Apakah Yesus Lahir Tanggal 25 Desember?

Di internet, pers, dan di beberapa mimbar, disampaikan berulangkali bahwa 25 Desember yang merupakan salah satu tradisi Kristen tidak mungkin merupakan hari kelahiran Yesus. Benarkah pendapat itu?

Natal1

Oleh: Dr. Peter Hammond

Menyelidiki Catatan Sejarah

Berdasarkan pendapat ini, Yesus seolah dinyatakan boleh dan bisa dilahirkan pada tanggal manapun juga kecuali tanggal 25 Desember! Telah diyakini sejak semula bahwa hari tersebut adalah perayaan musim dingin kaum pagan, yang kemudian diambil alih oleh orang-orang Kristen untuk mempromosikan agama baru mereka. Dengan melakukan hal ini banyak kebiasaan kuno pagan yang juga masuk ke dalam perayaan Kristen tersebut. Tidak sedikit artikel, buklet, bahkan program radio dan program dokumenter televisi yang telah diproduksi untuk mendukung pendapat ini.

Mitos-mitos

Namun demikian, pendapat ini sendiri berdasarkan pada mitos-mitos historis, asumsi dan riset yang tidak lengkap dan ketidakpedulian pada kenyataan sejarah.

Natal Mendahului Konstantin

Orang Kristen telah merayakan inkarnasi dan kelahiran Tuhan Yesus pada 25 Desember SEJAK ABAD PERTAMA, jauh sebelum pertobatan Konstantin pada 312 M, dan pada akhir masa penganiayaan oleh kekaisaran Roma, 25 Desember telah ditetapkan sebagai tradisi yang dijunjung untuk merayakan hari Natal.

Natal Mendahului Katolikisme

Oleh karena itu, pandangan bahwa Natal adalah ciptaan gereja Katolik Roma dan bahwa Natal berkaitan dengan misa, adalah keliru. Tradisi Natal, perayaan Kristus, jauh mendahului penetapan Katolik Roma.

Pagan Berusaha Membajak Natal

Memang benar bahwa Kaisar Roma, yaitu Aurelian, berusaha untuk menetapkan 25 Desember sebagai perayaan pagan, yaitu “kelahiran Sang Surya yang tidak terkalahkan”. Dan ini terjadi pada tahun 274 M. Kaisar Aurelian berusaha untuk menghembuskan sebuah kehidupan yang baru ke dalam paganisme yang sedang menurun oleh karena kemajuan perkembangan kekristenan. Namun demikian, perayaan pagan Roma tersebut ditetapkan SETELAH orang Kristen merayakan kelahiran Kristus pada hari itu selama berabad-abad. Perayaan pagan mereka merupakan sebuah upaya untuk menciptakan sebuah tradisi alternatif, yang diasosiasikan dengan kelahiran Kristus, dan yang mempunyai kaitan dengan orang Kristen Roma. Ini bukanlah soal orang Kristen mengimitasi kaum pagan, melainkan kaum paganlah yang berusaha mengimitasi orang Kristen, dengan merayakan Sang Surya pada hari dimana orang Kristen merayakan Putra Tuhan.

Membandingkan Penanggalan

SEJAK ABAD KE-2, konsili-konsili gereja telah berusaha menetapkan tanggal kelahiran Kristus yang sebenarnya. Ini berkaitan dengan diskusi-diskusi mengenai penanggalan Paskah, yaitu peringatan kematian dan kebangkitan Kristus. Oleh karena Alkitab mengidentifikasi kematian Kristus bersamaan dengan Paskah Yahudi, yang mempunyai tanggal yang pasti. Namun demikian, perbedaan-perbedaan dalam penanggalan Yahudi, Yunani dan Latin, dan juga perbedaan-perbedaan antara penanggalan-Bulan dan penanggalan-Matahari, tetap mendatangkan perdebatan yang intens mengenai apakah harus merayakan Paskah pada tanggal yang pasti/tetap. Yaitu dengan tidak mempersoalkan jatuhnya pada hari apa, ataukah memastikan bahwa hari raya itu selalu jatuh pada hari Minggu, yaitu hari pertama dalam minggu itu, seperti yang disebutkan dalam Injil.

Anunsiasi (Maklumat Malaikat)

Berdasarkan catatan-catatan dan perhitungan yang ada pada mereka pada waktu itu, gereja mula-mula menetapkan 25 Maret sebagai hari raya Anunsiasi untuk memperingati lawatan malaikat kepada Maria, dan sebagai tanggal konsepsi Kristus (pembentukan jabang bayi dalam rahim Maria). Mereka bersepakat bahwa Kristus dilahirkan 9 bulan kemudian, yaitu pada 25 Desember.

jm_200_NT2.pd-P17.tiff

Malaikat Gabriel ketika mengunjungi Maria dan memberitahukan bahwa ia akan mengandung seorang anak laki-laki dari Roh Kudus.

25 Maret Dahulunya Adalah Tahun Baru

Harus diingat bahwa sejak hari-hari pertama penanggalan kekaisaran Roma, Tahun Baru dirayakan pada tanggal 25 Maret, yaitu hari pertama musim semi (di belahan dunia utara). Inilah sebabnya mengapa September, Oktober, November, Desember berasal dari kata-kata latin Septem (angka 7), Okto (8), Novem (9) dan Desem (10).

Hari Baru, Dari Tahun Baru

Perayaan tahun baru pada 1 Januari berasal dari adopsi penanggalan Gregorian pada tahun 1600 di Skotlandia dan 1752 di Inggris. Sejak abad ke-17, 1 Januari mulai dirayakan oleh negara-negara Kristen sebagai hari pembaharuan–pembaharuan sumpah, visi dan tugas kerja. Pada hari inilah para anggota organisasi mengambil sumpah tahunan mereka, para suami dan istri memperbaharui janji nikah mereka, dan para pemercaya muda kembali mengambil komitmen untuk hidup dalam kasih karunia Tuhan.

Di Dalam Kegelapan  

25 Desember datang di belahan utara pada masa tergelap dalam tahun itu. Tanggal 25 Desember berada dalam hari-hari dengan malam-malam yang panjang dan siang hari yang singkat. Jadi, gereja mula-mula menetapkan bahwa inkarnasi, yaitu ketika Kristus dikandung oleh Roh Kudus, terjadi pada hari pertama musim semi yaitu 25 Maret, dan bahwa Advent-Nya jatuh pada saat ia dilahirkan dalam hari-hari tergelap, selama malam-malam yang panjang dalam setahun, tepatnya tanggal 25 Desember.

