Bumi tidak Berputar

Apakah Quran Tidak Mempunyai Kesalahan (Bagian 2) Oleh: ‘Abdallah ‘Abd al-Fahdi  

Pertanyaan 2: Kita membaca hal berikut ini dalam Quran: “Dia menciptakan langit tanpa tiang yang kamu melihatnya dan Dia meletakkan gunung-gunung (di permukaan) bumi supaya bumi itu tidak menggoyangkan kamu (Sura 31:10)”

 

 

 

 

 

 

 “Dan Dia-lah Tuhan yang membentangkan bumi dan menjadikan gunung-gunung dan sungai-sungai padanya” (Sura 13:3)

 

“Dan Kami telah menghamparkan bumi dan menjadikan padanya gunung-gunung dan Kami tumbuhkan padanya segala sesuatu menurut ukuran” (Sura 15:19)

 

“Dan Dia menancapkan gunung-gunung di bumi supaya bumi itu tidak goncang bersama kamu, (dan Dia menciptakan) sungai-sungai dan jalan-jalan agar kamu mendapat petunjuk” (Sura 16:15) 

 

“Dan telah Kami jadikan di bumi ini gunung-gunung yang kokoh supaya bumi itu (tidak) goncang” (Sura 21:31) 

Al-Baidawi menjelaskan ayat ini dalam Sura al-Ra’d sebagai berikut: “’membentangkan bumi’ berarti bumi dipipihkan melebar dan memanjang sehingga kaki dapat berjejak di atasnya dan binatang-binatang dapat berguling di atasnya”. Ia menjelaskan ayat-ayat ini dalam komentarinya mengenai Sura al-Nahl 16:15 sebagai berikut: “Dan Dia menancapkan gunung-gunung di bumi supaya bumi itu tidak goncang bersama kamu, atau agar bumi tidak miring sehingga kehilangan keseimbangan. Karena sebelum gunung-gunung diciptakan di atasnya, bumi merupakan substansi sederhana yang bobotnya ringan. Bumi mengambang dengan bebas dalam orbit seperti planet-planet, dan akan bergerak maju dengan pergerakan yang sangat kecil. Bumi membentuk dimensi yang beragam ketika gunung-gunung diciptakan di atas permukannya, dan mengumpulkannya, sehingga berfungsi sebagai penahan agar bumi tidak bergerak. Juga dikatakan bahwa ketika Allah menciptakan bumi ini, bumi ini mulai bergerak dan berayun, sehingga malaikat-malaikat berkata, ‘Tidak seorangpun yang dapat beristirahat di permukaannya’. Jadi bumi dibuat tidak bergerak dengan adanya gunung-gunung”. Kami bertanya: Bagaimana bumi dapat dibentangkan, dipipihkan dan tidak bergerak? Bagaimana bisa ada yang mengatakan bahwa gunung-gunung menjaga agar bumi tidak bergerak sedangkan sudah nyata bahwa bumi berputar pada porosnya sekali setiap 24 jam, dan menyebabkan adanya pergantian siang dan malam? Bumi juga berputar mengelilingi matahari sekali setahun, yang mengakibatkan terjadinya perubahan musim.


13 comments Add a Comment
palguna
Reply| 19 Oct 2012 11:38:20
Tam it samanam vaninas ca vrudho-antavatis suvate ca vivaha
Artinya: tumbuh-tumbuhan memancarkan udara vital yang disebut samana (oksigen) secara teratur. Samaveda I824

Ugra ya visa_dhusanih osadhih
Artinya: tumbuhan menghancurkan pengaruh atmosfir yang beracun. Atharvaveda VIII.7.10

Ma po mo sadhir himsih
Artinya : jangan mencemari air dan jangan menebang pohon
Yajurveda 6.22
palguna
Reply| 19 Oct 2012 11:28:19
Saya ingin menyampaikan tambahan sloka yang lain yang bermaksud agar semua saling mengetahui.

