Kerusuhan Massa Meledak Setelah Seorang Anak Laki-laki Mengencingi Quran

Ketika mereka bertemu, si anak laki-laki Muslim berkoar-koar mengatakan jika ada orang yang mengencingi Quran maka orang itu akan berubah menjadi ular, anjing atau tikus. “Si anak laki-laki Kristen tertarik dengan skenario ini dan tanpa berpikir dua kali ia pun mengencingi Quran”, ujar Bishop Fabian Obeid, Ketua Persekutuan Hamba Tuhan di Zanzibar.

 

William Stark, Regional Manager for Africa

12 November 2012 Washington, D.C. (International Christian Concern) – Seorang anak laki-laki Muslim dan seorang anak laki-laki Kristen bertemu di pinggiran kota Dar es Salaam, ibukota Tanzania. Hasil dari pertemuan tersebut, anak laki-laki Kristen itu diancam akan dipenggal dan setidaknya lima gereja dihancurkan. Apakah yang telah dilakukan oleh kedua anak laki-laki tersebut sehingga timbullah kerusakan yang sangat parah?

Ketika mereka bertemu, si anak laki-laki Muslim berkoar-koar mengatakan jika ada orang yang mengencingi Quran maka orang itu akan berubah menjadi ular, anjing atau tikus. “Si anak laki-laki Kristen tertarik dengan skenario ini dan tanpa berpikir dua kali ia pun mengencingi Quran”, ujar Bishop Fabian Obeid, Ketua Persekutuan Hamba Tuhan di Zanzibar.

Ketika si anak laki-laki Muslim memberitahu orangtuanya, mereka terkejut dan memutuskan untuk mengkonfrontir orangtua anak laki-laki Kristen itu. Setelah mendapati bahwa orangtua anak laki-laki Kristen itu tidak ada di rumah, mereka memutuskan untuk melaporkan insiden tersebut ke mesjid terdekat. Inilah awal mula segala sesuatunya menjadi tidak terkendali.

Beberapa hari kemudian, segerombolan pemuda Muslim berkumpul di mesjid setelah dipanas-panasi saat sembahyang Jumat. Mereka berniat menghukum anak laki-laki Kristen itu karena telah menajiskan Quran. Polisi diperingatkan akan situasi tersebut dan anak laki-laki itu ditahan untuk melindunginya dari amuk massa. Massa berkumpul di luar kantor polisi dan menuntut agar anak laki-laki itu dilepaskan bagi mereka “agar ia mendapat hukuman yang setimpal”. Hukuman yang setimpal untuk tindakan menajiskan Quran dalam kasus seperti ini, menurut penafsiran ultra konservatif terhadap hukum Islam adalah dipenggal.

Ketika polisi menolak melepaskan anak laki-laki tersebut, massa mulai rusuh. Oleh karena rencana mereka untuk menghukum anak itu tidak terlaksana, massa memutuskan untuk merusak gereja-gereja dan properti Kristen lainnya di wilayah itu. Massa membakar 5 gereja, termasuk Gereja Hari Ke-Tujuh, Gereja Anglikan, dan Gereja Sidang Jemaat Allah. Properti lainnya milik orang-orang Kristen di wilayah itu juga dihancurkan termasuk sebuah mobil milik Gembala Jemaat Gereja Anglikan. Saat kerusuhan berlanjut, Gereja Sidang Jemaat Injili di Tanzania dirobohkan. Dalam hari-hari berikutnya, kerusuhan di dalam komunitas Muslim berlanjut, mengakibatkan penghancuran lebih banyak properti di seluruh negara itu dan hidup para pemimpin Kristen terancam.