Terang Itu Telah Bersinar  

"Bangsa yang berjalan dalam kegelapan telah melihat terang yang besar, mereka yang berdiam di tanah bayangan kematian, terang telah bersinar atas mereka... Sebab, seorang anak telah lahir bagi kita, seorang putra telah diberikan kepada kita, dan pemerintahan ada di pundak-Nya, dan nama-Nya disebut Ajaib, Penasihat, Elohim yang Maha Perkasa, Bapa Yang Maha Kekal, Raja Damai. Dalam hal perluasan pemerintahan-Nya, dan dalam hal damai sejahtera, tidaklah berkesudahan”  Yesaya 9:2-7.

Perjanjian Baru

1 Januari, sebagai hari pertama dalam tahun yang baru, yaitu 8 hari setelah kelahiran Kristus, hari dimana Ia disunat dan secara resmi berada di bawah ikatan Perjanjian.

Abad yang Getol Berasumsi

Sangat menakjubkan melihat betapa banyak orang dewasa ini, tanpa riset historis, dan kurang mengetahui realita-realita dan kompleksitas sejarah 2000 tahun lalu, dapat dengan mudah berasumsi bahwa mereka lebih tahu dari kaum terpelajar dan konsili-konsili gereja yang lebih dekat dengan peristiwa-peristiwa tersebut, dan mempertanyakan tujuan penetapan tanggal yang paling akurat untuk kelahiran, penyaliban dan kebangkitan Kristus. Namun ternyata, kita hidup dalam dunia dimana segala sesuatunya dipertanyakan – bahkan hukum dan firman Tuhan sekalipun.

Kemenangan Atas Paganisme

Alih-alih, kita harus merayakan kedatangan Kristus yang menggantikan keputusasaan dengan sukacita, penindasan dengan perayaan, pengorbanan manusia dengan perayaan-perayaan Natal; Kristus menggantikan Baal, Molokh, Apollo, Mars, dan Thor dalam masa kegelapan besar, Kristus datang. "Terang itu bercahaya dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya" (Yohanes 1:5)

Natal adalah saat merayakan kemenangan Kristus atas paganisme. Tahun Baru adalah saat untuk memperbaharui janji-janji, visi dan pekerjaan kita, dan hari pertama musim semi untuk merayakan hidup Kristus.

jesus

Lihat selengkapnya di:

Christianaction.org

 

TANGGAPAN KEPADA PIHAK YANG SKEPTIS:

Para skeptikus sering mengkritik Natal pada tanggal 25 Desember hanya mendasarkan  kritiknya menurut beberapa fenomena dan asumsi yang spekulatif. Salah satunya adalah bahwa tradisi Ibrani dikatakan tidak mengistimewakan peringatan akan hari kelahiran seseorang, “Tidak heran, Yesus Kristus tidak pernah memerintahkan murid-muridnya untuk merayakan hari kelahirannya, tetapi justru untuk mengenang hari kematiannya. Ini sesuai dengan pendapat Raja Salomo : “… Hari kematian lebih baik daripada hari kelahiran” (Pengkhotbah 7:1).

JAWAB: Awas, Yesus sekalipun memerintahkan pengikutnya untuk mengingat-ingat kematianNya, namun BUKAN menyuruh mereka memperingati TANGGAL HARI wafatNya. Artinya, peringatan Yesus bukan dirujukkan khusus kepada “fisiknya” hari, tanggal dan tahun, melainkan pada MAKNA EVENT pengorbanan diriNya diatas kayu salib, demi menebus dosa manusia yang upahnya adalah kematian yang pasti. Bedakan waktu dan hari. Ada waktu yang diperlukan  untuk peringatan, namun bukan hari tanggal yang dimutlakkan!

Jangankan hari dan tanggal, Yesus bahkan tidak memandang penting “fisiknya” Bait Tuhan di Yerusalem yang begitu rupa dikramat-kramatkan oleh orang-orang Yahudi. Ia menjelaskan kepada perempuan Samaria tentang makna rohaniahnya yang sejati dan kekal:

"Percayalah kepada-Ku, hai perempuan, saatnya akan tiba, bahwa kamu akan menyembah Bapa bukan di gunung ini dan bukan juga di Yerusalem. Kamu menyembah apa yang tidak kamu kenal, kami menyembah apa yang kami kenal, sebab keselamatan datang dari bangsa Yahudi. Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian.  Elohim itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran." (Yohanes 4:21-24).

Dan Yesus malahan menubuatkan kehancuran fisik Bait ini, “semuanya akan diruntuhkan" (Matius 24:2), dan itu betul terjadi di tahun 70 M, demi meniadakan orientasi fisikal yang bisa menjadi pemberhalaan umat (seperti yang terjadi dengan Batu Hitam di Baitullah Mekah). Yesuslah yang harus menjadi pusat kesakralan ketika Ia menyatakan diriNya “melebihi Bait Elohim” dan Dia adalah pula “Tuhan atas Hari Sabat” (Matius 12:6,8). Dan disinilah Muslim sering salah memahami Perayaan Natal, seolah orang Kristen harus mutlak menetapkan hari dan tanggal yang pasti identik dengan waktu kelahiran Yesus, dan hanya disaat itulah Natal boleh dirayakan! Ini semua adalah kebodohan yang ditolak Yesus.

Perayaan sukacita Natal tidak mengharuskan jatuh pada  hari dan tanggal mutlak kelahiran Yesus. Andaikata harus mutlak begitu, maka secara konsekwen itu berarti pula bahwa orang Kristen juga tidak dibolehkan merayakan Natal diluar jam dan bahkan detik kelahiran Sang Mesias! Itu hanyalah bentuk kesepakatan diantara umat dalam pendekatan hari H nya, yang sama halnya dengan pendekatan perayaan Maulid Muhammad. Perayaan Maulid Nabi bahkan dimulai di masyarakat Islam jauh setelah Muhammad wafat. Sampai sekarang ada pelbagai umat Muslim yang merayakannya pada tanggal-tanggal yang berbeda karena tidak tahu persis tanggal kelahiran nabinya. Bahkan ada yang tidak merayakannya samasekali (seperti di Arab Saudi) karena mengganggapnya sebagai sebuah bid’ah!  Jadi, apa alasan Muslim sejatinya untuk mencerca perayaan Natal pada 25 Desember?