Apah rasam udvayasam surye santam samahitam, apah rasasya yo rasah.
Artinya: Intisari yang paling halus yang membentuk air ada di matahari (Hidrogen). Yajurveda IX:3

Dharayanta adityaso jagat stha
Arti: sinar matahari menopang seluruh alam semesta
Regveda II:27:4

Garis edar bulat lonjong yang dilalui oleh benda angkasa adalah kekal dan tidak berubah. Regveda I:164:2

Bentuk bumi adalah seperti ablate spheroid (bulat pepat). Regveda XXXX:4:5

Perputaran bumi tidak berkurang dan bumi terus berputar pada sumbunya. Regveda I:164.29

Matahari mengikat bumi dan planet lainnya melalui daya tarik dan menggerakkan disekitar dirinya bagaikan seorang pelatih memegang kendali kuda dan bergerak mengelilinginya. Regveda X.149.1
yush
Reply| 12 Oct 2012 15:27:36
@, febri
admin jg bkan ahli tafsir, bsakah ktrngan admin dikatakn "sok tau" ??
gusti arjuna
Reply| 08 Sep 2012 03:44:54
Just 4Shared

Bersumber kepada kitab Hindu/Sanatana Dharma, Weda.

Bumi bergerak berrotasi dan bertranslasi.
(Atharvaveda XII.1.37)

Bulan merupakan pengiring (satelit) bagi bumi. Permukaan bulan terdiri atas bebatuan yang dapat memantulkan cahaya matahari, termasuk diantranya ke bumi.
(Yajurveda XVIII.40).

Matahari berputar seperti sebuah roda pada sumbunya.
(Rgveda II,11.20).

Bumi yang berbintik-bintik ini ada dan berputar di langit seperti seorang ibu. Ia berjalan mengelilingi matahari sebagaimana seorang ayah. (Yajurveda III.6)

Jumlah hari dalam satu tahun.
SATURNUS ( SANAISCARA) 10.766 (Veda), 10.754 (Sains modern)
JUPITER (BRHASPATI) 4.332 (Veda), 4.333 (Sains modern)
Mars (Angaraka) 687 (Veda), 687 (Sains modern)
Venus (Sukra) 225 (Veda), 225 (Sains
modern)
Merkuri (Budha) 88 (Veda), 88 (Sains Modern)... see details on Veda

