Apakah Guruh (Petir) Itu Malaikat?

Dalam Sura 13:13 kita membaca: “Dan guruh itu bertasbih dengan memuji Allah, (demikian pula) para malaikat karena takut kepada-Nya”.

وَيُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالْمَلَائِكَةُ مِنْ خِيفَتِهِ وَيُرْسِلُ الصَّوَاعِقَ فَيُصِيبُ بِهَا مَن يَشَاءُ وَهُمْ يُجَادِلُونَ فِي اللَّهِ وَهُوَ شَدِيدُ الْمِحَالِ

Wayusabbi[h]u a(l)rraAAdu bi[h]amdihi wa(a)lmal[a]-ikatu min kheefatihi wayursilu a(l)[ss]aw[a]AAiqa fayu[s]eebu bih[a] man yash[a]o wahum yuj[a]diloona fee All[a]hi wahuwa shadeedu almi[ha]l(i)

Al-Baidawi mengatakan, “Ibn Abbas mengisahkan bahwa, ‘Nabi ditanyai mengenai guruh. Ia menjawab: ‘Itu adalah malaikat yang dipercayakan [untuk mengatur] awan-awan. Ia menjalin lidah-lidah api yang digunakannya untuk mengatur awan dan para malaikat’”.

Sambil mengutip Ibn ‘Abbas, Al-Tirmidhi mengemukakan: “Orang Yahudi menemui Muhammad dan berkata, ‘Katakanlah kepada kami mengenai guruh. Apakah guruh itu?’ Ia berkata, ‘Satu dari para malaikat itu dipercayakan [mengatur] awan. Ia menjalin lidah-lidah api yang digunakannya untuk mengatur awan kemanapun Allah menghendakinya’”.

Ibn Abi Hatim, berdasarkan otoritas Muhammad Ibn Muslim, mengemukakan: “Dikatakan kepada kita bahwa guruh adalah malaikat dengan 4 wajah; wajah manusia, wajah kerbau, wajah elang; dan wajah singa. Jika ia menggerakkan sayapnya, maka itulah guruh”.

Ibn ‘Abbas mengatakan, “Orang Yahudi menemui Muhammad dan berkata, ‘Katakanlah kepada kami mengenai guruh. Apakah itu?’ Ia menjawab, ‘Salah satu dari para malaikat yang dipercayakan [untuk mengatur] awan. Ia menjalin lidah-lidah api yang digunakannya untuk mengarahkan awan kemanapun Allah menghendakinya’. Mereka berkata, ‘Lalu mengenai suaranya, apakah itu?’ Ia berkata, ‘Itu karena ia menghardik awan-awan, yakni agar mereka berhenti di tempat yang diperintahkan kepada mereka’”.

Hadith lainnya mengklaim bahwa “guruh adalah malaikat yang menghardik awan. Guruh adalah malaikat superior yang bernama Rufil”; namun Hadith lainnya mengatakan bahwa itu adalah “malaikat yang dipercayakan untuk mengatur awan; ia mengumpulkan [awan-awan] yang berada di sisi yang jauh dari bukit dan menggabungkannya. Ia mempunyai tongkat [atau pedang] di tangannya; ketika ia mengangkatnya maka terjadilah petir, dan ketika ia mengayunkannya maka itulah guruh”.

Kami bertanya: Mengingat guruh dan petir adalah fenomena alamiah yang merupakan hasil dari pertemuan ion-ion positif dan negatif di udara yang dingin dan panas, bagaimana anda dapat mengatakan bahwa guruh dan petir “berasal” dari malaikat?


14 comments Add a Comment
kosaki
Reply| 15 Jan 2014 00:23:08
Lebih tepatnya mereka menjadi korban tabrak lari....dengan logika berikut:
Guruh (petir) adalah malaikat
Petani tersambar petir
jadi, petani ditabrak malaikat....

Secara yuridis berarti terjadi kasus pembunuhan dech...