Natal2

Akhirnya, skeptikus lainnya menunjuk pula kepada adanya para gembala yang tinggal di padang menjaga ternaknya di waktu malam. Ini mereka artikan sebagai kemustahilan untuk menjaga ternak di musim dingin 25 Desember!

JAWAB: Dari mana orang bisa memastikan bahwa tak ada aktifitas penggembalaan apapun di musim dingin? Tinggal di padang tidak harus diartikan mereka tak punya kandang terdekat atau gubuk buatan tempat beristirahat. Dan seberapa dingin yang Tuhan Semesta tidak bisa mengaturkan cuacanya bagi malam Natal YESUS, hari yang akbar dimana Firman turun ”lahir/ nuzul”  menjadi manusia? Lihatlah betapa hangat cuacanya yang Tuhan telah  siapkan dimalam tersebut, “Dan tiba-tiba ada bersama malaikat itu sekumpulan bala tentara surga sambil memuji Elohim dan berkata,“Kemuliaan bagi Elohim di tempat yang mahatinggi dan damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan!” (Lukas 2:13-14)

Jelaslah bahwa perayaan Hari Natal bukanlah seperti yang umum disalah-fahami oleh teman-teman Muslim, dan samasekali tidak mengintrospeksi tentang perayaan Maulid Muhammad sendiri. Natal Yesus bukan hari yang harus disakralkan/ disakramenkan dengan memutlakkan hal-hal yang bersifat fisikal, termasuk hari, tanggal dan jam/detik yang di-pas-kan dengan kelahiran Kristus. Perayaan Natal adalah dalam spirit sukacita seperti yang telah dimaklumat-kan oleh para malaikat dari Sorga:

"Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa: Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud” (Lukas 2:11). Dengan pusat dan kata kuncinya “Juruselamat, Kristus, Tuhan”. Sosok Penyelamat Dunia itulah yang telah lahir untuk segala umat manusia, dan itulah Kabar Baik yang pantas kita rayakan bersama! Apakah ada masalah tersembunyi?

Natal4

Semua Natal harus terpusat kepada sosok Juruselamat tersebut, bukan fisik Bait dan Harinya. Yesus telah berkata yang merujukkan Bait dan HariNya semua kepada Sosok Pribadinya:

"YESUS menjawab dan berkata kepada mereka, “Hancurkanlah tempat suci ini, dan dalam tiga hari Aku akan mendirikannya kembali." (Yoh 2:19)

“Disini (Yesus) ada yang melebihi Bait Elohim” (Matius 12:6).

“Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas Hari Sabat." (Matius 12:8).


42 comments Add a Comment
Mimie
Reply| 23 Feb 2014 14:15:46
dssc7
on December 22, 2013 at 2:05 pm said:
Maaf, anda bukan level saya, ya?
Pantesan Muslim kesasar selalu jadi olokan ex-Muslim, kan?

----------------------------------------------
Kriteria apa yang selevel Bu Dozen?
Yang bisa baca tulis arab? Gak laku Bu tour yang kearab.
Gratis aja ogah.
Maaf gak sombong,separuh asia aku keliling,gak pernah ngeliat sebiji huruf arab.Nyesal pisan aku cape2 pelajarinnya, ,orang arab di Hongkong malah lancar berbahasa sono.
Selamat mengajar dah.
zodiark
Reply| 23 Feb 2014 01:30:21
@ ndy

super??
lagi eror yah ndy?
ndy
Reply| 22 Feb 2014 20:06:45
Jawaban yang super bung dssc7
tapi jangan harap dijawab dengan logika..sabar aj..Kebenaran tetap harus disampaikan, walau mereka tidak suka.. :)
Kalau saja Islam tidak menyuruh kita berdakwah dengan bil-hikmah(logika dan pengetahuan) dan bissobr (kesabaran),tentu kita membantah dengan cacian.. seperti mereka.. :)
Untuk kristiani, ini pandangan ini mungkin mengagetkan..tapi terimalah sebagai bahan renungan..semakin anda mencaci, semakin tertutup hati anda dengan dengki..
Adrian
Reply| 04 Jan 2014 00:27:48
Dan apabila anda hidup di waktu dan ruang yang sama dengan Maria dan Yesus yang anda maksud tersebut. Saya sangat yakin bahwa anda akan menjadi bagian dari orang-orang yang menyalib dan mengolok-olok dan bukan jadi pengikutnya. Secara tidak sadar, alam bawah sadar anda mengatakan demikian.

Salam perdamaian.
USTADZ MENJAWAB
Reply| 01 Jan 2014 11:58:08
ADAKAH NATAL MUHAMMAD DITANDAI DENGAN PESAN ILAHI-SURGAWI SEPERTI HALNYA DENGAN PESAN UNIVERSAL MALAIKAT PADA NATAL KRISTUS:

"Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar
untuk seluruh bangsa (bukan utk Yahudi saja):
Hari ini (NATAL)
telah lahir bagimu
Juruselamat (Juru-syafaat penyelamat),
yaitu Kristus (Al-Masih),
Tuhan (semesta alam),
di kota Daud (Betlehem)"...

[bukan ditempat
antah berantah
seperti yang SALAH
didongengkan Muhammad].
YA, MUHAMMAD SALAH MENGABADIKAN TEMPAT MINGGATNYA MARYAM YANG PERTAMA (QS.19:16) => minggat kesebelah timur antah berantah. Untuk apa minggat sendiri tanpa muhrim dan tanpa masalah kehamilan? WAHYUNYA PASTI SALAH JADI DONGENG!.

