Natal YESUS dan Maulid Muhammad: Mana Yang Harus Dirayakan?

Kelahiran Nabi Muhammad hanya perkiraan dan kesepakatan islamik saja. Ada yang percaya Maulid jatuh pada tanggal 9, ada yang mengadopsi tanggal 12 Rabiul Awal, dan ada yang tidak mempercayai penetapan tanggal kelahirannya dengan alasan yang masuk akal bahwa hari H itu bagaimanapun tidak tercatat oleh siapapun secara mutlak benar! Sebagian Muslim lainnya bahkan menolak merayakan Maulid Nabi karena menganggap-nya sebagai sebuah bidat, karena perayaan tsb tidak pernah disinggung dan dicontohkan Nabi kepada umatnya. Mereka bahkan percaya bahwa perayaan Maulid ala manusia dunia ini malahan  bisa-bisa terancam masuk ke neraka.

Wikipedia mencatat asal-usul kelahiran Muhammad sebagai berikut:

“The public celebrations of the birth of Muhammad did not occur until four centuries after his passing away. The oldest Mawlid text is claimed to be from the 12th century and most likely is of Persian origin. The earliest observation of the Prophet's birth as a holy day was arranged privately somewhere in the late twelfth century”.

“Perayaan kelahiran Muhammad secara publik baru dilakukan 4 abad setelah kematiannya. Teks Maulid tertua diklaim berasal dari abad ke-12 Masehi, dan besar kemungkinan teks tersebut aslinya berasal dari Persia. Perayaan kelahiran Nabi sebagai sebuah hari yang disucikan ditetapkan secara privat pada sekitar akhir abad ke-12 Masehi”

Shalahuddin Al-Ayyubi

KONON --tidak ada kepastian sejarah-- gagasan peringatan Maulid Nabi baru dimulai oleh Shalahuddin Al-Ayyubi, komandan Perang Salib yang merebut Yerusalem dari kaum Kristiani. Maka Islam sebagai Sang penakluk tentu merasa diri tak nyaman tatkala hanya menjadi penonton-congek atas “seni-religi” perayaan Natal yang semarak dari kalangan Kristiani. Maka merekapun terinspirasi untuk mulai mengorbitkan seremoni Maulid Nabi agar mampu menandingi perayaan Natal. Sayangnya tak ada dasar dan unsur Muhammad sedikitpun yang bisa diangkat oleh Islam untuk bersaing lurus dengan Yesus Kristus dalam aspek KELAHIRANNYA. Bahkan dari pohon keturunannya sejak Abraham hingga kepada Yesus dan Muhammad, kemuliaan Yesus selalu bertengger jauh diatas Muhammad. Sedemikian sehingga orang Muslim juga tidak pernah mampu menjawab -- secara bertanggung jawab -- siapakah yang dinyatakan lebih berkuasa oleh Allah diantara kedua sosok nabi terakhir itu: Yesus atau Muhammad?

Sekalipun demikian, Muslim terus memaksakan status dan dampak kenabian Nabinya untuk tidak boleh kalah pamor terhadap siapapun, termasuk Yesus (!) yang walau sudah ditetapkan dalam Quran sendiri sebagai sosok paling terkemuka di dunia dan di alam akhirat (QS.3:45).

Akan tetapi adakah satu kasus kelahiran Muhammad, dari “darah-Arab” ini yang kemuliaannya lebih superior terhadap Yesus dari “darah Yahudi”, sejak dimulai dari pohon keturunan Abraham? Perhatikanlah perbandingan asal-usul keduanya.

1. Yang satu, Ismail, datang dari anak gundik (dari Hagar), dibandingkan dengan Ishaq anak kandung (dari Abraham dengan Sarah), bisakah disetarakan oleh Tuhan, Abraham, Sarah dan masyarakatnya, setelah dijejerkan keduanya secara amat kontras?

2. Ternyata SARAH --dan Elohim berturut-turut-- berkata kepada Abraham:

"Usirlah hamba perempuan itu beserta anaknya, sebab anak hamba ini tidak akan menjadi ahli waris bersama-sama dengan anakku Ishak."

Hal ini sangat menyebalkan Abraham oleh karena anaknya itu.