Pada 18 Oktober, segerombolan pengunjuk rasa Muslim membawa pedang, belati dan senjata tajam lainnya menyerang dua gereja di Zanzibar, sebuah pulau di dekat pantai Timur Tanzania, dengan tujuan untuk menyakiti para pemimpin gereja. “Kami menginginkan kepala Bishop Shayo”, teriak massa saat mereka berusaha untuk memasuki Gereja Anglikan pimpinan Pdt. Emmanuel Masoud. Saat massa menyerang gereja, memecahkan jendela-jendela dan merusak pintu-pintu, massa terus meneriakkan “Kami menginginkan kepala Masoud”. Namun mereka tidak berhasil masuk ke dalam gereja yang mereka serang. Itulah kemudian mereka mulai berteriak-teriak, “Kami menginginkan kepala semua pendeta di Zanzibar!”

“Teriakan-teriakan ini menyebabkan kepanikan besar dan beberapa pendeta, yang mengkuatirkan hidup mereka, meninggalkan pulau Zanzibar dan pergi ke dataran utama Tanzania”, ujar Pendeta Lucian Mgaywa dari Gereja Tuhan di Zanzibar.

“Syukurlah pemerintah mengintervensi dan memberikan pengamanan bagi para pendeta di Zanzibar”. Malangnya, kerusuhan-kerusuhan ini bukanlah satu-satunya insiden penyerangan terhadap orang-orang Kristen dan tempat-tempat ibadah mereka oleh elemen-elemen ekstrimis di Tanzania. Hingga bulan Mei, 25 gereja dan biara telah dihancurkan. Penghancuran ini terutama terjadi di Zanzibar dimana populasinya 99% Muslim dan terang-terangan bersikap kejam terhadap orang Kristen. Menurut seorang saksi di tempat kejadian, dimana sebuah gereja dihancurkan, “Para penyerang itu berteriak-teriak,’Singkirkan gereja – kami tidak ingin orang kafir merusak masyarakat kita’”.

Kelompok ekstrimis di Zanzibar bahkan telah menghalangi pembangunan kembali gereja-gereja yang telah dihancurkan dengan menggunakan perintah pengadilan. Pemerintah Zanzibar, yang bersifat semi otonomi dari Pusat, tidak mengambil tindakan apapun berkaitan dengan insiden kekerasan yang menghancurkan banyak gereja di Zanzibar. Hingga hari ini tidak ada yang ditahan sehubungan dengan penyerangan-penyerangan terhadap gereja-gereja di Zanzibar, sehingga membuat banyak orang bertanya-tanya apakah pemerintah setempat menyetujui perbuatan-perbuatan tersebut.

Kelompok separatis Islam UAMSHO nampaknya menjadi pusat banyak tindak kekerasan terhadap orang Kristen. UAMSHO – adalah akronim dalam bahasa Swahili yang berarti “Asosiasi Mobilisasi dan propaganda Islam” – adalah sebuah kelompok politik religius yang menghimbau adanya pemisahan Zanzibar dari pemerintah Pusat di Tanzania. Dalam beberapa tahun terakhir, UAMSHO telah semakin menjadi fundamental dalam keyakinan-keyakinan religiusnya dan telah terlibat dalam beberapa penyerangan terhadap orang-orang Kristen di Zanzibar.

Setelah Gereja Sidang Jemaat Injili dihancurkan, “Bendera milik UAMSHO dikibarkan di atas reruntuhan gereja”, ujar Bishop abian Obeid, Ketua Persekutuan Hamba Tuhan di Zanzibar. Meningkatnya fundamentalisme Islam di Tanzania bersamaan dengan meningkatnya penganiayaan terhadap orang Kristen di seluruh Affrika Timur. Bahkan di negara-negara seperti Kenya, dimana terdapat 80% orang Kristen, kelompok-kelompok ekstrimis Islam seperti al-Shabaab mulai berakar dan melakukan banyak tindak kekerasan terhadap orang Kristen. Kelompok-kelompok ekstrimis ini sering menggunakan insiden-insiden seperti anak laki-laki yang menajiskan Quran untuk meningkatkan ketegangan dalam komunitas Muslim yang telah hidup dalam damai selama beberapa generasi dengan para tetangganya yang Kristen. Pemerintah Zanzibar harus mengambil sikap terhadap serangan-serangan ini dan memandang kelompok-kelompok ini bertanggung-jawab atas tindakan-tindakan mereka. Sampai mereka melakukan hal itu, ribuan orang Kristen di Afrika Timur akan terus hidup dalam ketakutan.