LALU DISUSUL LAGI DENGAN MINGGAT KEDUA --> kesuatu tempat yang jauh (QS.19:22), antah berantah terus-terusan!Ketemu pohon kurma, dimana Maryam yang sakit hampir mati mau bunuh diri itu DISURUH MALAIKAT UNTUK MAKAN (??) DENGAN GOYANG-GOYANGKAN POHON KURMA (??) (sebesar pohon sawit yang tak akan bergeming digoyang-goyang)
Dombaadu
Reply| 31 Dec 2013 18:36:04
KETAHUAN BODOHNYA MAU MERAYAKAN NATAL
KAPAN SI YESUS KERITUS MERAYAKAN NATAL PERTAMA?
mhd6160lo
Reply| 26 Dec 2013 11:11:05
BUKAN APA APA SIH BRO, KITA MASIH SAYANG AMA LEHER KITA KALAU KITANYA KETAHUAN AMA FPI
hawariyyin
Reply| 25 Dec 2013 20:48:59
hehe siapa yang lari bro?! soal Nabi palsu lagi?!
ehehehe sepertinya lu mank gak bisa terima dan memberikan alasan menurut lu sendri!

gini aja klo lu brani. gentle, dan tidak bodoh!
silahkan main ke Facebook saya! (klik aja link nama saya)

kita bahas di sana klo mank lu dan domba-domba di sini. berani.
jangan beraninya di situs kalangan Kristen sendri!

saya tunggu klo anda memank bernyali...!!
JANGAN GITU AH
Reply| 25 Dec 2013 12:45:07
hihihi...menghadapi saya saja kamu lari lintang pukang...koq berani nuduh orang lain bodoh...yang sepantasnya disebut bodoh itu ya kau itu...

mengapa bodoh?

ada banyak sekali alasan untuk menyebut muslim bodoh...
1. Nalarnya memang dangkal...
2. Sudah tahu Allah swt penyesat berdasarkan maklumat Allah swt sendiri tetapi muslim masih percaya Allah swt dapat menyelematkan.
3. Sudah ditunjukkan bukti Islam pun dianut para jin/setan berdasarkan ayat quran sendiri, masih juga percaya Islam adalah kebenaran.
4. Sudah ditunjukkan bukti Allah swt tidak maha tahu dalam satu contoh asal-usul madu, tetapi muslim seperti anda masih tetap ngotot mengatakan Allah swt yang maha bodoh itu sebagai yang paling tahu.
5. Sudah ditunjukkan pula bukti klaim Islam bahwa Muhammad suri teladan yang baik, hanyalah isapan jempol Muhammad, tetapi musim seperti anda malah setuju perbuatan amoral Muhammad sebagai tanda keteladanannya.
6. Dll

Barangsiapa mengatakan suatu agama yang dianut para setan adalah agama yang benar, orang itu lebih bodoh dari seekor kerbau.

Barang siapa mengatakan Islam adalah agama yang benar sementara itu Allah swt mengaku mengirim setan-setan untuk menyesatkan, mengaku PEMBALAS TIPU DAYA TERHEBAT (khairu Makiriin), orang itu lebih bodoh dari seekor kerbau terbodoh..

Barangsiapa mengatakan Muhammad adalah suri teladan yang baik, sementara perbuatannya dalam hal perzinahan nyata-nyata diungkap quran secara terang benderang, orang itu lebih bodoh dari seekor kerbau terbodoh.

Barangsiapa mengatakan Islam adalah agama damai, namun dihatinya dipenuhi rasa kebencian terhadap non muslim dan bersedia membunuh mereka demi Muhammad dan Islam, orang itu lebih bodoh dari seekor kerbau terbodoh...

Barangsiapa yang mengatakan Muhammad bukan pembunuh tetapi tidak mampu menyanggah apalagi terdiam dan mencari seribu satu alasan karena mencaci maki Muhammad, orang tersebut adalah lebih bodoh dari seekor kerbau.

Barangsiapa muslim yang mengikuti perkataan Allah swt si maha bodoh ketika menyebut asal usul madu dari perut lebah, adalah orang yang lebih bodoh dari seekor kerbau terbodoh.

Barangsiapa mengatakan Muhammad tidak menjiplak kitab-kitab kepercayaan lain sementara sudah jelas kisah tersebut bukan kisah orisinil dari kalangan Arab, orang itu adalah orang lebih bodoh dari seekor kerbau terbodoh...

Barangsiapa muslim mengatakan kisah Musa dan para nabi Israel lain sudah diceritakan di semua kitab agama di dunia, orang lebih bodoh dari seekor kerbau terbodoh.

BARANGSIAPA YANG MENGATAKAN NATAL ADALAH PERAYAAN PAGAN, ORANG ITU SAMA BODOHNYA DENGAN KERBAU TERBODOH!

Jadi, apa yang harus anda lakukan agar tidak lebih bodoh dari seekor kerbau terbodoh? Jawabannya mudah: MULAILAH BERFIKIR WARAS MENYELIDIKI DENGAN HATI NURANI DAN AKAL SEHAT!

Jika ada yang mengaku nabi, tetapi horni melihat mantunya, orang berakal dan bernurani sudah pasti menyebut nabi gadungan itu seorang mata keranjang. Sudah pasti orang berakal jijik dan muntah terhadap mereka yang mata keranjang pada mantunya sendiri.

Jika ada yang mengaku nabi, tetapi mengaku juga mendapat inspirasi setan untuk menelurkan ayat-ayat setan, maka orang waras akan segera menyadari nabi tersebut adalah nabi gadungan atau nabi setan.

Jika ada yang mengaku nabi, tetapi ajarannya disukai oleh gendoruwo, kuntilanak, leak, beguganjang, hantu belau, pocong dsb dari bangsa jin serta mengaku sebagai penganut ajaran si nabi gadungan, orang waras pasti dapat berfikir dengan nuraninya bahwa nabi demikian adalah NABI SETAN!

Jika ada yang mengaku nabi, tetapi menyebut dirinya punya hak ngesek khusus untuk meniduri wanita yang turut berhijrah bersamanya sebanyak 61 wanita, orang waras akan segera sadar nabi gadungan ini adalah maniak seks dan tidak pantas diteladani.

Jika ada yang mengaku nabi, tetapi mengaku mata pencahariannya berada di bawah bayang-bayang tombaknya (merampok), orang waras akan segera tahu dan sadar bahwa nabi gadungan ini adalah Raja Rampok dan bos Begal!

Jika ada yang mengaku nabi, tetapi menyebut makanan yang diperoleh dari barang rampasan YANG HALAL LAGI BAIK, maka orang waras dan bernalar pasti segera sadar nabi gadungan ini bukan nabi melainkan Raja Garong!

Jika ada yang mengaku nabi, tetapi membunuh setiap pencaci makinya sementara para nabi lain rela terbunuh, orang waras pasti segera sadar nabi seperti ini bukan nabi pembawa damai!

