Musik Dilarang Oleh Islam

Mengapa Musik dilarang Islam? Tak ada jawaban langsung dari Allah, kecuali pelbagai tafsir dari pelbagai manusia. Tetapi mari kita baca artikel dibawah ini yang menjelaskan hukum musik dan lagu dalam Islam. Bukhari - Volume 7, Book 69, Number 494v: Diriwayatkan Abu 'Amir or Abu Malik Al-Ash'ari: “Nabi berkata, dari antara pengikut saya akan ada orang yang menganggap zinah, memakai kain sutera dan meminum alkohol dan penggunaan instrumen musik sebagai absah ... Allah akan menghancurkan mereka pada malam hari dan membiarkan gunung menimpa mereka, dan Ia akan mengubah mereka yang tersisa menjadi monyet dan babi, dan mereka akan seterusnya begitu sampai Hari Kiamat”. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam telah bersabda: "Akan muncul di kalangan umatku nanti beberapa kaum yang menghalalkan zina, sutera, khamr dan alat-alat musik". (Shahih Al-Bukhari no 5590, Musnad Imam Ahmad V/342, Sunan Abu Daud no. 3688, Sunan Ibnu Majah no. 4036).

PANDANGAN AL QUR'AN DAN AS SUNNAH: Allah Ta'ala berfirman: "Dan di antara manusia (ada) yang mempergunakan lahwul hadits untuk menyesatkan (manusia) dari jalan Allah tanpa pengetahuan dan menjadikan jalan Allah itu bahan olok-olokan." (Luqman: 6) Sebagian besar mufassir berkomentar, yang dimaksud dengan lahwul hadits dalam ayat tersebut adalah nyanyian. Hasan Al Basri berkata, ayat itu turun dalam masalah musik dan lagu. Allah berfirman kepada setan: "Dan hasunglah siapa yang kamu sanggupi di antara mereka dengan suaramu." Maksudnya dengan lagu (nyanyian) dan musik. Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam telah bersabda: "Kelak akan ada dari umatku beberapa kaum yang menghalalkan zina, sutera, minuman keras dan musik." (HR. Bukhari dan Abu Daud) Dengan kata lain, akan datang suatu masa di mana beberapa golongan dari umat Islam mempercayai bahwa zina, memakai sutera asli, minum-minuman keras dan musik hukumnya halal, padahal semua itu adalah haram. Adapun yang dimaksud dengan musik di sini adalah segala sesuatu yang menghasilkan bunyi dan suara yang indah serta menyenangkan. Seperti kecapi, gendang, rebana, seruling, serta berbagai alat musik modern yang kini sangat banyak dan beragam. Bahkan termasuk di dalamnya jaros (lonceng, bel, klentengan). "Lonceng adalah nyanyian setan." (HR. Muslim) Padahal di masa dahulu mereka hanya mengalungkan klentengan pada leher binatang. Hadits di atas menunjukkan betapa dibencinya suara bel tersebut. Penggunaan lonceng juga berarti menyerupai orang-orang Nasrani, di mana lonceng bagi mereka merupakan suatu yang prinsip dalam aktivitas gereja. Imam Syafi'i dalam kitabnya Al Qadha' berkata: "Nyanyian adalah kesia-siaan yang dibenci, bahkan menyerupai perkara batil. Barangsiapa memperbanyak nyanyian maka dia adalah orang dungu, syahadat (kesaksiannya) tidak dapat diterima." Akan tetapi Imam Syafi’I tidak berani menjawab kenapa Allah begitu bencinya akan music dan nyanyian sehingga hukumannya begitu dahsyat? Allah melaknat mereka dengan menghancurkan, menimpakannya dengan gunung, dan menjadikan mereka monyet dan babi hingga selamanya?! Kiat Mengobati Virus Nyanyian dan Musik