Tetapi ELOHIM berfirman kepada Abraham: "Janganlah sebal hatimu karena hal anak dan budakmu itu; dalam segala yang dikatakan Sara kepadamu, haruslah engkau mendengarkannya, sebab yang akan disebut keturunanmu ialah yang berasal dari Ishak” (Kej21:10-12).

3. Elohim juga berkata lantang, “TIDAK”, dan gugurlah Ismail sebagai anak PerjanjianNya, karena ia hanyalah produk-percepatan yang disodorkan oleh Sarah (bukan oleh Tuhan) kepada Abraham. Namun Tuhan menyebut Ishaq sebagai Anak Perjanjian Elohim (Kejadian 17:19).

4. Dan Ismail itu tidak dinyatakan oleh Allah sebagai anak kenabian dan Kitab. Allah hanya berkenan memasukkan Ishaq sebagai anak kenabian dan Kitab (QS 29:27).

5. Dimanapun dan kapan pun (Alkitab ataupun Quran), Ismail tidak pernah berbicara dengan Allahnya. Sebaliknya Elohim bersabda kepada Ishaq, memperkenalkan jati-diri dengan menampakkan diriNya: “Akulah Elohim ayahmu Abraham…“ (Kej.26:24).

6. Ismail bukan anak mukjizat Ilahi. Ia lahir biasa dari seorang gundik muda yang subur, versus Ishaq yang lahir secara mukjizat Ilahi, dari rahim Sarah yang mati mandul diusia sangat tua, 90 tahun. Yang sudah dinubuatkan dalam janji Tuhan setahun sebelumnya! (Kej.17:21).

Ringkas kata dan fakta, tak ada pengangkatan dan unsur kenabian apapun yang ada pada Ismail, kecuali hanya diKLAIM sendiri oleh Muhammad atas nama Allah!

7. Dengan cara yang sama pula, Muhammad hanya dilahirkan diam-diam tanpa diketahui oleh dunia, tidak muncul dari sepotong mujizat ataupun tanda Ilahi apapun, bahkan juga tidak diangkat oleh siapapun sebagai Nabi di gua Hira, kala beliau diturunkan wahyu pertama. Bandingkan ini dengan Yesus yang lahir sebagai TANDA & RAHMAT BAGI SEMESTA ALAM! (Qs.19:21). DIMAKLUMATKAN OLEH GABRIEL SEBAGAI “ANAK ELOHIM, JURUSELAMAT, MESIAS, KUDUS DAN TUHAN” (!) DISAMBUT DENGAN BALATENTARA SURGAWI (Lukas ps.2, 1:35).

8. Muhammad berkata, ada 124.000 nabi-nabi diseluruh bangsa-bangsa. Tapi hanya SATU nabi paling istimewa didunia yang dilahirkan secara adikodrati:

  • Lewat Kalimat Allah
  • Dengan tiupan Ruh Allah
  • Hamil dalam rahim Maria yang masih perawan yang mustahil hamil.
  • Bisa “berbicara-wahyu” sejak bayi dalam buaian
  • Dinyatakan sebagai Anak yang Suci, tidak pernah berbuat dosa dan minta ampun akan dosa!

Jadi, manakah pasal dari kelahiran / Maulid Muhammad yang bisa dibandingkan dan dirayakan, untuk bersaing dengan kemuliaan  NATAL YESUS?

Bahkan Muhammad sendiri (yang tahu diri) telah melarang umatnya untuk mengagung-agungkan dirinya dengan memperbandingkannya dengan Isa Al-Masih (yang dalam hai ini memang layak diagungkan) yang tentunya termasuk perayaan NatalNya,

“Janganlah kamu berlebih-lebihan memujiku, sebagaimana kaum Nasrani telah berlebih-lebihan memuji  putera Maryam. Aku hanyalah seorang hamba, maka sebutlah, ‘Abdullah wa rasuluhu (hamba Allah dan Rasul-Nya)’.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Disini Muhammad mengakui dirinya hanyalah hamba (yang memberi peringatan), yang sadar bahwa Al-Masih adalah sosok paling terkemuka di dunia, di akhirat, dan disisi kedekatan dengan Allah (Qs 3:45).  Dimana-mana didalam Quran, kebesaran Muhammad memang hanya terganjal oleh kebesaran Yesus seorang, baik di dunia maupun di akhirat. Itulah sebabnya beliau merasakan dilema besar dalam penghayatan “splitting-ego” dirinya. Disatu pihak ia sadar akan posisi kemuliaan dirinya ada dibawah ranking Yesus, sehingga ia harus menampik dirinya (dan hari kelahirannya) untuk diagung-agungkan oleh para pengikutnya betapapun mereka mencintainya. Akan tetapi dilain pihak beliau justru MENUNTUT PEMUJAAN DIRINYA dengan mengklaim,