Jika ada yang mengaku nabi, tetapi mengajarkan kebencian kepada bukan golongannya dan memerintahkan pengikutnya memerangi mereka supaya agamanya menjadi satu-satunya penguasa dunia, orang waras berfikiran normal dan baik pasti segera sadar, nabi ini adalah nabi gadungan yang menginginkan harta dunia dan kekuasaan berada dalam genggamannya.

Jika ada nabi mengajarkan bahwa surga adalah tempat manusia berjinah dengan puluhan bidadari bermata jeli, orang waras akan segera sadar bahwa nabi ini adalah nabi gadungan!

Jika ada nabi mengajarkan untuk sujud kepada batu dan menyembahnya, orang waras akan segera tahu agama yang diajarkannya dalah agama Pagan!

Jika ada nabi mengajarkan matahari tenggelam di kolam lumpur, matahari mengedari bumi dengan garis edarnya, orang waras segera menyadari adanya pertentangan dengan sains kemudian dapat menyimpulkan bahwa ajaran sang nabi gadungan adalah jiplakan dari teori-teori alam tempo dulu yang sudah kadaluarsa, sekaligus juga menyadari Islam tidak kompatibel dengan kemajuan ilmu dan teknologi!

Jika ada nabi mengajarkan manusia tercipta dari segumpal darah, lalu darah berubah menjadi daging, lalu daging berubah menjadi tulang, kemudian tulang tersebut dibungkus kembali dengan daging (padahal daging tadi sudah berubah jadi tulang), orang waras dan punya nalar sederhana pun akan segera menyadari bahwa nabi ini nabi gadungan dan bukan berasal dari sang Pencipta!

dll...

Jadi hanya orang bernalar dan berfikiran jernih saja yang bisa disebut bukan orang bodoh...selain daripada itu, mau tidak mau mereka yang berkubang dalam pengajaran palsu nabi arab Muhammad dapat disebut orang bodoh...

Saya yakin dan percaya, Muslim marah disaat diri mereka disebut sebagai orang bodoh. Padahal perkataan ini bukan dimaksudkan untuk menghina, melainkan sebagai perangsang atas fungsi otak yang telah lama dibekukan oleh Islam. Jika seorang muslim tidak ingin disebut sebagai orang bodoh--yang terkesan menghina padahal sebenarnya muncul dari rasa keprihatinan mendalam--seharusnya muslim mulai menggunakan seluruh potensi akalnya untuk meninjau ulang akar-akar kepercayaan yang salah yang telah ditanamkan Muhammad ke dalam pikiran mereka melalui proses cuci otak!

Seringkali muslim dihinggapi rasa ketakutan tidak beralasan ketika suatu saat keinginan mempertanyakan hal-hal aneh Islam di dalam diri sendiri muncul. Muslim takut mendapat azab dari tuhan abal-abal karangan Muhammad. Padahal kalau mereka mau meneliti sejarah kehidupan Muhamamd dan aksi ngaku-ngkunya sebagai nabi dihadapan semua penduduk mekah dan medinah sembari melontarkan ancaman-ancaman azab yang selalu didengung-dengungkannya berasal dari Allah swt, TIDAK SATU PUN mereka yang mengolok-olok Muhammad sebagai ini itu pernah mendapat azab siksa yang pedih. kebinasaan yang mereka terima lewat pembunuhan-pembunuhan semata-mata oleh tindakan tangan-tangan muslim yang didorong dendam membara Muhammad. Kapan Allah swt tuhan abal-abal ala Muhammad membuat pengolok-oloknya jadi lumpuh tanpa campur tangan muslim? Kapan si abal-abal mampu membinasakan sendiri? kapan si abal-abal sanggup membuat mata mereka buta atau keajaiban siksa abal-abal lain?

Sama sekali tidak ada bukti alias ancaman kosong!

Orang waras bernurani dan berakal akan segera sadar jika Allah swt abal-abal karangan Muhammad pedofil membutuhkan PERTOLONGAN TANGAN-TANGAN MUSLIM untuk menuntaskan dendam Muhammad. Sadar pula dalam hal ini sesungguhnya Muhammadlah yang butuh pertolongan karena ia sendiri tidak mungkin berani melawan orang banyak! Sadar pula bahwa sesungguhnya yang berperan sebagai Allah swt adalah Muhammad!

Hanya orang-orang waras berakal dan bernurani yang mampu berfikir hal-hal yang tersebunyi, memikirkan nuansa-nuasa tersirat yang disembunyikan para orang mabuk kejahatan Islam!

Hanya orang-orang sadar yang waras dan berakal budi serta bernurani baik yang bersedia mengatakan TIDAK kepada Muhammad walau harus menanggung resiko yang besar!

Harga memang harus dibayar untuk mendapatkan kebebasan intelektual, kebebasan dari rasa takut dan kebebasan hati nurani. Tanpa berani bayar harga, jangan harap engkau dapat keluar dari jerat kebodohan yang dipasang Muhammad di kakimu! Jangan harap juga kamu dapat pencerahan nurani, akal budi apalagi pencerahan spiritual.

Semuanya tergantung pada pilihan masing-masing! Anda mau tetap jadi bodoh atau ingin memilih keluar dari lingkaran kebodohan Islam...

Selamat dan salam bagi manusia yang masih memiliki hati nurani dan akal budi yang sehat!
Mimie
Reply| 25 Dec 2013 11:54:17
hawariyyin
on December 24, 2013 at 11:40 pm said:
SELAMAT MERAYAKAN HARI DEWA PAGAN
Betul, Muhammad meneruskan tradisi ini dari keluarganya, muter-muter bekas rumah berhala,
Membelai ,mencium batu item sambil mengucap aku datang ya alloh.swt
Selamat menunaikan ibadah pagan. ,
hawariyyin
Reply| 25 Dec 2013 07:40:42
SELAMAT MERAYAKAN HARI DEWA PAGAN . :P

kristen bodoh mau ditipu dengan perayaan natal (klahiran yesus) 25 desember. fakta. sejarah, gak valid, alkitabiah pun tidak...!! hadeh....

smpai saat ini kristol TIDAK ADA YG BISA BANTAH selain.. nginggau dan merepet di kandang sendiri. sprti kristen2 pengunjung situs ini.
Selamat Hari Natal! | BacaBacaQuran.com
Reply| 24 Dec 2013 17:01:46
[…] ·         Apakah YESUS lahir tanggal 25 Desember? […]
Si momad69Aisha
Reply| 24 Dec 2013 08:17:32
@ Sitikhadijah

Anda berkata:
dssc7 bertele-tele dan matanya di pantat?