Mersedeh Kia adalah seseorang dari segelintir wanita di Iran yang mengajar menari sambil mencoba mematuhi batasan yg ditetapkan pemerintah. Untuk menghindari amarah polisi moral, tariannya disebut sbg 'GERAKAN HARMONIS'. Di antara beberapa langkah yang dianjurkan adalah:Jauhilah dari mendengarnya baik dari radio, televisi atau lainnya, apalagi jika berupa lagu-lagu yang tak sesuai dengan nilai-nilai akhlak dan diiringi dengan musik. Di antara lawan paling jitu untuk menangkal ketergantungan kepada musik adalah dengan selalu mengingat Allah dan membaca Al Qur'an, terutama surat Al Baqarah. Dalam hal ini Allah Ta'ala telah berfirman: "Sesungguhnya setan itu lari dari rumah yang di dalamnya dibaca surat Al Baqarah" (HR. Muslim)… KOMENTAR AWAM: Nabi berkata, akan ada Muslim yang menganggap zinah, memakai kain sutera dan meminum alkohol dan penggunaan instrumen musik sebagai absah ... Dan Allah akan menghancurkan mereka dan mengubah mereka menjadi monyet dan babi, dan mereka akan seterusnya begitu sampai Hari Kiamat”. Sudahkah ada para Muslim yang memakai sutera dan alat musik itu dihancurkan Allah, dan menjadikannya monyet dan babi-babi? Agaknya tak ada! Padahal seharusnya ada, dan seterusnya mereka menjadi monyet dan babi sampai hari kiamat! Jadi, apakah Allah berdusta? Apa dosanya sutera dan alat musik dimata Allah? Dan apa sangkut-pautnya bunyi lonceng dengan nyanyian-setan? “KENAPA KAU HARAMKAN DAN MELAKNATI MEREKA, YA, ALLAH, tetapi tak Kau sertakan langsung alasannya”? Jangan-jangan Engkau betul adalah Khairul Maakiriin (Penipu Daya Terlicik), yang dasar-hakekatnya hanya senang menimpakan penghancuran dan kematian? Maklumlahnama-Mu juga adalah ad-Dârr (Yang menimpakan kemudharatan) dan al Mumit (Yang mematikan).

[Sumber rujukan: www.Faith Freedom.org].


121 comments Add a Comment
rifai
Reply| 19 Feb 2014 18:50:58
Q bingung, tuhan Yesus disalib , disiksa , jadi itu artinya tuhan dianiaya makhluk, paham? Bukankah tuhan itu penguasa alam, tapi ini kok di siksa makhluk? Gimana mau bolong umatnya?? Logika masih berlaku nie??
Kaoru
Reply| 11 Feb 2014 22:01:51
Semakin jelas kalau AlQuran itu buatan iblis.... Padahal Tuhan itu senang apabila dinaikkan puji-pujian, nyanyian, sorak-sorai, lha ini kok malah didoktrinkan ga boleh musik.... udah gitu di 5 waktu pasang speaker gede-gede terus teriak-teriak ga merdu blasss....
kosaki
Reply| 11 Feb 2014 12:54:56
@rifai:
Maka dari itu anda ni koar-koar bilang Yudas yang disalib tapi tidak bisa menunjukkan buktinya. yang saya maksud dengan bukti itu kalau anda menyatakan bahwa yang disalib adalah Yudas, buktikan dengan perkamen, buku ilmiah, penemuan sejarah, codex, encyclopedia, bukti sejarah, dan materi ilmiah lainnya, bukan hanya dari omonganmu saja, itu bukan bukti tapi klaim! Anda paham gak yang dimaksud dengan debat ilmiah dan argumentasi?

Jangan-jangan otak anda tidak mampu menganalisa hal-hal yang bersifat ilmiah??
rifai
Reply| 11 Feb 2014 11:51:32
Yudas itu bukan Isa, jadi yang disalib jelas bukan Isa tapi Yudas, Tuhan disalib .. Mana ada cerita . . . Berarti mahluk menganiaya tuhannya sendiri ??? Hebat.. Itulah kaum mu haahahahahaha
kosaki
Reply| 10 Feb 2014 16:28:18
@rifai:
Saya gak mikirin Yudas..saya cuma menagih anda untuk menunjukkan sesuai pernyataan anda sebelumnya bahwa Yudas menggantikan Isa untuk disalib...
Atau karena anda tidak mampu membuktikannya maka anda meminta saya untuk tidak memikirkannya? Boleh..tapi anda juga harus secara terbuka mencabut pernyataan anda bahwa klaim Yudas menggantikan Isa untuk disalib adalah salah, dengan demikian klaim para ustad yang menyatakan demikian juga salah..konsekuensinya adalah bahwa Isa benar-benar disalib!! BERANIKAH ANDA??
jadi anda memiliki 2 pilihan:
1. Memberikan bukti referensi otentik atas pernyataan anda
2. mencabut peryataan anda dengan menanggung konsekuensi yang sudah saya paparkan di atas
Jika anda tidak mampu melakukannya maka itu sudah mencerminkan bahwa otak slimer anda tidak mampu untuk diajak diskusi ilmiah...baik ketemu di dunia maya ataupun di dunia nyata tetap mencerminkan otak anda yang gak mampu menelaah dan berpikir ilmiah!!
rifai
Reply| 10 Feb 2014 14:40:49
Hahaha kosaki bodoh, ngapain lu sibuk mikirin Yudas , wong Yudas saja ga mikirin kamu. Bener ga ? Hehehe
islamquranhadist
Reply| 10 Feb 2014 12:50:09
UNTUK PARA SLIMERS SEKALIAN

Daripada kalian menanggapi artikel lari kesana kemari, sruduk sana sini seperti BANDOT TUA yang lagi pengen kawin, mending buat blog sendiri, sebagaimana lazimnya blog slimers lainnya:

etc. MENJAWAB FITNAH .......

