Bagaimana Jika Quran Itu Bukan Wahyu Tuhan?

Orang-orang Muslim mengklaim dan sangat meyakini bahwa: Al Qur'an adalah kitab suci umat Islam yang diwahyukan Allah kepada Nabi Muhammad melalui perantaraan malaikat Jibril. Diturunkan dalam bahasa Arab yang jelas, Al-Quran adalah kitab yang paling unik dalam arti kata tidak ada contoh serupa yang pernah ada di dunia. Ia dianggap mencakup segala kebaikan, dan memberi petunjuk kepada jalan yang paling lurus, serta mencakup semua hal yang akan membahagiakan dan menyelamatkan manusia dari kegelapan, menuju cahaya.

 

Allah berfirman: "(Ini adalah) Kitab yang Kami turunkan kepadamu supaya kamu mengeluarkan manusia dari gelap gulita kepada cahaya terang benderang dengan izin Tuhan mereka, (yaitu) menuju jalan Tuhan Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji" (Ibrahim: 1). Kitab ini akan terus menjadi “mukjizat” dari segi keindahan bahasa, syariat, ilmu pengetahuan, sejarah dan lain sebagainya. Sampai Allah mengambil kembali bumi dan yang ada di dalamnya, tidak akan terdapat sedikit pun penyelewengan dan perobahan terhadapnya, sebagai bukti akan kebenaran firman Allah: 

"Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Alquran, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya". (Al-Hijr: 9)

"(Inilah) suatu kitab yang ayat-ayatnya disusun dengan rapi serta dijelaskan secara terperinci yang diturunkan dari sisi (Allah) yang Maha Bijaksana lagi Maha Tahu" (Huud: 1).

Dilain pihak, walau ditegaskan bahwa wahyu diturunkan dalam bahasa Arab yang jelas dan terang agar orang-orang dapat memahaminya (Qs.26:195, 16:103, 12:2 dll), namun ternyata Allah tidak persis menepati janjiNya seperti yang manusia pahami. Ada banyak kata-kata Al-Quran dimana Muhammad dan umat Islam tidak bisa mengklaim itu adalah berasal dari bahasa Arab, seperti Alif, Laam, Miim, Thaa, Sin, Kaaf, Haa, Yaa dan sebagainya yang tak diketahui apa artinya dan untuk apa ia diturunkan!

Juga kata:

Firdaus (Persia),

Adam (Accadia),

Tabut (Abessynia),

Zakat (Syria),

Injil (berasal dari kata “euanggelion” Yunani) dll.

Lihat pula susunan Al-Qur’an, bab per bab (disebut Surat) yang terlihat sangat acak, tidak kronologis bahkan sepertinya anti-kronologi. Sulit ditemukan tema inti dari setiap suratnya karena terserak ayat-ayatnya sehingga harus dirangkai-rangkai secara tidak lurus oleh tiap-tiap ahli yang menghasilkan pelbagai versi tafsiran yang tidak sinkron.

Sebagai contoh, apa yang dapat Anda simpulkan tentang diri Muhammad, atau Jibril, atau Isa, atau Isra’-mi’raj, atau salat 3 atau 4 waktu sehari, (karena tak ada indikasi 5 waktu disitu)? Jikalau Anda hanya bersandar pada Al-Quran saja, anda tidak akan menemukan kejelasan yang terang seperti yang Al-Quran janjikan. Malahan ada banyak pengertian dan ayat-ayat kabur yang diakui oleh para teolog Islam sendiri, dan ini mereka sebut sebagai ayat-ayat mutasyabih.

Banyak ayat tersusun secara melompat-lompat tanpa transisi, dan berulang dengan ayat yang sama atau mirip di surat lainnya. Juga ada sangat banyak disharmoni dan inkonsistensi secara intrinsik sesama ayat sehingga sulit dicernakan.

 


136 comments Add a Comment
kosaki
Reply| 05 Feb 2014 11:37:04
@rifan:
Anda belum pernah membuat suatu penulisan karya ilmiah ya?? Bisa tidak membedakan antara plagiat dan kutipan? Malah anda keliatan bodoh loh....

Mari ambil contoh dalam Markus 15:28 Dan digenapilah kitab suci yang mengatakan, “Dan Dia terhitung bersama orang-orang durhaka.” Dalam kutipan ayat ini sudah jelas bahwa penulis menunjukkan dengan mengutip ayat pada kitab para nabi yang telah ada, dan dia tidak mengklaim bahwa ayat itu adalah murni hasil karyanya, jadi ini bukan plagiat!!!