Respons:
Apakah yang anda maksud bertele-tele & bermata di pantat ini adalah seorang dosen?

He ... he ... he ... dosen muslimah bermata di pantat!

K w k w k w k w k w k w . . . ) ) )
Sitikhadijah
Reply| 24 Dec 2013 00:22:08
@V DSSC7, Ilmu Islammu aja sudah payah, apalagi coba-coba Kristologi!
Bertele-tele komenmu tentang hiasan natal yang bodoh, tak berguna. Hanya satu yang bisa diunggah ketika kau berkata paling dungu:
"Paulus membuat terobosan, antara lain bahwa Yesus adalah anak Tuhan (Dewa Matahari) yang lahir pada 25 Desember!

TANYA:
Paulus buat terobosan bahwa Yesus Anak Elohim? = Dewa Matahari?
Matamu dipantat?
Yesus/ Mesias ANAK ELOHIM sudah disebut di seluruh Alkitab. PL dan PB.
Malaikat Gabriel sudah jelaskan di Lukas ps.1, juga ps.2 sebagai Tuhan!
Juga Nabi Yahya menyaksikannya sebagai ANAK ELOHIM ( yOH1:34) dst,dst jauh sebelum "TEROBOSAN PAULUS" dan dewa-matahari 25 Desenber !!!

Maaf, anda bukan level saya, ya?
Pantesan Muslim kesasar selalu jadi olokan ex-Muslim, kan?
Si momad69Aisha
Reply| 23 Dec 2013 09:43:41
@ Akibodo

A s t a g h f i r u l l a h a l a d z i m . . . ) ) )

“Dan tidak ada seorangpun dari padamu, melainkan mendatangi neraka itu. Hal itu bagi Tuhanmu adalah suatu kemestian yang sudah ditetapkan.” Qs19:71 ”

Amin, amin ya rabbal alamin . . . ) ) )
dssc7
Reply| 22 Dec 2013 22:05:30
Apa kabar bu Siti Khadija? Wah, semakin kuat saja iman kristianinya. Apa persiapan bu Siti Khadijah dalam menghadapi natal?
Berbicara mengenai natal anda tentu tidak boleh lupa Paulus sang inovator yang berjasa dalam mengasimilasikan ajaran yesus dan Pagan Romawi. Dengan perkataan lain mengasimilasikan ajaran momotheisme dari Yesus dan Polytheisme pagan Romawi. Bukankah begitu bu Siti Khadijah?
Romawi merayakan rangkaian acara ’Kembalinya Matahari’ menyinari bumi sebagai perayaan terbesar. Dimulai dari perayaan Saturnalia (menyambut kembali dewa panen) pada tanggal 23 Desember. Lalu perayaan kembalinya Dewa Matahari (Sol Invictus) pada tanggal 25 Desember. Sampai tanggal 1-5 Januari yaitu Perayaan Tahun Baru (Matahari Baru). Untuk memperkenalkan Injil pada orang-orang Romawi, Paulus membuat terobosan, antara lain bahwa Yesus adalah anak Tuhan (Dewa Matahari) yang lahir pada 25 Desember, Yang telah menebus dosa-dosa orang yang mengimaninya melalui pengorbanannya di tiang salib. Inovasi ini mendapat sambutan yang luar biasa di Roma.
Tidak heran, banyak ornamen natal yang sama sekali tidak bersentuhan dengan kebudayaan Ibrani, tempat di mana Yesus dilahirkan di Betlehem :
a. Pohon Cemara. Pohon ini adalah pohon yang umum di daratan eropa, tetapi merupakan jenis pohon yang tidak lazim di Siria. Di Siria yang lazim adalah pohon aras (sejenis pohon jati di Indonesia). Adanya pohon juga merupakan kejanggalan, karena Yesus lahir di kandang domba, bukan di bawah pohon. Hal ini rupanya terkait dengan perayaan pagan Romawi, di mana orang-orang Romawi berkeliling di bawah pohon cemara (yang tetap hijau saat salju), sambil berdoa kepada dewa-dewi agar musim dingin segera berlalu.
b. Hiasan / ornamen pohon natal. Ornamen-ornamen tersebut baik bola perak, tongkat melengkung, lonceng, kaos kaki dan sebagainya bukanlah tradisi Ibrani melainkan tradisi eropa. Barangkali satu-satunya cerita Alkitab yang ditampilkan dalam dekorasi itu adalah bintang yang menggambarkan bintang yang dilihat oleh orang Majus.
c. Hadiah-hadiah di bawah pohon natal. Ini adalah akibat kesalahkaprahan tafsir bahwa orang-orang Majus datang mengunjungi dan memberi hadiah kepada bayi Yesus di tempat kelahirannya. Kenyataan Alkitab menunjukkan bahwa orang-orang Majus datang kepada Yesus pada saat Yesus telah berusia sekitar 1-2 tahun.
d. Sinterklas / Santa-clause. Apa hubungannya kakek tua gemuk berjenggot putih dengan kelahiran Mesias, Yesus Kristus. Tidak ada! Tradisi ini dihubungkan dengan seorang pendeta yang baik hati yaitu Nikolas, yang sering membagi hadiah kepada masyarakat sekitar di Asia Kecil (Turki), dan sama sekali tidak ada kaitannya dengan kelahiran Yesus.
Dengan demikian Alkitab tidak pernah memberikan sedikitpun pendapat bahwa Yesus Kristus lahir pada tanggal 25 Desember yaitu di musim dingin, dan penetapan natal adalah tradisi gereja sebagai hasil kompromi dengan tradisi Romawi.
Bagaimana pendapat Paulus tentang hukum taurat?
Perhatikan surat Paulus pada jemaat di Gatalia antara lain:
GALATIA: 2:16 Kamu tahu, bahwa tidak seorangpun yang dibenarkan oleh karena melakukan hukum Taurat, tetapi hanya oleh karena iman dalam Kristus Yesus. Sebab itu kamipun telah percaya kepada Kristus Yesus, supaya kami dibenarkan oleh karena iman dalam Kristus dan bukan oleh karena melakukan hukum Taurat. Sebab: "tidak ada seorangpun yang dibenarkan" oleh karena melakukan hukum Taurat.
Mengapa?
Galatia 3:10. Karena semua orang, yang hidup dari pekerjaan hukum Taurat, berada di bawah kutuk. Sebab ada tertulis: "Terkutuklah orang yang tidak setia melakukan segala sesuatu yang tertulis dalam kitab hukum Taurat." Selanjutnya Paulus menulis pada Jamaat Galatia bahwa Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: "Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!"Yesus Kristus telah membuat ini, supaya di dalam Dia berkat Abraham sampai kepada bangsa-bangsa lain, sehingga oleh iman kita menerima Roh yang telah dijanjikan itu (Lihat di Galatia 3:13-14).
Apakah Paulus murid Yesus?
Paulus, sama sekali bukan dan tidak pernah menjadi murid Yesus! Bahkan, Paulus pun tidak pernah bertemu dengan Yesus! Paulus adalah seorang penyesat ajaran Yesus demi kepentingan penjajah Romawi dan Yunani yang menguasai Palestina. Ia bukanlah orang dimana Yesus mengemban misinya. Namun demikian, setelah terangkatnya Yesus ke langit, ia mengaku2 sudah bertobat dan mengaku2 sebagai rasul. Padahal, Yesus tidak pernah menyebut, menunjuk, mengenal, mengangkat, dan melihat manusia yang bernama Paulus dari Tarsus! Bahkan, ciri2nya pun Yesus tidak pernah menyebutkannya! Kecuali namanya dipromosikan melalui kitab propaganda karangan pengarang "Lukas" yang diberi nama "Kisah Para Rasul" (nama versi Alkitab Indonesia).