“Saya telah diutus sebagai generasi keturunan Adam yang terbaik keseluruhannya sejak penciptaan” (HS.Bukhari 4.56.757), …."Dan demi Zat yang jiwaku berada di tangan-Nya (Demi Allah), tidaklah beriman salah seorang kamu sehingga aku lebih ia cintai daripada dirinya, hartanya, anaknya, dan manusia seluruhnya." (HR. Al-Bukhari, juga QS.33:6).

Splitting-Ego ini menempatkan Muhammad dan Muslim pada persimpangan jalan yang tak terselesaikan. Muhammad ingin dirinya dicintai sepenuhnya, diagungkan dan dirayakan, dan Muslim ingin menunjukkan kecintaan mereka kepada nabinya, namun semuanya terganjal oleh kebesaran Yesus dan Natalnya yang lebih shahih! Itu sebabnya sampai kepada generasi sahabat, tabi’in dan tabi’ut tabi’in pun Maulid Muhammad tidak pernah muncul dirayakan walau mereka tak berhalangan apapun jikalau memang mau merayakannya. Dan hingga sekarangpun tidak ada kepastian Muslim tentang Maulid Nabi yang satu ini dalam dua isu utama:

(1). Kapan hari lahirnya Nabi mereka persisnya? Semuanya hanya perkiraan dan kesepakatan islamik saja. Ada yang percaya Maulid jatuh pada tanggal 9, ada yang mengadopsi tanggal 12 Rabiul Awal, dan ada yang tidak mempercayai penetapan tanggal kelahirannya dengan alasan yang masuk akal bahwa hari H itu bagaimanapun tidak tercatat oleh siapapun secara mutlak benar!

(2). Sebagian Muslim lainnya bahkan menolak merayakan Maulid Nabi karena menganggapnya sebagai sebuah bidat, karena perayaan tsb tidak pernah disinggung dan dicontohkan Nabi kepada umatnya. Mereka bahkan percaya bahwa perayaan Maulid ala manusia dunia ini malahan bisa-bisa terancam masuk ke neraka,

“Barangsiapa yang menyelisihi Rasul setelah jelas baginya kebenaran dan mengikuti selain jalan orang-orang mukmin (yakni para sahabat Nabi), maka Aku akan palingkan ke mana mereka berpaling dan Kami masukkan mereka ke dalam Jahannam.” (An Nisaa’: 115, see www.alifta.org).

Ibn Taymiyya termasuk tokoh besar yang melarang Maulid. Juga Abd al-Aziz ibn Abd Allah ibn Baaz, Mufti Agung dari Saudi Arabia,Abdul Rahman Al-Sudais, imam dari Masjid al-Haram Mekah, bahkan Zakir Naik, apologet Islam yang dianggap terbesar saat ini.

 

KESIMPULAN: Tampaklah bahwa asal-usulnya Maulid itu tidak dikenal oleh Islam awal. Tidak berasal dari Muhammad, tidak dari surga atau dari Quran ataupun a-Hadis shahih. Ia hanya terinspirasi oleh perayaan Natal yang semarak dari orang Kristen, lalu berusaha untuk menirukannya kepada Muhammad, sambil  mengkerdilkan atau menafikan Natal dengan mencari dalil untuk menyainginya. Maka lahirlah pelbagai larangan dan fatwa (semisal MUI) yang melarang Muslim mengucapkan selamat Natal kepada orang Kristen. Mengharamkan Natal, dimana tanggal 25 Desember dituding sebagai tanggal berhala dari ritual bangsa Romawi kuno, sampai-sampai ada yang beranggapan bahwa aktivitas apa pun yang  berkaitan  dengan Natal tidak boleh dibenarkan, sampai kepada jual beli barang dan jasa yang berkaitan dengan keperluan Natal, “Barangsiapa menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk bagian dari mereka.” (H.R Ahmad).

