLIS, SAUDARA IBLIS, tahunya cuma BERBOHONG DAN TIPU DAYA, ngga tahu sejarah dan ngga tahu berhitung.

Makanya, Al QURAN memang nyata-nyata KITAB SUCI IBLIS dan SAUDARA IBLIS.

Keturunan IBLIS dan keturunan Adam yang beragama ISLAM, yang disebut muslim seuhkuwah/bersaudara islamiah, kitab sucinya AL QURAN dan yang terkait di dalamnya adalah hasil KEBOHONGAN, TIPU DAYA IBLIS.!!!!
tanah karo simalem
Reply| 10 Jul 2013 03:26:00
sesungguhnya orang-orang kafir itu merasa dirinya sudah benar, pinter, damai, apalagi... kasih, kaya, bebas apalagi....? mereka merasa bangga dengann hal itu tapi biarlah sebab ALLAH MAHA MENYAKSIKAN,
kisah nabi Ibrahim dan nabi Ismail itu tertulis di ALQURAN yang artinya sangat benar bahwa Ibrahim pernah singgah di kabah ( Mekah saat ini)
dengann dasar firman ALLAH, maka terjawablah bahwa kabah itu dibangun pertama kali di "zaman nabi Adam "

“Sesungguhnya, rumah yang mula-mula dibangun untuk (tempat beribadah) manusia ialah Baitullah di Bakkah (Makkah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semua manusia "QS. Ali Imran [3]: 96

dan kabah di jaman nabi Ibrahim & Ismail adalah pemugaran, dan bukan pertama kali jadi jelas kabah dibangun ulang oleh mereka.
" ingatlah ketika Ibrahim meninggikan pondasi Baitullah bersama Ismail (seraya berdoa), ‘Ya Rabb kami, terimalah (amal) dari kami. Sesungguhnya, Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah [2]: 127).

Kisah nabi Ibrahim ini sudah seyogyanya tertulis dalam taurat
Namun akibat ulah tangan manusia kisah itu seolah-olah tidak tertulis, sebab kita ketahui masalahnya dimulai disaat kisah keturunan nabi Ismail sebagai anak budak dari Hagar itu hampir tidak diakui dalam agama jews, bahkan mereka menolak perjanjian keturunan nabi Ibrahim bahwa Ismail tidak termasuk di dalamnya sampai-sampai peristiwa pengkurbanan anak ibrahim itu berdasarkan Ishag sebab mereka sudah tidak mengakuinya,

Kejadian 22:2
“Firman-Nya: “Ambillah anakmu yang tunggal itu, yang engkau kasihi, yakni Ishak, pergilah ke tanah Moria dan persembahkanlah dia di sana sebagai korban bakaran pada salah satu gunung yang akan Kukatakan kepadamu.”
(kisah ini diabadikan oleh umat Ismail justru umat Ishag tidak)

(Kejadian 21:12 Tetapi Allah berfirman kepada Abraham: "Janganlah SEBAL HATIMU karena hal anak dan budakmu itu; dalam segala yang dikatakan Sara kepadamu, haruslah engkau mendengarkannya, sebab yang akan disebut keturunanmu ialah yang berasal dari Ishak.)


kej 5:18 Pada hari itulah TUHAN mengadakan perjanjian dengan Abram serta
berfirman: "Kepada KETURUNANMULAH Kuberikan negeri ini, mulai dari sungai Mesir sampai ke sungai yang besar itu, sungai Efrat: ( sampai saat ini perjanjian tersebut di lapangan masih diberikan kepada keturunan Ismail bisa lihat sendiri di peta )

maka cerita ini sudah semakin menjauh dan melebar sehingga orang kafir red kristian tidak menemukan bukti bahwa nabi ibrahim pernah berada di daerah "mekah" saat itu dan mengatakan tak mungkin dari kanaan sampai ke jajirah arab
logikanya: bagaimana mungkin hagar ditinggal begitu saja oleh nabi ibrahim bapa orang yg percaya, diusir lalu dibiarikan begitu saja ! sifat nabi sejati sebenarnya tidaklah spt itu danbegitu juga jarak antara keduanya tidaklah begitu jauh masih logika kecuali anda mengatakan dari kanaan ke roma mungkin gak nyambung gitu!

ya, dengan dasar benci dan tidak mengakuinya lah maka kisah nabi Ismail hampir tidak disebutkan didalamnya bahwa saat itu nabi Ibrahim pernah bersama Hagar