GALATIA:
1:10. Jadi bagaimana sekarang: adakah kucari kesukaan manusia atau kesukaan Allah? Adakah kucoba berkenan kepada manusia? Sekiranya aku masih mau mencoba berkenan kepada manusia, maka aku bukanlah hamba Kristus.
1:11 Sebab aku menegaskan kepadamu, saudara-saudaraku, bahwa Injil yang kuberitakan itu bukanlah injil manusia.
1:12 Karena aku bukan menerimanya dari manusia, dan bukan manusia yang mengajarkannya kepadaku, tetapi aku menerimanya oleh penyataan Yesus Kristus.
1:13 Sebab kamu telah mendengar tentang hidupku dahulu dalam agama Yahudi: tanpa batas aku menganiaya jemaat Allah dan berusaha membinasakannya.
1:14 Dan di dalam agama Yahudi aku jauh lebih maju dari banyak teman yang sebaya dengan aku di antara bangsaku, sebagai orang yang sangat rajin memelihara adat istiadat nenek moyangku.
1:15 Tetapi waktu Ia, yang telah memilih aku sejak kandungan ibuku dan memanggil aku oleh kasih karunia-Nya,
1:16 berkenan menyatakan Anak-Nya di dalam aku, supaya aku memberitakan Dia di antara bangsa-bangsa bukan Yahudi, maka sesaatpun aku tidak minta pertimbangan kepada manusia;
1:17 juga aku tidak pergi ke Yerusalem mendapatkan mereka yang telah menjadi rasul sebelum aku, tetapi aku berangkat ke tanah Arab dan dari situ kembali lagi ke Damsyik.
1:18 Lalu, tiga tahun kemudian, aku pergi ke Yerusalem untuk mengunjungi Kefas, dan aku menumpang lima belas hari di rumahnya.
1:19 Tetapi aku tidak melihat seorangpun dari rasul-rasul yang lain, kecuali Yakobus, saudara Tuhan Yesus.
1:20 Di hadapan Allah kutegaskan: apa yang kutuliskan kepadamu ini benar, aku tidak berdusta.
1:21 Kemudian aku pergi ke daerah-daerah Siria dan Kilikia.
1:22 Tetapi rupaku tetap tidak dikenal oleh jemaat-jemaat Kristus di Yudea.
1:23 Mereka hanya mendengar, bahwa ia yang dahulu menganiaya mereka, sekarang memberitakan iman, yang pernah hendak dibinasakannya.
1:24 Dan mereka memuliakan Allah karena aku.
Dari surat Paulus tersebut dapat disimpulkan:
1. Paulus mengaku menerima Injil bukan dari manusia, tetapi dari Yesus (ayat 12).
2. Paulus mengaku menerima wahyu dari Yesus untuk memberitakan ajarannya kepada bangsa2 non Yahudi (ayat 16).
Bagaimana pernyataan Yesus tentang hukum Taurat?
5:17. "Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya.
5:18 Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi.
5:20 Maka Aku berkata kepadamu: Jika hidup keagamaanmu tidak lebih benar dari pada hidup keagamaan ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, sesungguhnya kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga.
Menurut ayat2 di atas, Yesus datang bukan untuk menghilangkan hukum Taurat dan kitab para nabi, tetapi hanya untuk menggenapinya (melengkapinya). Bahkan, Yesus mengancam kepada umat Israel, jika kehidupan agama mereka tidak lebih baik dari ahli2 Taurat dan orang2 Farisi, mereka tidak akan masuk kerajaan surga. Perlu dijelaskan, bahwa ahli2 Taurat dan orang2 Farisi adalah kelompok masyarakat Israel yang selalu menentang dan mencari2 kesalahan Yesus, karena mereka menolak kerasulan Yesus.
Bagaimana pendapat Paulus tentang Yesus
1 KORINTUS 8:6 namun bagi kita hanya ada satu Allah saja, yaitu Bapa, yang dari pada-Nya berasal segala sesuatu dan yang untuk Dia kita hidup, dan satu Tuhan saja, yaitu Yesus Kristus, yang oleh-Nya segala sesuatu telah dijadikan dan yang karena Dia kita hidup.
Menurut Paulus di atas, Yesus adalah Tuhan.
Apakah pernyataan Paulus sesuai dengan pernyataan Yesus sendiri
MARKUS 12:29 Jawab Yesus: "Hukum yang terutama ialah: Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu esa.
12:30 Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu.
YOHANES 17:3 Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus.
Kesimpulan: Pernyataan Yesus tidak sesuai dengan pernyataan Yesus sendiri.
Bagaimanakah pendapat Paulus tentang khitan (sunat)?
Galatia 5:2. Sesungguhnya, aku, Paulus, berkata kepadamu: jikalau kamu menyunatkan dirimu, Kristus sama sekali tidak akan berguna bagimu. Galatia 5:3. Sekali lagi aku katakan kepada setiap orang yang menyunatkan dirinya, bahwa ia wajib melakukan seluruh hukum Taurat.
Apakah Yesus disunat?
Menurut Lukas 2: 21 Yesus disunat
Paulus juga disunat pada umur 8 hari (Flp 3:5)
Kesimpulan: Kristus tidak berguna bagi Paulus, dan dia wajib melakukan seluruh hukum Taurat. Tetapi faktanya dia menghapus hukum Taurat. Dengan demikian Paulus Plin Plan.