"Weda adalah sumber dari semua Kebenaran" ( Weda Manusmrti 2.6)
wong solo
Reply| 16 Aug 2012 14:26:18
pertanyaan bodoh!!! saya yg bukan ahli tafsir Alquran aja tahu kok.
1. membentangkan bumi itu artinya membuat bumi sebesar ini. bayangkan kalo bumi tidak dibentangkan mungkin cuma sebesar bola bekel, apa bola bekel bisa utk hidup manusia dan makhluk lainnya?? nggak kan??
2. “gunung-gunung menjaga agar bumi tidak bergerak”. tidak bergerak itu maksudnya tidak terjadi gempa. Anda pernah membayangkan gimana jadinya kalau nggak ada gunung merapi?? material2 di perut bumi tidak ada yg menahan sehingga akan keluar ke permukaan bumi. bukankah kalo material di perut bumi keluar (gunung meletus) akan terjadi gerakan di bumi (gempa bumi)?? kalo nggak percaya coba anda ke gunung merapi waktu meletus pasti terjadi gempa bumi yang disebut gempa vulkanik.
NGGAK PERLU SEORANG USTADZ UNTUK MENJAWAB PERTANYAAN BODOH SEPERTI ITU!!!
wong solo
Reply| 16 Aug 2012 13:53:35
pertanyaan bodoh!!! saya yg bukan ahli tafsir Alquran aja tahu kok.
1. membentangkan bumi itu artinya membuat bumi sebesar ini. bayangkan kalo bumi tidak dibentangkan mungkin cuma sebesar bola bekel, apa bola bekel bisa utk hidup manusia dan makhluk lainnya?? nggak kan??
2. "gunung-gunung menjaga agar bumi tidak bergerak". tidak bergerak itu maksudnya tidak terjadi gempa. Anda pernah membayangkan gimana jadinya kalau nggak ada gunung merapi?? material2 di perut bumi tidak ada yg menahan sehingga akan keluar ke permukaan bumi. bukankah kalo material di perut bumi keluar (gunung meletus) akan terjadi gerakan di bumi (gempa bumi)?? kalo nggak percaya coba anda ke gunung merapi waktu meletus pasti terjadi gempa bumi yang disebut gempa vulkanik.
NGGAK PERLU SEORANG USTADZ UNTUK MENJAWAB PERTANYAAN BODOH SEPERTI ITU!!!
Anton Hasibuan
Reply| 14 Aug 2012 17:12:39
Asslmu alaikum wr wb . Bagi kaum sesama muslim .
subhanallah , ternyata masih bnyak orng-orng yg tolol yg suka mencela kebenaran Al-Qur'an dan Hadist ! Yg di maksud bumi di bentangkan adalah daratan yg terlihat nyata ini , dan yang di maksud bumi tidak bergerak adalah berguncang seperti saat ini sering terjadi gempa bumi dan Tsunami di mana2 . Mengapa bumi sering terjadi gempa dan sunami ini di akibatkan oleh orang2 yg tdk bertanggung jawab , begitu indahnya dunia ini di ciptakan Allah Swt untuk mahluk ciptaanya ! Sekarang di rusak dgn semena-mena ! Penebangan hutan secara brutal dan mengotori sungai dan lautan secara brutal pula . Maka ingatlah bahwa ini adalah suatu pertanda peringatan untuk ummatnya agar lebih mendekat dan berserah diri kepadanya . Wahai kaumku sesama muslim mari kita sama2 perbanyak isthiqfar dan berdo'a semoga Allah mengetuk hati dan mata bathinnya. Insya allah dia masih diberikan pintu taubatan nasuha oleh Allah swt , agar dia meninggal dalam islam. Amin y robbal alamin. Akhirul kalam wabillahi taufik walhidayah wassalamu alaikum wr wb.
Febri
Reply| 17 Jul 2012 12:04:40
sok Tahu, emang anda bisa Menafsirkan Qur'an?
yang dimaksudkan buminya di sini ini daratannya.
baca dulu al-kitab anda, baru komentar
**** (deleted by admin)
Ahmad Dahlan
Reply| 11 Jul 2012 22:41:09
@ ARJUNA

Anda minta komentarmu minta dijawab?
Tapi adakah anda menjawab isyu yang sedang ditayangkan dalam artikel diatas? Artikel diatas mempertanyakan jelas2:

Kami bertanya: Bagaimana bumi dapat dibentangkan, dipipihkan dan tidak bergerak? Bagaimana bisa ada yang mengatakan bahwa gunung-gunung menjaga agar bumi tidak bergerak sedangkan sudah nyata bahwa bumi berputar pada porosnya sekali setiap 24 jam, dan menyebabkan adanya pergantian siang dan malam? Bumi juga berputar mengelilingi matahari sekali setahun, yang mengakibatkan terjadinya perubahan musim."