Berdasarkan doktrinal Islam, apakah mereka menjadi syuhadah dan langsung masuk surga menikmati hadiah yang dijanjikan oleh Allah swt? Mari silahkan yang mengaku jenius silahkan menjawab pertanyaan saya....
islamquranhadist
Reply| 14 Jan 2014 21:32:10
http://regional.kompas.com/read/2014/01/14/1928395/Tanam.Padi.Empat.Warga.Pangkep.Tewas.Tersambar.Petir

News / Regional

Tanam Padi, Empat Warga Pangkep Tewas Tersambar Petir
Selasa, 14 Januari 2014 | 19:28 WIB

-----------------------------------------------------------------------

ISLAM NEWS

Tanam Padi, Empat Warga Pangkep Tewas Tersambar SUARA MALAIKAT
Kasihan banget petani tersebut, pergi ke sawah tidak membawa anjing, akhirnya tewas mengenaskan disambar SUARA MALAIKAT.

AL QURAN BENAR-BENAR SUMBER SAINS, karena sudah di wahyukan oleh ALLOW SWT, kalau mau nanam padi, ya bawa anjing.... soalnya malaikat takut anjing!!!!!

Tapi kenapa pula ya ANJING HARAM HUKUMNYA?
Oh...... kalau anjing ngawini anak anjing, kan bisa bisa jadi suri teladan para anjing, tapi karena anjing tetap anjing, dia ogah niru suri teladan para slimers yang ngawini anak anak.

Sebagai referensi peristiwa mengenaskan di atas, harap di baca:
QS 13:13 kita membaca: “Dan guruh itu bertasbih dengan memuji Allah, (demikian pula) para malaikat karena takut kepada-Nya”.

????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????

Wayusabbi[h]u a(l)rraAAdu bi[h]amdihi wa(a)lmal[a]-ikatu min kheefatihi wayursilu a(l)[ss]aw[a]AAiqa fayu[s]eebu bih[a] man yash[a]o wahum yuj[a]diloona fee All[a]hi wahuwa shadeedu almi[ha]l(i)
Mhd61l4
Reply| 01 Jul 2013 19:47:35
@bingung

Sama banyaknya yang mengatakan bahwa Maryam saudara Harun.
Sama banyaknya dengan klaim al quran yang jelas.

berarti Qurannya yang benar atau profesornya yang bodoh..??,,,

Tergantung apakah anda Islam atau tidak.....
Karena apapun yang tergantung, pasti bergoyang-goyang bukan.....
Fabrian Charles
Reply| 01 Jul 2013 14:46:36
Tulisan yang bermanfaat
Mhd61l4
Reply| 24 Jun 2013 22:19:46
@Kosaki

Terima kasih atas penjelasannya.
Sebagai catatan, argumentasi ataupun pendapat boleh tidak menyertakan referensi kalau dianggap sudah tahu sama tahu, tetapi kalau mencantumkan referensi, tentunya ada penggalan/kutipan yang dimaksud, seperti yang anda sampaikan.

Salam sejahtera.
kosaki
Reply| 24 Jun 2013 21:35:56
Pasti profesor yang kepalanya sering kejedut di lantai....kalau Quran sumber pengetahuan, bagaimana penjelasan antara malaikat (khususnya 'petir' versus anjing?)
kosaki
Reply| 24 Jun 2013 21:34:31
Dari Abu Thalhah radhiallahu anhu dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bahwa beliau bersabda:

??? ???????? ?????????????? ??????? ????? ?????? ????? ???????

“Malaikat tidak akan memasuki rumah yang di dalamnya ada anjing dan tidak juga yang ada gambar”. (HR. Al-Bukhari no. 3075 dan Muslim no. 2106)

Referensi lainnya:

Ia (Jibril) berkata, (kepada Muhammad): “… kami tidak memasuki rumah yang di dalamnya terdapat anjing atau gambar lukisan”. Sejak pagi itulah ia (Nabi) memerintahkan untuk membunuh anjing-anjing, hingga (kemudian) ia mengumumkan bahwa anjing yang menjaga taman harus juga dibunuh, tetapi ia mengecualikan anjing yang menjaga padang yang sangat luas”. (SHM Buku no. 24, Hadis no. 5248).
T.H
Reply| 23 Jun 2013 03:21:36
koq umat muslim ga ada yang berani jawab sih.
bingung
Reply| 23 Jun 2013 00:39:31
@Mhd61l4