Tetapi sebaliknya, tokoh besar Islam Prof. Dr Quraish Shihab justru mempersilahkan setiap Muslim untuk hidup berkeadaban (bukan adab yang negatif) dengan ikut bersukacita bersama  malaikat Jibril as. dan Allah yang bergembira dan berkata:

“(Ingatlah), ketika Malaikat berkata: “Hai Maryam, sesungguhnya ALLAH menggembirakan kamu…” (Qs.19:45).

Quraish Shihab bahkan mengingatkan Muslim bahwa Isa sendiri berdoa bagi kesejahteraan Natalnya,

“Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku, pada hari aku dilahirkan (NATAL), pada hari aku meninggal dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali" (Qs.19:33).

Dan Natalnya telah dijadikan Allah sebagai TANDA DAN RAHMAT bagi segenap kemanusiaan (Qs.19:21)! (Baca “MEMBUMIKAN AL-QURAN, Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat” oleh Dr. M. Quraish Shihab).

 

Pertanyaan besar untuk direnungi dalam-dalam oleh setiap Muslim:

1. Siapakah yang lebih mulia, suci, dan kuasa dimata dan dimulut Allah (wahyu): Yesus atau Muhammad?

2. Adakah ayat-ayat Quran yang menghormati Maulidnya Muhammad seperti halnya yang Allah dan MalaikatNya telah lakukan bagi Natal Yesus?

3. Kelahiran siapakah yang Allah perintahkan untuk dirayakan oleh  SELURUH UMAT MANUSIA: Yesus atau Muhammad?!”


82 comments Add a Comment
terang
Reply| 07 Feb 2014 17:08:03
Bandingkan nabi Isa almasih dan nabi Muhamad, tentang jalan hidupnya yang baik yang mana?Terserah kamu mau anggap apa Isa almasih. Tapi yang jelas Isa almasih adalah jalan yang lurus..itu yang tertulis di kitab- kitab di dunia..terus ujilah Isa almasih lewat doamu..apakah dia masih hidup atau mati. Sekarang kamu percaya yang hidup atau yang mati...coba kamu renungkan....al masih mau di sebut guru, tuan,nabi, rasul, atau tuhan.itu gak masalah,, yang terpenting mengikuti teladan hidupnya..(.sifat dan karekter beliau ) nanti kamu akan menemukan jalan yang lurus ke sorga... selamat mencoba.
Jason
Reply| 21 Jan 2014 08:52:01
Mas Achmadanwar yang saya hormati, apabila mas Achmad mempercayai Nabi-nabi sebelum Muhammad berarti seharusnya anda percaya bahwa Yesus Kristus itu adalah Tuhan yang bermanifestasi sebagai manusia, karena semua Nabi-nabi telah bernubuat tentang kedatangan Mesias yaitu Yesus Kristus.
Kitab Suci ILT
(Yohanes 5:46) : Sebab jika kamu percaya kepada Musa, maka kamu percaya kepada-Ku, karena dia yang telah menulis tentang Aku.
Si momad69Aisha
Reply| 10 Jan 2014 22:39:55
@ mhd6160lo

Orang bodoh yang tahu akan kebodohannya adalah orang yang masih ada harapan untuk diajar dan belajar, karena dia menyadari akan kebodohannya. Orang yang seperti ini masih memiliki masa depan yang baik, dan nantinya tidak akan bodoh lagi, terutama bilamana ia orang yang suka belajar dan diajar.

Tetapi orang yang tidak tahu dan tidak mau tahu akan kebodohannya, walaupun sudah diberitahu tetap saja bersikap keras kepala. Inilah jenis orang yang bebal, kebodohan kwadrat (bodoh pangkat dua). Orang jenis ini tidak ada harapan, guru besar (profesor) sekalipun tak dapat menolongnya.