Nah, kalau kamu buat blog sendiri, saya titip untuk mengulas tentang

ANJING JANTAN TUA YANG TIDAK MENGAWINI ANAK ANJING dibandingkan dengan
BANDOT TUA YANG MENGAWINI ANAK ANAK.

Nah, silahkan di ulas apakah ANJING JANTAN TUA yang tidak mengawini anak anjing termasuk fitnah atau bukan.

Tx
kosaki
Reply| 10 Feb 2014 12:45:15
@fulan: itu kan penafsiran anda sendiri....yang jelas dalam ayat tersebut di atas tidak ada penjelasan lebih lanjut.
fahlan
Reply| 10 Feb 2014 10:54:58
Saya mengajak kepada semua yang sudah komen...agar bisa menahan diri dan saling menghormati. Oleh karena itu berbahasa yang sopan dan santun...jangan saling menghujat...mau jadi apa negara ini klo rakyatnya saja tidak rukun...dan kepada seluruh saudara saya yang muslim...ingat, bahwa Alquran itu adalah kitab Allah...dan Allah yang akan menjaganya hingga hari akhir...Janji Allah itu PASTI!. perbanyaklah istighfar...
fendi
Reply| 07 Feb 2014 20:20:52
benarkah 10 pertanyaan udah dijawab?jawabnya pake pendapat sendiri ya? atau dari alkitab?
kl dari alkitab kok bertentangan dengan berbagai ayat. .
islamquranhadist
Reply| 07 Feb 2014 13:10:54
SETUJU!!!!!!

Di Al kitab dilarang mencuri, merampok, membunuh, berzinah dan sudah disempurnakan oleh AL QURAN, KITAB IBLIS tersebut!!!!!!!

Di Alkitab juga ngga ada tuh ILMU PENGTAHUAN MUTAHIR yang bilang PETIR adalah SUARA MALAIKAT... dah disempurnakan di AL QURAN!!!!!

Bagi yang bersaudara dengan IBLIS, pastilah milih AL QURAN yang sembahannya SANG PENYESAT, PENIPU ULUNG, KHAIRUL MAKARIN si RAJA SETAN yang karakternya saa dengan IBLIS!!!!
Allow swt Penyesat
Sendiri
QS 04 : 143
QS 04 : 88
QS 05 : 41
QS 06 : 39
QS 07 : 178
QS 13 : 27
QS 14 : 4
QS 16 : 93
QS 18 : 17
QS 30 : 29
QS 35 : 8
QS 39 : 23
QS 39 : 36
QS 40: 74
QS 40 : 34
QS 42 : 44
QS 42 :46
QS 45 : 23
QS 47 : 1
QS 74 : 31
Berbagi tugas dengan setan setan
QS 04 : 118
QS 15 : 39.
QS 38 : 82
Mengutus setan setan
QS 19 : 83.
QS 43 : 36
Pemimpin setan setan
QS 21 : 82
Allow swt PENIPU ULUNG Huwallahu khoirul maaqirin
QS 3 : 54
QS 8 : 30
QS 4 : 142
QS 10 : 21
QS 27 : 50
QS 43 : 79
QS 86 : 16
Allow pembohong
QS 42 : 51
QS 2 : 259
Allow Pembuat kacau
QS 6 : 123
Alow sadis
QS 9 : 5
QS 8 : 12
QS 4 : 89
kosaki
Reply| 07 Feb 2014 12:18:52
@Rifai:
Debat santai di internet di situs ini saja kamu sudah kelabakan kok mau debat nyata??? Jangan OOT Tanggapi saja artikel di atas...
kosaki
Reply| 07 Feb 2014 12:16:41
@Rifai:
Debat ilmiah di sini saja kamu sudah bisa menunjukkan kualitas otakmu itu seperti apa..bertemu secara langsung juga tidak akan meningkatkan kualitas otakmu....orang yang intelektual dan akademis bisa langsung dinilai dari tulisannya...tahukan kamu..apa yang dituangkan dalam perkataan dan tulisa itulah yang keluar dari hati dan pikiran?