Saya kasih definisi plagiat ya! Plagiat adalah pengambilan karangan (pendapat dsb) orang lain dan menjadikannya seolah-olah karangan (pendapat dsb) sendiri, msl menerbitkan karya tulis orang lain atas nama dirinya sendiri; jiplakan (http://artikata.com/arti-345419-plagiat.html)

Nah sudah keliatan kan kesalahan pikir anda? Ok sekarang balik kepada topik utama sesuai artikel di atas....MANA TANGGAPANMU??? KOK MALAH OOT KE ALKITAB?
rifan
Reply| 05 Feb 2014 06:31:23
FAKTA & DATA: BIBEL ADALAH KITAB PLAGIAT

Sejatinya serangan teologis penginjil terhadap Nabi Muhammad itu adalah upaya menutupi kelemahan Bibel yang penuh dengan tradisi plagiarisme. Inilah fakta-fakta ini yang tak dapat dipungkiri bahwa jiplak-menjiplak ayat adalah tradisi Bibel:

1. Perjanjian Lama diplagiat Perjanjian Lama, misalnya: kitab II Raja-raja pasal 19:1-3 seluruhnya menduplikasi kitab Yesaya pasal 37:1-3.

2. Perjanjian Baru memplagiat Perjanjian Lama, misalnya Injil Markus 15: 28. Ayat ini dinyatakan sebagai ayat palsu oleh Lembaga Biblika Indonesia dengan komentar singkat: “Ayat ini tidak asli, hanya kutipan dari Yesaya 53:12.”

3. Perjanjian Baru memplagiat Perjanjian Baru, misalnya: Injil Matius 17: 21. Ayat ini dinyatakan sebagai ayat palsu oleh Lembaga Biblika Indonesia dengan komentar singkat: “Ayat ini agaknya tidak asli dalam Matius tetapi diambil dari Markus 9: 29.”

Dengan data-data ini, seharusnya para penginjil berani berkomentar pedas: “Penulis Bibel beruntung karena pada waktu itu undang-undang hak cipta belum diberlakukan. Terbukti Bibel tidak lain tidak bukan hanyalah sebuah kitab plagiat!”
mualaf
Reply| 24 Jan 2014 18:04:10
Yang bisa ngerti itu hanya orang Islam saja, bahkan orang Islam yang munafikpun bisa salah-salah ngertiin maksud dari Al-Quran tersebut, karena mereka tau perintah Islam namun mereka enggan mempraktekkannya.
Sedangkan orang yang niatnya untuk memfitnah Al-Qur'an dia hanya mengartikan sesuai nafsu kebenciaannya terhadap Islam.
Jd Al-Qur'an itu para (mas Pendeta atau mas Rahib atau mas uskup) ngebacanya tergantung niat di hati. kalau hatinya penuh kedengkian bukan mencari kebenaran ya bakalan sesatlah kalian. Karna syetan pastinya ga bakal biarin mas-mas sekalian jalan di jalan yang benar. Mereka lebih suka mas-mas skalian menyembah berhala yang berbentuk Nabi Allah Isa as (Isa almasih).

Allah memberi petunjuk kepada siapapun yang Ia kehendaki dan Menyesatkan siapa yang dikehendakiNya.

Jadi segala sesuatu itu tergantung pada niatnya :D
islamquranhadist
Reply| 24 Jan 2014 16:41:24
laode ahmar
on January 24, 2014 at 12:35 am said:
Nabi Isya (Jesus)
----------------------------------

Yang satu orang arab yang satu lagi orang yahudi
Yang satu lahir dibawah pohon kurma yang satu lahir di kandang domba
Yang satu lahir tengah hari siang bolong yang satu lahir dimalam sunyi gelap gulita
Yang satu lahir entah kapan dan entah dimana yang satu lahir tercatat dalam sejarah
Yang satu cuma KIBULAN SEMATA yang satu terbukti dengan FAKTA

Kok bisa ya????!!!!

Ya bisalah, bandot tua yang mengawini anak anak aja dikarang sebagai suri teladan sempurna... padahal ANJING pun tidak mengawini anak anjing!!!!