Orang bebal (bodoh pangkat dua) suka sekali mengatakan orang yang tak sepikiran dengannya bodoh, karena dia merasa dalam benaknya dirinya pandai. Jadi hanya dirinya saja yang mengakuinya pandai, alias claim sepihak, karena tidak ada orang yang mengakuinya. Tindakannya ini sesungguhnya sangat memalukan, bagaikan Maling Teriak Maling, tapi tidak disadarinya, wong dia bodoh bagaimana bisa sadar.
kosaki
Reply| 10 Jan 2014 21:57:00
@hamba allah:
Saya tidak tersinggung kok dikatain bodoh..hanya saja saya heran kok tidak ada satu orang muslim pun yang mengaku pintar (termasuk anda) mampu memberikan jawaban atas pertanyaan saya di atas.
Saya ulangi ya..bisakah anda menjelaskan tolak ukur yang dipakai dan alasan mengapa seorang perampok, pembunuh, pemerkosa, pezinah, pedofil dan penipu dinyatakan memiliki moral dan akhlak mulia? Silahkan dijawab karena anda mengaku lebih pandai dari saya. terima kasih
islamquranhadist
Reply| 10 Jan 2014 18:54:09
hamba Allah
on January 10, 2014 at 4:11 am said:
@kosaki : SELAMAT anda sudah jujur dan mengakui bahwa anda BODOH……., pantas aja komen-komennya tidak bermutu….,
sorry ya kalu tersinggung…..
-------------------------------

Kosaki itu emang bodoh...masa dia ngga tahu kalau LEBAH MADU makanannya BUAH BUAHAN!!!!!

Kosaki itu emang bodoh.... masa dia ngga tahu kalau lagi hujan ada suara malaikat yang bergelegar!!!!!

Kosaki itu emang bodoh..... masa dia ngga tahu PENIPU dan PENCABUL adalah contoh berbudi agung dan berahklak sempurna.

Kosaki itu emang bodoh karena ngga bisa memahami ajaran ajaran islam......!!!!

Makanya kosaki ngga beragam islam... jadi dia memang bodoh ala islam... yang SUPER JENIUS ALA ISLAM yang bersaksi bahwa si cabul uta huruf saw adalah utusan tuhan negeri mekah yang berumah dikahbah yang disembah si abdullah bapaknya sicabul, dzat tauhid berupa seonggok batu hitam berbentuk vagina.

Kosaki memang bodoh.... makanya tuhan negeri mekah, sang penyesat, penipu ulung itu pengen nyesatkan si kosaki, karena tuhan negeri mekah itu berkarakter sama dengan IBLIS yang beragama islam!!!!
Allow swt Penyesat
Sendiri
QS 04 : 143
QS 04 : 88
QS 06 : 39
QS 07 : 178
QS 13 : 27
QS 14 : 4
QS 18 : 17
QS 30 : 29
QS 35 : 8
QS 39 : 23
QS 39 : 36
QS 40: 74
QS 40 : 34
QS 42 : 44
QS 42 :46
QS 45 : 23
QS 47 : 1
QS 74 : 31
Berbagi tugas dengan setan setan
QS 04 : 118
QS 15 : 39.
QS 38 : 82
Mengutus setan setan
QS 19 : 83.
QS 43 : 36
Pemimpin setan setan
QS 21 : 82

Allow swt PENIPU ULUNG Huwallahu khoirul maaqirin
QS 3 : 54
QS 8 : 30
QS 4 : 142
QS 10 : 21
QS 27 : 50

Allow pembohong
QS 42 : 51
QS 2 : 259

Allow sejajar dengan manusia
QS 2 : 279

Allow Pembuat kacau
QS 6 : 123

Alow sadis
QS 9 : 5
QS 8 : 12
QS 4 : 89

Kalau hamba allow, pasti SUPER JENIUS ALA ISLAM, dah bisa baca tulis dan main interneta... sekaligus paham bahwa penipu dan pencabul adalah contoh berbudi agung dan berahklak mulia!!!!!

Kalau hamba allow, pasti SUPER JENIUS ALA ISLAM, nanti kalau mau beternak lebah, pasti makanannya buah buahan seperti yang di wahyukan si tuhan negeri mekah!!!!

Kalau hamba allow, pasti SUPER JENIUS ALA ISLAM, kalau hujan atau mendung, dia pasti suka banget karena akan mendengarkan suara malaikat yang bertasbih!!!!!

Kalau hamba allow, pasti SUPER JENIUS ALA ISLAM, tidak mungkin disesatkan lagi oleh si penyesat, karena dia sudah tersesat!!!!!