Jadi kembali saya tagih MANA BUKTI ARGUMENMU BAHWA YUDAS MENGGANTIKAN ISA? Yudas termaksud orang Israel atau Arab??
kosaki
Reply| 07 Feb 2014 12:10:00
Kalau sudah sempurna mengapa harus ada tafsir dan fatwa???
kosaki
Reply| 07 Feb 2014 12:09:23
Pertanyaan-pertanyaan anda sudah dibahas dan dijawab di situs-situs kekristenan...anda salah kamar kalau melemparkan pertanyaan di situs ini karena situs ini hanya membahas mengenai Islam....jadi bisa dikatakan kalau ada yang kontra dengan ajaran Islam di situs ini maka itu bukan hanya orang Kristen..tapi di sini Islam vs seluruh manusia dan idiologi selain Islam.
jangan mempermalukan diri sendiri..anda akan diketawain oleh orang non Kristen yang sedang debat dengan anda jika anda malah OOT ke topik kekristenan...
kosaki
Reply| 07 Feb 2014 12:05:50
Baca lagi dari teks aslinya...digunakan kata Echad... dan itu artinya beda dengan tauhid...Yesus juga tidak mengajarkan penyembahan kepada Allah swt...jadi amat sangat tidak selaras dengan ajaran Islam!

nah perbaiki dulu pemahamannya tentang Isa dan Yesus ya....
Ahmad Naufal Al-Bimawi
Reply| 07 Feb 2014 00:39:18
alkitab emang tidak pernah salah gan ,, tapi kadaluarsa .. Allah yang menurunkan Al kitab sendiri telah menyempurnakan ke 3 kitab sebelumnya di Dalam Al quranul karim ,, logika sesuatu yang datang belakangan pasti lebih modern dan penyempurnaan yang sebelumnya .. biasanya sih orang pinter milih sesuatu yang sempuna dan modern kan cuy .. atau anda lebih suka dengan sesuatu yang kuno dan belum lengkap ?? :P
Ahmad Naufal Al-Bimawi
Reply| 07 Feb 2014 00:33:47
hukum apakah yang paling utama? Jesus menjawab, Dengarlah hai orang israel, sesungguhnya Tuhan Allah, Tuhan kita itu Esa... (Al-Kitab)
Jesus menjawab Tuhan "kita", logika bahasa sederhana kata ganti "kita" itu bermakna yang bertanya dan yang ditanya adalah termasuk dalam "kita". jadi sudah jelas bahwa jesus bukan tuhan tapi menyembah tuhan yang esa (tunggal). selaras dengan ajaran islam bahwa Alloh SWT itu Esa..
Qul huwallohu ahad : Katakanlah Dialah Alloh yang maha esa (tunggal)...
jadi tauhid nabi isa As. = dan orang islam adalah sama yaitu menyembah tuhan yang esa (tunggal)
Ahmad Naufal Al-Bimawi
Reply| 07 Feb 2014 00:27:57
1. Mana pengakuan Yesus dalam Alkitab bahwa dia beragama Kristen ?
2. Mana ajaran Yesus ketika dia berumur 13 – 29 tahun ?
3. Mana ucapan Yesus dalam Alkitab “Akulah Allah Tuhanmu, maka sembahlah Aku saja” ?
4. Mana dalilnya firman Allah dalam Alkitab “Akulah yang mewahyukan Alkitab, maka Aku pula yang akan menjaganya” ?
5. Mana perintah Yesus dalam Alkitab beribadah hari minggu ?
6. Mana dalil dalam Alkitab Yesus 100% Tuhan & 100% manusia ?
7. Mana dalilnya asal percaya kepada Yesus sebagai Tuhan dan juruselamat dijamin pasti masuk surga ?
8. Mana foto asli wajah Yesus dan siapa pemotretnya ?
9. Mana dalilnya dalam Alkitab Yesus lahir pada tanggal 25 Desember dan perintah merayakan natal ?
10. buktikan siapa yang hafal Alkitab walau satu surat saja ?
Ahmad Naufal Al-Bimawi
Reply| 07 Feb 2014 00:25:53
Musik dan nyanyian dilarang mutlak oleh Islam, orang Kristen saja tau dalilnya,
tidak ada bantahan lagi akal dan prasangka manusia, karena Allah dan rasulullah sendiri yang melarangnya,
alasan simple pertama:
1. Jika selama hidup kaliaan, mana yang sering kalian dengar? Alkitab ataukah Musik dan nanyian?
2. musik dan nyanyian adalah al-quran nya setan.
Al-quran dan musik tidak akan pernah bertemu, jika yang lebih banyak didengar adalah musik maka hati akan meninggalkan al-quran. dan itu adalah sebuah fakta, jika ingin berbuat baik dalam agama, maka agama Islam itu telah sempurna 1400 tahun lalu, rasullah sendiri yang menghtamkan musik, dan jika itu baik, maka sudah pasti diajarkan oleh rasulullah melalui sahabatnya, karena rasulullah tidak akan meninggal sebelum beliau melakukan tugasnya dengan sempurna. wallohualam
Fetching more Comments...
↑ Back to Top