ADAKAH KAMU MENJAWAB? ATAU KAMU TAK MAMPU LALU LARI2 KEKAKI-LIMA ?
Arjuna
Reply| 08 Jul 2012 15:35:29
Orang Bodoh dan Fasik.. jangan terlalu mencari2 masalah dengan agama orang lain.. nanti anda seperti snouck hugronje orang yg diutus belanda untuk merusak islam yang sibuk mencari kelemahan islam eh.. tidak tahunya malah berbalik memeluk islam dan membela islam seperti kebanyakan para orientalis lainnya… oh y.. Jika Anda merasa lebih hebat silahkan buat kitab suci seperti Al Quran dan dengan kandungan serupa tanpa anda menyonteknya??…
Dan untuk menjawab pertanyaan bodoh itu sangatlah mudah … anda hanya mempertanyakan akan tafsir Al Baidawi.. selayaknya anda tanyakan sendiri dengan Al Baidawi tentang maksud dr tafsinya jgn mempertanyakannya pada Al Quran..beli kaset kok ke toko besi.!!!
dan jika anda paham sejarah gereja anda mungkin akan malu..dengan tindakan pemuka agama anda bagaimana seorang Friedrich Nietzche membuka Aib agama anda sendiri atau yang lebih parah lagi seorang Adam Weshaupt seorang tokoh Iluminati yang mantan pendeta jesuit didalam bukunya telah membongkar segala aib dan kebusukan gereja yang menjadi cikal bakal lahirnya Gerakan Protestan dan Sosialis yang tanggal terbit bukunya dijadikan hari komunis sedunia pada tanggal 1 mei yg telah menginspirasi karl max, leo tolstoy, voltaire,dan tokoh2 dunia lainnya.. atau anda belum melihat bagaimana sejarah para ilmuwan yang dibunuh dan ditindas oleh oknum2 agama anda manakala mengemukakan pandangan tentang masalah bumilah yang mengelilingi matahari..seperti galileo galilei dan teman- teman…
Kenapa setiap Komentar saya tidak dijawab dan tidak diterbitkan???? apa LUCIFER tidak terjawab???? LUCIFER badan manusia kepala kambing ...wajar saja tidak terjawab karena otaknya otak kambing
Arjuna
Reply| 07 Jul 2012 11:38:23
Orang Bodoh dan Fasik.. jangan terlalu mencari2 masalah dengan agama orang lain.. nanti anda seperti snouck hugronje orang yg diutus belanda untuk merusak islam yang sibuk mencari kelemahan islam eh.. tidak tahunya malah berbalik memeluk islam dan membela islam seperti kebanyakan para orientalis lainnya… oh y.. Jika Anda merasa lebih hebat silahkan buat kitab suci seperti Al Quran dan dengan kandungan serupa tanpa anda menyonteknya??…

Dan untuk menjawab pertanyaan bodoh itu sangatlah mudah … anda hanya mempertanyakan akan tafsir Al Baidawi.. selayaknya anda tanyakan sendiri dengan Al Baidawi tentang maksud dr tafsinya jgn mempertanyakannya pada Al Quran..beli kaset kok ke toko besi.!!!

dan jika anda paham sejarah gereja anda mungkin akan malu..dengan tindakan pemuka agama anda bagaimana seorang Friedrich Nietzche membuka Aib agama anda sendiri atau yang lebih parah lagi seorang Adam Weshaupt seorang tokoh Iluminati yang mantan pendeta jesuit didalam bukunya telah membongkar segala aib dan kebusukan gereja yang menjadi cikal bakal lahirnya Gerakan Protestan dan Sosialis yang tanggal terbit bukunya dijadikan hari komunis sedunia pada tanggal 1 mei yg telah menginspirasi karl max, leo tolstoy, voltaire,dan tokoh2 dunia lainnya.. atau anda belum melihat bagaimana sejarah para ilmuwan yang dibunuh dan ditindas oleh oknum2 agama anda manakala mengemukakan pandangan tentang masalah bumilah yang mengelilingi matahari..seperti galileo galilei dan teman- teman…

Kenapa setiap Komentar saya tidak dijawab dan tidak diterbitkan???? apa LUCIFER tidak terjawab????
Iwan
Reply| 07 Jul 2012 08:15:19
Betapa kasat matanya kesalahan QUran lewat ayat2 di atas; kelihatan sekali kalau Quran itu bukan Firman Tuhan yg layak dipercaya. Kesimpulannya: Baik Allah SWT maupun Muhammad sama-sama SOSOK YG PALSU!!
Akibodo
Reply| 06 Jul 2012 22:56:30
@ ALL KAFIRUN,

Pertanyaan‘Abdallah ‘Abd al-Fahdi adalah pertanyaan orang tidak beriman semata.
Bukankah Allah Islam -- berlainan dg ilah -- mampu membuat bumi dapat dibentangkan, dipipihkan dan tidak bergerak? Siapakah kalian yang mengkritik Allah Islam? Jangan dongo!
Fetching more Comments...
↑ Back to Top