Dah lebih mulia dari si cabul buta huruf saw, si penipu dan pencabul yang berbudi agung dan berahklak sempurna.
--------------------------------

MENDING ANJING JANTAN TUA... meskipun haram, tidak pernah ngawini anak anjing!!!!!
islamquranhadist
Reply| 10 Jan 2014 18:34:20
hamba Allah
on January 10, 2014 at 3:17 am said:

2. islamquranhadist : orang ini tipe pengecut banci dan munafik; komen-komennya menghina dan menghujat Islam tapi dengan gagah dia memakai nama islamquranhadist…
----------------------------------

Tunjukkan SATU SAJA komentku yang menghina dan menghujat Islam!!!!!!!

TOLOL kok dipelihara!!!!!!
MUHAMMAD CABUL adalah contoh berbudi agung dan berahklak mulia, itu semua dari sumber ISLAM, QURAN, HADIST!!!!!!

ALLOW SWT, tuhan negeri mekah yang berumah di kahbah, sembahan si ABDULLAH bapak si cabul buta huruf saw hanyalah batu hitam berbentuk vagina, itu semua dari sumber ISLAM, QURAN, HADIST!!!!!!

ISLAM adalah agama ALLOW SWT dan ISLAM ADALAH AGAMA IBLIS dan ternyata ALLOW SWT hanyalah karangan si cabul buta huruf SAW sebagai representasi RAJA SETAN, IBLIS ITU SENDIRI, itu semua dari sumber ISLAM, QURAN, HADIST!!!!!!

OTAK mu itu korslet, kamu mikir aja dah ngga bisa, shock dan berusaha melakukan pembelaan dengan klaim klaim yang melampaui spekulasi akal sehat manusia.

Bca judul artikel ini, kalau otakmu masih normal, tanyakan sama ALLOW SWT mu si penipu ulung, khairul makarin itu... adakah orang Yahudi yang memakai garis keturunan dari ibunya??????

Daripada kamu ngga dijawab jawab dzat tauhid, batu hitam berbentuk vagina sembahan si Abdullah bapaknya si cabul buta huruf saw itu, mending kamu tanya sama peternak lebah.... apa makanan lebah madu?????!!!!!!

Mengapa sembahanmu berbicara langsung sama LEBAH tapi tidak pernah bicara langsung sama si cabul buta huruf SAW!!!!!!

Baca ini dan buktikan bahwa kamu TERSESAT dan tidak akan mungkin disesatkan lagi oleh si penyesat, IBLIS yang menyaru dalam diri si cabul sesuai dengan wahyu si cabul:

wahyu wahyu yang berasal dari si cabul buta huruf saw, anak abdullah yang menyembah batu hitam berbentuk vagina, dzat tauhid yang menjadi tuhan negeri mekah yang berumah di kahbah!!!!!
QS 04 : 10
QS 06 : 104
QS 06 : 114
QS 11 : 3
QS 27 : 91
QS 27 : 92
QS 39 : 53
QS 60 : 40
QS 81 : 15-21
QS 83 : 16
Si momad69Aisha
Reply| 10 Jan 2014 16:01:04
Waduh ini dia MALING TERIAK MALING, baca lagi nih tinjauan renungan 2014

http://bacabacaquran.com/2014/01/02/selamat-tahun-baru-2014-khususnya-bagi-provinsi-aceh/comment-page-1/#comment-16137
http://bacabacaquran.com/2014/01/02/selamat-tahun-baru-2014-khususnya-bagi-provinsi-aceh/comment-page-1/#comment-16172
http://bacabacaquran.com/2014/01/02/selamat-tahun-baru-2014-khususnya-bagi-provinsi-aceh/comment-page-1/#comment-16215
http://bacabacaquran.com/2014/01/02/selamat-tahun-baru-2014-khususnya-bagi-provinsi-aceh/comment-page-1/#comment-16270

Simak baik-baik, kalau tidak mampu, masuk SD lagi ya!
Si momad69Aisha
Reply| 10 Jan 2014 15:53:50
@ hamba Allah

Anda ini benar-benar SD aja gak lulus, matematikamu jeleeekkkk buangaetttt.