Masa sih????!!!!

Ya iyalah, namanya juga AJARAN IBLIS, AGAMA IBLIS, SEMBAHANNYA sama karakter dengan IBLIS

Buktinya???!!!!
Allow swt Penyesat
Sendiri
QS 04 : 143
QS 04 : 88
QS 05 : 41
QS 06 : 39
QS 07 : 178
QS 13 : 27
QS 14 : 4
QS 16 : 93
QS 18 : 17
QS 30 : 29
QS 35 : 8
QS 39 : 23
QS 39 : 36
QS 40: 74
QS 40 : 34
QS 42 : 44
QS 42 :46
QS 45 : 23
QS 47 : 1
QS 74 : 31
Berbagi tugas dengan setan setan
QS 04 : 118
QS 15 : 39.
QS 38 : 82
Mengutus setan setan
QS 19 : 83.
QS 43 : 36
Pemimpin setan setan
QS 21 : 82

Allow swt PENIPU ULUNG Huwallahu khoirul maaqirin
QS 3 : 54
QS 8 : 30
QS 4 : 142
QS 10 : 21
QS 27 : 50
QS 43 : 79
QS 86 : 16

Allow pembohong
QS 42 : 51
QS 2 : 259

Allow Pembuat kacau
QS 6 : 123

Alow sadis
QS 9 : 5
QS 8 : 12
QS 4 : 89
Caleg Malaikat
Reply| 24 Jan 2014 13:12:07
Siapa bilang Yesus menyesali keadaan umatnya? Justru Yesus bilang Akulah gembala yang baik.
Wuah, kamu lagi ngomongi Yesus atau Isa nih? Yesus tidak punya cita-cita jadi Islam, berbeda dengan Isa.

M A S A L A H N Y A adalah
1. Ternyata quran menggunakan kata-kata selain bahasa arab.
2. Susunan quran amburadul dan anti kronologi, tidak ada tema inti pada setiap surat
3. Ayatnya tersusun melompat-lompat tanpa transisi

bagiamana kamu menanggapinya?
jangan alihkan pembicaraan ke Kristen, kita lagi membicarakan Islam, slimers, Muhammad dan Quran...
laode ahmar
Reply| 24 Jan 2014 08:35:13
Nabi Isya (Jesus) menyesali keadaan ummatnya yang bagaikan gembala kehilangan tuannya. Dia bangkit kemudian ingin menjadi ummat Muhammad.. tapi Allah tidak mengizinkan... sesatnya ummat Jesus setelah kematiannya..
laode ahmar
Reply| 24 Jan 2014 08:32:20
Smoga Kita semua selalu berada di jalan yang lurus, hanya orang bodoh yang mempertuhankan manusia, karena manusia adalah makhluk yang diliputi kekurangan. Nabi dan Rasul adalah manusia biasa, tak luput dari dosa dan khilaf.. jadi naif sekali manusia yang mempertuhankan manusia.. dan Al qur'an adalah mu'jizat Muhammad yang menjelaskan kejadian masa lalu dan masa yang akan datang..
Si momad69Aisha
Reply| 23 Jan 2014 08:01:23
@ hamba ollo ollo

Sehubungan dgn belum di realized-nya komen saya oleh admin, maka saat ini aku copaskan kembali untuk anda bro.


Si momad69Aisha on January 21, 2014 at 1:20 pm said:
Your comment is awaiting moderation.


@ hamba ollo ollo

Anda terlihat santun sekali bro, pakai kata maaf segala, emangnya anda berbuat salah apa? Sampai-sampai anda harus minta maaf segala?

Untuk mengerti contoh nyata yang bersifat perintah oleh Muhamad, kita harus mengeri suatu hadist orang Islam. Hadis-hadis memegang posisi tinggi dalam Islam Sunni. Islam Sunni memegang enam kumpulan Hadist sebagai tulisan yang paling berwenang dalam Islam setelah Al Qur’an. Urutan PERTAMA adalah Sahih al-Bukhari, yang berisi 7,275 Hadits. Dan urutan KEDUANYA adalah Hadist Sahih Muslim, yg berisi 7.190 hadist oleh Imam Islam.