Berbeda dengan Yesus yang tidak bermaksud menghapus hukum taurat satu noktahpun.
He he he, anda menjadi pengikut Paulus atau Yesus? Jawab dengan jujur.
Apakah Salib untuk menebus dosa?
GALATIA 3:13 Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: "Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!"
Kesimpulan: Menurut Paulus Yesus terkutuk, karena digantung pada kayu salib, tetapi ada hikmahnya karena dengan kutukan itu anda bebas dari hukum Taurat seperti ini.
1. Tuhan mengharamkan zina dan memerintahkan agar para pelakunya dilempari batu sampai mati (IMAMAT 20:1-27 dan ULANGAN 22:13-30)
2. Tuhan mengharamkan anggur dan minuman keras (IMAMAT 10:9)
3. Tuhan mengharamkan beberapa binatang termasuk babi (IMAMAT 11:1-47 dan ULANGAN 14:3-21)
4. Tuhan mengharamkan darah (IMAMAT 17:12)
5. Beberapa hal termasuk sperma adalah najis (IMAMAT 15:1-34)
6. Laki2 yang keluar sperma atau campur dengan istri, keduanya harus mandi wajib (IMAMAT 15:16-18)
7. Tuhan mengharamkan riba (ULANGAN 23:19-20)
8. Yesus memerintahkan potong tangan/kaki bagi pencuri (MATIUS 5:30; 18:8 dan MARKUS 9:43,45)
9. Yesus memerintahkan cungkil mata bagi laki2 yang yang mengingini perempuan bukan istrinya (MATIUS 5:29; 18:9 dan MARKUS 9:47)
10. Yesus memerintahkan rajam bagi pelaku zina (YOHANES 8:7); dan lain-lain.
Apa artinya ini? Hukum taurat yang melarang mencuri, berzina, mabuk-mabukan, mewajibkan shalat, zakat, dan puasa sudah tidak berlaku lagi sejak pernyataan Paulus ini? Dengan demikian anda dijamin masuk surga, karena dosa-dosa anda telah ditebus melalui kutukan terhadap yesus ini. Kejam nian ajaran agama anda?
Apakah pendapat Paulus ini sesuai dengan Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru
YEHEZKIEL 18:20 Orang yang berbuat dosa, itu yang harus mati. Anak tidak akan turut menanggung kesalahan ayahnya dan ayah tidak akan turut menanggung kesalahan anaknya. Orang benar akan menerima berkat kebenarannya, dan kefasikan orang fasik akan tertanggung atasnya.
MARKUS 10:14 Ketika Yesus melihat hal itu, Ia marah dan berkata kepada mereka: "Biarkan anak-anak itu datang kepada-Ku, jangan menghalang-halangi mereka, sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Allah. (lihat juga MATIUS 19:14).
Menurut Yehezkiel, setiap orang akan menanggung akibat perbuatannya masing2. Bahkan menurut Yesus sendiri, anak2 adalah pemilik kerajaan surga, yang berarti keadaan mereka adalah suci tanpa dosa. Bagaimana mungkin anak2 yang suci tanpa dosa harus ditebus dosanya?
Akibodo
Reply| 22 Dec 2013 16:29:27
Benar, Bro,
Saya bersaksi: Muslim berani tipu-menipu, keluar dan kedalam dirinya.
mereka juga saling menutupi kebohongan/ kejelekan Islam, dengan menafsir berputar-putar hingga KEPASTIAN MASUK NERAKA PUN (qs.19:71) DIPLINTIR-PLINTIR MENJADI kepastian masuk surga bagi setiap muslim yang ASAL BERUCAP:
LA ILAHA ILALLAH! Mereka telah disesatkan sejauh-jauhnya!
ibaskoruptorparah
Reply| 22 Dec 2013 11:04:04
tanggal berapapun DIA lahir kedatangannya nyata dalam hidup manusia , kasihnya, pengorbanannnya dan ajarannya mamapu untuk mengubah dunia yang begitu fana ini, Yesus adalah Tuhan yang mengorbankannya nyawanya demi untuk manusia dapat hidup bersamnya kelak dikerajaannya sampai selama lamanya dan Yesus menyatukan BAPA dengan Manusia...tetapi setiap rencana BAPA mulai dari Adam sampai dengan kedatangannya keduania ini selalu disertai dengan rintangan dan halangan juga nubuatan guru palsu yang mengumbar nafsu dan isapan jempol belaka itulah muhammad siguru palsu ceritanya hanya isapan jempol belaka dia adalah kendaraan iblis untuk menghalangi rencana BAPA dan bagiannya sudah sangat jelas tertulis dipaling kegelapan dan gemertak gigi...maukah kalian iktu muhamamd ??????sadarlah bahwa muhammad adlah kendaraan iblis itu
Si momad69Aisha
Reply| 22 Dec 2013 00:28:16
@ Akibodo

YANG SLIMERS pasti ngga mungkin di tipu dan disesatan oleh AWLOH SWT … soalnya kan dah MASUK DALAM HIMPUNAN PENIPU & PENYESAT ….

BRAVO & HEBAT.
MANA MUSLIM BISA BANTAH LAGI?

BENARKAH MEREKA BERKEMAMPUAN MEMBANTAH? HE... HE... HE...
Mereka kalibernya cuma menipu & menyesatkan orang melulu!
Sesudah itu paling-paling bisanya cuma mandek, ngumpet, ngintip, tenggelam, nongolin kepala lagi, tenggelam lagi, mandek lagi, tongolin kepala lagi dst. & dst.

K w k w k w k w k w . . . ) ) )
Akibodo
Reply| 21 Dec 2013 22:47:02
BRAVO & HEBAT.
MANA MUSLIM BISA BANTAH LAGI?
Fetching more Comments...
↑ Back to Top