Kamu tahu tidak rumusan matematika SD (sekolah dasar)
- x - = + (mines dikalikan mines adalah = plus)
Jadi bila bodoh adalh hal mines (-) dikalikan dgn 9 kelakuan super mines islam (-) yg dikemukakan bro kosasi di atas, maka hasilnya adalah PLUS UNTUK bro KOSASI. Artinya bro kosasi adalah ORANG PINTAR DAN BIJAKSANA.

Kamu itu sebaiknya masuk lagi ke Sekolah Dasar, sebagaimana sudah pernah saya sarankan!

Selamat masuk SD kembali ya!
hamba Allah
Reply| 10 Jan 2014 12:11:52
@kosaki : SELAMAT anda sudah jujur dan mengakui bahwa anda BODOH......., pantas aja komen-komennya tidak bermutu....,
sorry ya kalu tersinggung.....
hamba Allah
Reply| 10 Jan 2014 11:17:22
Saudaraku Ismed, admin ini memang dibuat oleh orang-orang aneh dan pengecut sehingga tidak heran kalau tulisan dan komen-komennya juga aneh-aneh, coba perhatikan saja nama-nama mereka :
1. M TipuM : sesui dengan namanya orang ini pasti pakar penipu sehingga mentasbihkan namanya dengan itu, jadi komen-komennya pasti berisi tipu-tipu semua....
2. islamquranhadist : orang ini tipe pengecut banci dan munafik; komen-komennya menghina dan menghujat Islam tapi dengan gagah dia memakai nama islamquranhadist...
3. ibaskoruptorparah : orang ini pasti koruptor atau paling tidak dio ingin jadi koruptor, ingat nama adalah do'a....
4. mhd6060lo : orang ini pasti pekerjaan sebagai GIGOLO, atau paling tidak dia ingin menjadi GIGOLO... he..he...
jadi sudaraku Ismed, tidak usah terlalu dipusingkan komen-komen mereka, biarlah mereka dengan KETAKBURAN dan KEBODOHANNYA, karena kita yakin bahwa setiap yang bernyawa pasti akan mati..., dan setiap manusia yang mati pasti akan diminta pertanggungjawabannya di hadapan ALLAH kelak.
wallahualam bi sawab......
Wassalam.......
surya
Reply| 09 Jan 2014 17:13:30
aku mau tanya, klu tuhan yesus orng kristiani itu matinya disalib, makanya kalung yang mereka pakai salib iyakan…..??? tapi klu matinya pakai kursi LISTRIK berarti kalung nay kursi listrik juga ya……….
surya
Reply| 09 Jan 2014 17:09:29
Aku mau tanya, klu tuhan Yesus orang kristiani itu matinya disalib, makanya kalung yang mereka pakai salib iyakan.....??? tapi klu matinya pakai kursi LISTRIK berarti kalung nay kursi listrik juga ya..........
surya
Reply| 09 Jan 2014 17:02:59
Di sini disuruh komen dengan sopan, tapi yang penganut Kristen masih saja menghina agama Islam, itu kan anjing namanya tu.....
mhd6160lo
Reply| 07 Jan 2014 14:24:14
@achmad anwar
Banyak referensi Islam yang dicantumkan disini tetapi lemah dan tidak memiliki dasar yang kuat.
===============================
hadist bukhari jadi referensi yang lemah kalau untuk kepentingan Islam, tunjukkan mana yang lemah