[email protected]


66 comments Add a Comment
Sandria
Reply| 18 Dec 2013 02:44:16
lihatlah Yahudi, mereka lebih terang menghujat Tuhan Yesus kalian,, mereka lebih terang membakar, merobek kitab kalian tapi mengapa kalian lebih sayang terhadap mereka,,,

===============================================================

MEREKA MENGHUJAT TUHAN YA BIAR AJA,, EMANG KITA SIAPA MAU MEMBELA TUHAN?? TUHAN LEBIH BERKUASA DARIPADA KITA MANUSIA, YANG BENAR ITU TUHAN MEMBELA MANUSIA, KARNA KITA ADALAH CIPTAANNYA . .

YANG DI BAKAR HANYA SEBUAH BUKU,, TETAPI MEREKA TIDAK AKAN BISA MEMBAKAR IMAN KAMI DALAM AJARAN TUHAN

MUSLIM SEPERTI BOM AJA YA BRO,, KENA API SEDIKIT MELEDAK
Sandria
Reply| 18 Dec 2013 02:35:30
4. DILARANG MENIPU

5. DILARANG MERAMPOK

6. DILARANG MENIKAHI GADIS YANG BELUM MENS

DLL
Sandria
Reply| 18 Dec 2013 02:34:06
POLITIK DENGAN AGAMA ITU URUSAN BERBEDA,, KECUALI PERANG MELAWAN KAFIR ATAS PERINTAH NABIMU . . ITU BARU POLITIK + AGAMA
Sandria
Reply| 18 Dec 2013 02:30:17
KARNA MENGANGGAP YANG SUCI ADALAH BUKUNYA BUKAN AJARAN DI DALAMNYA KALI YA ???

LALU KENAPA MEREKA SELALU BILANG KRISTEN TERLALU MENYEMBAH PATUNG DAN SALIB ?? ORANG MEREKA JUGA NYEMBAH BUKU
Sandria
Reply| 18 Dec 2013 02:28:07
JENIUS LUAR BIASA ALA ISLAM,,