Kalau anda tetap dgn pendirian anda bahwa apa yg saya kemukakan pada postingan di atas, perihal perbuatan-perbuatan Muhammad yg keji sbgmn direferensikan, baik Hadist Bukhari maupun Hadist Sahih Muslim, adalah palsu. Jadi menurut anda harus menggunakan hadis apa, tolong dong anda referensikan disini, supaya kita bisa bersama-sama mempelajarinya, bro!

Kalau menurut saya sih, kedua kumpulan hadist tsb. adalah yg paling otentik dan dipercaya benar isinya oleh imam-imam tinggi islam. Jadi apakah anda mau bilang bahwasanya andalah yg lebih otentik dari imam-imam tinggi islam tsb.?

Saya tunggu ya ke-otentik-kan diri anda dgn mengemukakan referensi hadis-hadis yg benar dan tidak palsu menurut anda!

Salam dan terima kasih
Si momad69Aisha
Reply| 22 Jan 2014 16:37:57
@ Ocin

Sanggahannya mana bro?
Ini adalah forum diskusi ttg islam, silahkan kemukakan argumenmu ttg islam!
Bukannya hanya bisa omong: ... Kebacok nyaho ente...

Kalau anda punya pandangan yg menurut anda benar kemukakan saja, disinilah forumnya untuk anda mengemukakan pendapat anda, yg tentunya didukung dgn referensi-referensi sahih dan bukti-bukti otentik. Bukannya GUSAR seperti anda.

Postinganmu ini se-spirit dgn saudara kita yg berikut ini:

hambaAlloh on January 18, 2014 at 12:20 am said:


Yang nulis blok ini….secepatnya akan mati…ingat kamu diberi kebebasan oleh warga mayoritas, kamu sebagai penganut agama minoritas klo gak menghormati bisa putus kepalamu!!!

Silahkan baca postinganku untuk bro Caleg Malaikat berikut ini, untuk menambah wawasanmu supaya lebih luas:
http://bacabacaquran.com/2013/06/12/ayat-konyol-quran-bagaimana-dia-mempunyai-anak-padahal-dia-tidak-mempunyai-isteri/comment-page-2/#comment-16907

Salam
Ocin
Reply| 22 Jan 2014 03:44:49
si momad suka ngajak berdebat mulu nih ? hari gini nyari duit di banyakin. Persaudaraan di banggain, jangan kayak preman tanah abang mampir ke gereja, dapat Ilham ngajak ribut islam mulu. Kebacok nyaho ente. Udah pada tua tua, jangan pada belagu ceramah agama, yang salah biar salah sendiri, yang benar biar apa kata benar sendiri. jangan senggol bacok, dikit kesinggung terus aja pada ngebacot. Diaaammm pada semua. mending sana pada belanja makanan, terus belajar ekonomi dan bumi. Jangan Tuhan mulu di bahas, entar kalian mati juga bisa di lanjutin berantemnya di alam neraka
mhd6il4
Reply| 22 Jan 2014 01:05:24
Bagaimana Jika Quran Itu Bukan Wahyu Tuhan?

QUOTE
Hambba Allah
on January 21, 2014 at 11:38 am said:
@ islamquranhadist

4 L = Lu Lagi Lu Lagi

Ga Level…..

----------------------------------------------

Para netters yang budiman, kebayang ngga sih ulasan yang di artikel dengan apa yang saya quotekan?

Coba kamu baca artikel di situs ini
http://bacabacaquran.com/2013/06/21/apakah-guruh-itu-malaikat/

http://bacabacaquran.com/2012/08/06/petir-adalah-malaikat/

Saya, sebagaimana manusia normal lainnya yang bisa menggunakan OTAK untuk berpikir mengatakan bahwa petir itu bukan suara malaikat!!!!!

Tapi karena ALLOW SWT yang berwahyu, maka HAMBA ALLOW PASTI YAKIN, ALLOW SWT YANG MAHA TAHU itu sudah mengatakan dan menuliskannya di lauh mahfudzh antah berantah bahwa petir adalah suara malaikat.

Menurut si HAMBA ALLLOW, pastilah HUJAN itu KENCING MALAIKAT!!!!!!!

Yang ngga setuju, ngga selevel sama HAMBA ALLOW, karena ALLOWNYA TOLOL!!!!!
Dan HAMBA ALLOW OTOMATIS SUPER JENIUS ALA ISLAM!!!!!!!!!!

http://www.kamusbesar.com/41477/tolol
Tolol adjektiva (a)
sangat bodoh; bebal (adjektiva)

Jadi IDIOM SUPER JENIUS ALA ISLAM adalah orang yang sangat bodoh, bebal... dah tahu petir adalah fenomena alam yang disebabkan perbedaan muatan positif dan negatif pada awan, masih juga percaya sama wahyu ALLOW TOLOL yang mengatakan petir adalah suara malaikat.