Ketika saya mempelajari satu bahasan dalam Islam saya harus mempelajari bahasan yang lain. Maha suci Allah. Semoga hidayah datang pada anda.
===========================
padahal di alquran sudah terperinci, jelas dan tidak ada keraguan
achmadanwar
Reply| 04 Jan 2014 00:45:19
Saya percaya rasul-rasul dan nabi-nabi sebelum muhammad SAW termasuk Isa As sebagai Rasul, bukan sebagai Tuhan. Saya juga percaya kitab-kitab terdahulu sebelum al quran termasuk Injil, tapi bukan injil yang sekarang karena isinya sudah dirubah. Melihat tulisan-tulisan anda saya jadi sadar ternyata tabiat orang-orang yang mengubah makna atau isi tulisan seperti yang terjadi pada kitab injil benar adanya. Banyak referensi Islam yang dicantumkan disini tetapi lemah dan tidak memiliki dasar yang kuat.
Ketika saya mempelajari satu bahasan dalam Islam saya harus mempelajari bahasan yang lain. Maha suci Allah. Semoga hidayah datang pada anda.
Ismed
Reply| 02 Jan 2014 16:24:26
Aneh, mengapa wacana siapa yang lebih mulia, kelahiran siapa yang pantas dirayakan harus diangkat dan diperdebatkan? Pentingkah? Betapa kekanak-kanakannya ide wacana ini. Sama seperti pertanyaan anak saya, "Superman lawan Batman siapa yang menang?". Bukankah yang esensi adalah ajaran yang disampaikan? Ajaran yang mengingatkan manusia akan Tuhannya yang Satu. Perkara silang pendapat dalam intern agama itu sendiri biarlah menjadi urusan para cendekia dan pemimpin umat, untuk apa "kepo" ke dalam sana?
M TipuM
Reply| 01 Jan 2014 11:17:16
NATAL SIAPA YANG HARUS DIRAYAKAN: NATAL YESUS ATAU MUHAMMAD?
Pertanyaan ini harus dijawab dari dasarnya, yaitu:
APA ADA DASAR BAGI NATAL MUHAMMAD?
Apa ada malaikat, alam, allah, sorga, nabi, orang tua, TANDA, saksi mata gembala, dll
yang mencatat dan merayakan Natalnya Muhammad?

Dan apa ada hal yang sama utk Yesus?
ITU SAJA! JANGAN KENA TIPU LAGI!
islamquranhadist
Reply| 31 Dec 2013 13:33:26
sahmi
on December 30, 2013 at 12:28 pm said:

pelajarilah ilmu tatanan bahasa Arab yang baik dan benar, pelajari ilmu sastranya, ma’ani badi’ dan bayan yang mencakup ilmu bilaghah harus benar-benar matang, baru anda bisa merasakan kemukjizatan Al-qur’an.
-----------------------------------------------------------------

Maksunya dapat mukjizat ngga bakalan disesatkan ALLOW SWT sang penyesat, penipu ulung, khairul makarin itu ???!!!!!

Seperti anda yang tidak mungkin disesatkan oleh ALLOW SWT????!!!!

Itu referensi ayat ayatnya lengkap, kok ngga ada bahas agar anda lebih memahami mukjizat al quran???!!!!
ibaskoruptorparah
Reply| 31 Dec 2013 12:46:40
masih percaya anda dengan allah swt karangan muhammad ajabnya dari laknatnya dari mulai lahirnya agama ini sampai sekarang tidak terbukti mau tau ajzabnya pada bangsa yahudi lihat quran mereka (allah swt) melaknat yahudi dan israel menjadi monyet tapi apa yang terjadi bangsa itu makin kuat dan jaya beda dengan pengikut yang melaknat makin kurus, miskin dan makin barbarian juga kebencian model anda habib rijeik
ibaskoruptorparah
Reply| 31 Dec 2013 12:44:36
mukjijat alquran : ustazd patahana, ustazd hilmi amindin, ustazd Lutfi hasan ishak, ustazd roma irama, ustazd jaenudin mz....korupsi pustun pustunan, mukjijat quran : amroji, imam samudra, pemboman lainnya, cikesik, shiah, ahmadiayah dan lainnya....mukjijat quran korupsi dan kebiadaban juga menawini anak anak kecil dimana baiknya islam?????

Hnya kemunafikan yang anda jual disisi lain anda mengatakan islam damai lihat ditimur tengah lebih suma cumlaude islamnya dari anda, lihat di jajirah arab lebih kredibel islamnya dari anda malah barbarian dimana bainya islam anda bilang indonesia, idonesia adalah salah satu islam yang di perlihatkan sebagai hasil dari berbagai culture dilebur dalam islam sehinga tidak menjalankan islam sebagaimana aslinya lihat aja alquran 199 ayat perang, penistaan, pembunuhan dan cenderung untuk anarkhis , belum lagi ayat hujatan dan ayat merendahkan orang lain juga wanita.

Dibela dari manapun juga islam pastilah salah, islam pastilah barbarian dan islam patilah korupsnya karna allah swt sendiri minta hasil jarahan dari harta rampasan makanya muslim cenderung korups anda saksikan dinegara mana islam berada yang tidak korups????
Fetching more Comments...
↑ Back to Top