di google, banyak para Prof diluar negeri, ninggalin agama kristen karena membaca quran yang merupakan sumber ilmu pengetahuan..hehe...,,berarti Qurannya yang benar atau profesornya yang bodoh..??,,,
sederhana
Reply| 22 Jun 2013 05:11:16
Itulah bodohnya muslim, sudah tau nabinya gila MHM61l4 masih percaya saja dengan cerita-cerita pepersan kosong, seperti cerita nabi memberi makan si buta tau taunya itu hanya pepesan kosong, nabi menangis di padang Mashar, nabi memikirkan umatnya muslim dibohongi cerita-cerita berbau gula-gula " lihat saja ayat Alquran dan bandingkan dengan nuranimu, apakah TUHAN menyuruh kalian membunuh? Menyuruh kalian poligami? Menyuruh kaian memerangi manusia? Memotong tangannya? Membuat ketakutan pada orang lain? Dan mengkafirkan orang lain? Itukah Tuhan Islam yang namanya Aulloh swt itu?

Saya yakin bahwa Aulloh swt itu adalah iblis dan setan, yang disembah oleh Muhmmad dan pengikutnya kalian orang pintar semua, muslim jannag mau diperdaya oleh ajaran gila Muhammad narsis, sakit jiwa , halusinasi dan ayan, Muhammad juga homo dengan sahih Bukhari ketika dia menggagahi seseorang anak yang biasa membawakan azan untuk umat sholat....beginikah yang namanya nabi?

Muhammad adalah pedopil bukan hanya Aisyah tapi anak bayipun akan dijadikannya santapan seksnya....banyak kisah tidak normal dalam hubungannya dengan nabi anda semisal Zaenab, Safiyah dan Mariah mereka saksi hidup sahih dari hadist yang mengatakan nabi adalah bejat tapi mengapa kalian masih percaya Arab bajingan Muhammad ini?
Mhd61l4
Reply| 21 Jun 2013 15:16:45
@kosaki

Agar tidak menimbulkan fitnah, harap disampaikan HR. Al-Bukhari no. 3075 dan Muslim no. 2106.

Tx
kosaki
Reply| 21 Jun 2013 14:39:02
Sumber sains yang amburadul. Jika menganggap bahwa guruh/petir itu malaikat, maka akan bertentangan dengan HR. Al-Bukhari no. 3075 dan Muslim no. 2106. Sangat konyol sekali jika ternyata anjing lebih jago/unggul dibanding petir. Mungkin akan ada ilmuwan muslim yang tertarik melakukan penelitian untuk menjadikan anjing sebagai penangkal petir...
Mhd61l4
Reply| 21 Jun 2013 12:40:14
Koreksi

Judulnya ternyata: Apakah Guruh Itu Malaikat?

Yang saya postingkan "PETIR"

Soalnya agak membingungkan juga nih si Admin dengan pertanyaan:
Apakah Guruh Itu Malaikat?

Jawab saya: Bukan, GURUH itu anggota DPR RI dari PDIP..!!!!!
Guruh adeknya Megawati, jadi dia pasti bukan malaikat.

Silahkan kalau ada muslim baik keturunan Adam maupun KETURUNAN IBLIS yang bisa membantah pendapat saya.

Sekali lagi saya katakan: GURUH bukan malaikat

Selamat berpikir deh.....
Mhd61l4
Reply| 21 Jun 2013 12:36:42
MUSLIM MENGATAKAN

AL QURAN ITU SEMBER SAINS

Jadi yang dimaksudkan Malaikat sesuai dengan ayat ALQURAN yang sumber sains itu adalah:
Elektron yang dilepaskan untuk menyeimbangkan "KAPASITOR RAKSASA"

Omong-omong, malaikat itu berdasarkan Quran TERBUAT dari CAHAYA.
Quran sebagai sumber sains mengatakan malaikat MEMBUAT CAHAYA

Kira-kira mana yang bener ya?
Al quran yang tiada keraguan di dalamnya sebagai sumber sains yang sempurna atau
Al quran sebagai sumber sains yang sempurna yang tiada keraguan di dalamnya?

Ntar mau tanya anakku dulu euy.... umurnya sih baru 8 tahun, tapi aku jamin dia tahu apa yang dimaksud dengan PETIR, soalnya dia ngga sekolah di MADRASAH kok...!!!!

Selamat berpikir
Fetching more Comments...
↑ Back to Top