INGAT, itu bukan hinaan, itu kenyataan!!!!
mhd6il4
Reply| 22 Jan 2014 00:18:41
Hambba Allah
on January 21, 2014 at 11:38 am said:
@ islamquranhadist

4 L = Lu Lagi Lu Lagi

Ga Level…..
-----------------------------------------

Yoi.... levelku kan peternak madu yang tahu lebah makan nehtar bunga....
Yoi.... levelku anak SD yang tahu kalau petir itu bukan suara malaikat....

Kamu kan SUPER JENIUS ALA ISLAM, dah tahu baca tulis dan main internetan, dah lebih pinter dari si cabul buta huruf SAW, apalagi dari ALLOW SWT ciptaannya yang bilang lebah makan buah buahan.... petir suara malaikat!!!!!

Ya wajar toh...... suri teladannya BUTA HURUF, pasti pengikutnya dah bisa baca tulis dah SUPER HEBAT, apalagi dah bisa internetan..... pasti lebih pinter dari SI PENIPU ULUNG, SANG PENYESAT, KHAIRUL MAKARIN...

Iya kan?

Kalau itu sih ngga ada di hadist, adanya di AL QURAN.... KITAB IBLIS!!!!!

Ups... IBLIS kan saudaraan sama kamu, sama sama agama islam!!!!
Yang sembahannya RAJA SETAN itu.

Pantes ngga level sama peternak lebah dan anak SD!!!!
Caleg Malaikat
Reply| 21 Jan 2014 20:28:26
maklum bro, mereka semua membaca sambil ngeyel.
Hambba Allah
Reply| 21 Jan 2014 19:38:22
@ islamquranhadist

4 L = Lu Lagi Lu Lagi

Ga Level.....
Hambba Allah
Reply| 21 Jan 2014 19:34:51
@ Si momad69Aisha

Maaf ya, Kalau anda percaya/yakin dengan Hadits-Hadits yag anda sebutkan itu Sahih silahkan saja, saya juga tak akan memaksa anda untuk harus percaya atau tidak percaya terhadap Hadits tersebut.

Karena untu mengetahui Hadits Asli atau Palsu itu sangat Sulit karena kita Harus mempelajari "Ulumul Hadist" yaitu Ilmu Pengetahuan tentang rawi (periwayat) dan marwi (materi yang diriwayatkan)
Atau "Ilmu Musthalah hadits" yaitu ilmu tentang dasar dan kaidah yang dengannya dapat diketahui keadaan sanad dan matan dari segi diterima dan ditoleknya.

sekian dulu penjelasan dari saya
terima kasih.
mhd6160lo
Reply| 21 Jan 2014 16:52:01
APA NGGAK ADA LAGI MUSLIM YANG MENGERTI POSTINGAN ADMIN ?
YANG DIBAHAS WAHYU ALLOH YANG DIJAWAB MENGAMPUNI , WELEH WELEH.. PUSING....PUSING
Caleg Malaikat
Reply| 21 Jan 2014 14:44:09
Narasinya salah.

NARASI 1.
Dialog antara Sang Bapa dan Sang Anak sesudah manusia jatuh dalam dosa.
"Manusia telah memberontak kepadaKu. Mereka akan mati selamanya." Sabda Bapa.
"Bapa, tidak adakah cara untuk menyelamatkan mereka?" Tanya Sang Anak.
"Melawan ketetapan Kita akibatnya adalah kematian mereka anakKu."
"Bapa, tapi mereka ciptaan yg serupa dengan peta dan gambar Kita, masakan Kita tidak akan melakukan sesuatu untuk ciptaan Kita yg paling berharga ini." Lanjut Sang Anak "Aku akan menyelamatkan mereka."
"Tidak AnakKu. Kau yg Sangat Kukasihi."
"Bapa, hanya ini satu-satunya cara. Aku akan turun, menjadi salah satu dari mereka dengan tubuh yg bisa mati, Aku akan menyatakan Kau dan ketetapan-ketetapanMu pada mereka, dan Aku akan mengambil siksaan paling mengerikan bagi mereka, dan menunjukkan kepada mereka bahwa Aku akan mengalahkan sifat yg paling lemah dari mereka yaitu kematian dengan kebangkitanKu. Sesudah itu, Aku akan kembali lagi kesini bersamaMu membawa seluruh rampasanKu dari Kematian." Tegas Sang Anak dengan penuh kekuasaan.