“Wahai Isma’il, Allah memerintahkanku dengan suatu perintah.” Isma’il berkata, “Lakukanlah apa yang diperintahkan Tuhanmu.” Ibrahim berkata lagi, “Apakah kamu akan membantu aku?” Isma’il berkata, “Ya, aku akan membantumu.” Ibrahim berkata, “Allah memerintahkan aku agar membangun rumah di tempat ini.” Ibrahim menunjuk ke suatu tempat yang agak tinggi dibanding sekelilingnya.” Di dekat tempat itulah keduanya meninggikan pondasi Baitullah, Isma’il bekerja mengangkut batu-batu sedangkan Ibrahim yang menyusunnya (membangunnya) hingga ketika bangunan sudah tinggi, Isma’il datang membawa batu itu lalu meletakkannya untuk Ibrahim agar bisa naik di atasnya sementara Isma’il memberikan batu-batu. Keduanya bekerja sambil mengucapkan kalimat doa, “Wahai Tuhan kami, terimalah (amal) dari kami sesunggunya Engkau Maha Mendengar dan Maha Mengetahui.” Keduanya terus saja membangun hingga mengelilingi Baitullah dan keduanya terus membaca doa, “Wahai Tuhan kami, terimalah (amal) dari kami sesungguhnya Engkau Maha Mendengar dan Maha Mengetahui.” (QS. Al Baqarah: 127).

kisah ini tidak tercatat dalam perjanjian lama, yang dimana kisah ini pernah terjadi kala itu maka bagaimana mungkin mereka tidak bisa mengetahui kejadian tersebut.

Rumah Tuhan yang pertama kali inilah yang konon sebelum kedatangan MUHAMMAD SAW dijadikan pemujaan oleh orang Arab jahiliyah sebagai tempat pemujaan dewa, dan Rumah TUHAN inilah yang direbut kembali dan diubah kembali fungsinya kesemula(fitrah) menjadi rumah Tuhan sebenarnya! beda dengann kota Roma pusat penyebaran kristian ke seluruh dunia, maaf patung om itu kegedean disitu dipampangkan lagi !

hai kamu generasi yang tidak percaya dan SESAT berapa lama lagi aku harus tinggal diantara kamu dan sabar terhadap kamu ? ( sorry yang bilang Yesus sendiri ) (lukas 9:41)
wassalam!
Mhd61l4
Reply| 27 Jun 2013 11:17:44
Menurut saya juga gitu.....
kosaki
Reply| 27 Jun 2013 04:02:12
@MHD61L4:
Menurut saya, Abraham dan Ibrahim itu beda banget, makanya saya pake kalimat penghubung 'atau' , jadi kalau masih ada yang menganggap sama itu orang kagak main logikanya.
GUNTUR
Reply| 26 Jun 2013 21:53:09
@cha hyang qhiou

Sudah bodoh, sombong pula.
Mahluk macam mana pula kau ini.
olga
Reply| 26 Jun 2013 21:24:47
Asa’d Abu Karb adalah Pembangun Ka’bah yang Sebenarnya di Awal Abad ke-5 M
Dikatakan bahwa sebelum Ka’bah dibangun, orang² Khuzaa’h membangun sebuah tenda di tempat Ka’bah kelak dibangun. [172] Suku Khuzaa’h datang dari Yaman sekitar abad ke-2 M. Di abad ke-4 M, mereka menuju ke tempat di mana Mekah kelak dibangun. Karena mereka tak menemukan kuil untuk ibadah, maka mereka mendirikan tenda untuk beribadah di suatu lapangan.
[172] Al-Azruqi, Akhbar Mecca, 1, hal. 6
Keterangan dari para penulis abad ke-8 M, yang mendengar keterangan dari jaman Muhammad, menyatakan bahwa Ka’bah dibangun di awal abad ke-5 M oleh seorang pagan Himyarit ketua suku Yaman bernama Asa’d Abu Karb. Dia juga dipanggil dengan nama Abu Karb Asa’d, dan berkuasa atas Yaman di tahun 410-435 M. [173]
[173] A. Jamme, W.F., Sabaean Inscriptions from Mahram Bilqis (Ma’rib), the Johns Hopkins Press, Baltimore, 1962, Volume III, hal. 387; tulisan diberi nomer oleh G. Ryckmans, G. Ryckmans, Le Museon 66 (1953), hal. 363-7, p1.V; dikutip oleh K.A. Kitchen, Documentation For Ancient Arabia, Part I, Liverpool University Press, 1994, hal. 219

*slmt brpkir
Fetching more Comments...
↑ Back to Top