NARASI 2.
"Sialan, Dia menciptakan Manusia. Dia memanggilnya sebagai ciptaan termulia. Dia menganggap aku apa. Bukankah aku ciptaaNya yg paling indah? Kurang apalagi segala pujian dan sembahku padaNya?" Seorang malaikat bergumam.

"LUCIFER! Beraninya kamu!" Elohim murka setelah membaca kehendak malaikatnya. "Mulai sekarang kamu tidak layak berada dalam kerajaan ini. Kamu dan pengikut2mu akan dibuang ke Bumi, ke dalam kerajaan fana dan kematian."

Demikian malaikat pemberontak dibuang ke Bumi.

NARASI 3.
Di sebuah gua malaikat yg dibuang karena memberontak kepada Tuhan bertemù sesorang.
"Ah, ini dia rang yg aku cari-cari selama ini. Baguslah dia buta huruf dan tidak bisa membaca. Cocok sekali untuk misiku yg besar. Melalui dia aku akan merampas semua yg sudah diambilNya dari padaku. Aku akan berjaya kembali. Aku akan berpura2 menjadi malaikat terang."

NARASI 4.
"Usahamu tidak akan berguna setan. Sengat mautmu telah aku kalahkan. Mereka yg percaya pada Anak Manusia tetap akan selamat. Dan banyak dari org yg tertipu darimu dan dari org yg buta huruf dan tidak bisa membaca itu akan selamat juga karena akhirnya mereka melihat kebenaran yg engkau putarbalikkan."
Si momad69Aisha
Reply| 21 Jan 2014 00:14:13
@ hamba ollo ollo

Nah ini dia, gaya taqiyya slimer antique, yg sudah harus dimuseumkan. Pantesan saja banyak saudara-saudara muslim kita menjadi tersesat oleh ulah orang-orang model anda ini, hamba ollo ollo. Anda ini, hamba ollo ollo tak ubahnya seorang PENIPU seperti panutanmu, Muhammad SAW.
Anda itu seorang muslim, masa harus saya yg menerangkan untuk anda, malu dong! Apa manfaatnya anda menipu saya, hanya sekedar untuk menutupi borok nabimu.
Bagi umat Islam Sunni, tulisan yang terpenting dan paling berwenang dalam agama setelah Qur’an yaitu kumpulan enam Hadist, yang isinya adalah rekaman atau salinan perkataan dan tindakan dari Muhamad. Bentuk ini merupakan dasar dari Syariat, atau hukum Islam.
Sahih Bukhari & Sahih Muslim yg saya referensikan di postingan sebelumnya ttg kekejian Nabi/Rosul, adalah kumpulan yang berwenang (otentik/sahih) pertama & kedua. Masing-masing Sahih berisi Bukhari 7,275 Hadits & Sahih Muslim 7.190 hadist.

Jadi apa yg anda maksudkan dgn perkataan anda menyelewengan Hadits atau hadis-hadis palsu itu? Sembarangan omong saja anda itu.

Anda jangan mencoba menipu saya, karena akan percuma saja!
LENTERA RUHANI
Reply| 20 Jan 2014 22:05:50
Sebenarnya ajarannya yesus tu taurat apa injil?
LENTERA RUHANI
Reply| 20 Jan 2014 21:58:33
"Penjahat, Aku akan mengampuni kalian, tapi tetap harus ada yang dihukum nih untuk gantiin dosa2 kalian" Kata Bapa. "Malaikat tlg bawa anakku si Yesus kesini". Dengan tergopoh gopoh malaikat membawa si yesus ke hadapan bapa.
Bapapun bersabda: "Yesus anakku, dengan sangat menyesal Aku harus mengorbankan kamu nak, kamu aku salib untuk gantiin dosa2 penjahat ni ya?"
"Apa ga ada cara lain Pa?"
"Udah Kamu nurut aja, ini [email protected] cara".
Fetching more Comments...
↑ Back to Top