KATA TEMAN SIH
Aing
Reply| 17 Dec 2013 22:58:01
tangkurak sia admin udah kaya dajjal mengadu domba... cuma nabi isa yesus kristus nanti yg bisa membunuh dajjal
Aing
Reply| 17 Dec 2013 22:51:11
AYAT-AYAT ILLAHI :
Tuhan itu Esa (monotheisme), bukan Trinitas
1. Tauhid Nabi Musa (Ulangan 4:35, Ulangan 6:4,Ulangan 32:39).
2. Tauhid Nabi Daud (II Samuel 7:22, Mazmur 86:8).
3. Tauhid Nabi Sulaiman (I Raja-raja 8:23).
4. Tauhid Nabi Yesaya (Yesaya 43: 10-11, Yesaya 44:6,Yesaya 45:5-6, Yesaya 46:9).
5. Tauhid Yesus (Markus 12:29, Yohanes 5:30, Yohanes 17:3).
Yesus bukan Tuhan dan tidak sama dengan Tuhan
1. Yesus lebih kecil daripada Tuhan (Yohanes 10:29).
2. Tuhan lebih besar dari pada Yesus (Yohanes 14:28).
3. Yesus duduk di sebelah kanan Tuhan (Markus 16:19, Roma 8:4).
4. Yesus berdiri di sebelah kanan Tuhan (Kisah Para Rasul 7:56).
5. Allah tahu kapan datangnya kiamat, sedang Yesus tidak tahu (Matius 24:36).
6. Yesus bersyukur kepada Tuhan (Matius ll:25, Lukas 10:21).
7. Yesus berteriak memanggil Tuhan (Matius 27:46, Markus 15:34).
8. Yesus menyerahkan nyawanya kepada Tuhan (Lukas 23:44-46, Yohanes 19:30).
9. Yesus disetir oleh Tuhan (Yohanes 5:30).
Yesus adalah utusan Tuhan (Rasul Allah) Dalil : Markus 9:37, Yohanes 5:24, 30,7:29,33,8:16,18,26,9:4,10:36,II:42,13:20,16:5, 17:3,8,23,25.
Tidak ada dosa waris dan Penebusan dosa
Para nabi Allah tidak ada yang mengajarkan Dosa Waris dan Penebusan Dosa. Risalah Allah yang dibawa oleh semua nabi-Nya itu pada hakekatnya sama saja, yaitu Tauhid dan amal shalih. Semua nabi menekankan adanya tanggung jawab individu atas segala perbuatan setiap manusia (Yehezkiel 18:20, Ulangan 24:16, Matius 16:27, Yeremia 31:29-30, II Tawarikh 25:4).
Nubuat akan datangnya seorang nabi akhir setelah Yesus
Dalam Alkitab masih dapat ditemukan nubuat-nubuat para nabi yang memberikan sinyalemen akan datangnya seorang nabi terakhir yang menutup keberadaan para nabi sebelumnya. Keberadaan nabi terakhir yang pamungkas ini sangat penting artinya untuk kesempurnaan ajaran Tuhan kepada manusia di muka bumi.
Namun, nubuat itu disampaikan dalam bentuk sandi-sandi bahasa yang dapat dipahami dengan penafsiran yang membutuhkan pemikiran akal yang tinggi.
Ayat-ayat yang dimaksud adalah :
1. Ulangan 18:18-20, tentang nabi diluar bani Israel dengan ciri-ciri: nabi seperti Musa, tidak mati terbunuh dan semua perkataannya terjadi.
2. Habakuk 3:3 jo. Ulangan 33;1-3, tentang nabi yang berhasil menegakkan syariat agama di tanah Arab.
3. Yesaya 29:12, nabi yang tidak bisa membaca.
4. Yesaya 41:1-4, nabi yang bisa perang, punya keturunan dan sudah lama ditunggu-tunggu oleh bangsa yang tertindas sebagai pembebas dan penyelamat dari penindasan kaum yang zalim.
5. Yesaya 42:1-4, nabi yang menegakkan hukum kepada bangsa-bangsa lain dan tidak pernah berteriak dengan suara nyaring.
6. Yeremia 28:9, tentang nabi yang membawa damai.
7. Kejadian 49: 1, 10 dan Matius 21: 42-43, nabi tersebut keturunan nabi Ismail.
8. Yohanes 1: 19-25, datangnya setelah zaman Yahya dan Yesus.
9. Yohanes 16:7-1 5, nabi yang mendapat julukan "Penolong yang lain" dengan ciri-ciri: manusia biasa, memiliki gelar ‘penghibur' dan 'al-amin/orang benar jujur terpercaya', tidak berkata-kata dari dirinya sendiri dan memuliakan nabi Isa dengan alaihisalam.
10. Dan lain-lain.
BERSAMBUNG.....
bravo10
Reply| 08 Apr 2013 01:35:30
@dogol.....kalau tuahmya dari TUHAN Jesus tentu tidak akan terjadi amuk masa bahkan terjadi perdamaian tapi karena tuah Quran dari Iblis maka terjadilah amuk masa...Jadi iblislah yang marah karena kitabnya dikencingi.
altair
Reply| 25 Jan 2013 21:44:46
berpikir praktis, ga usah kompleks. nasrani salah karena tidak menghormati ajaran islam tentang menjaga mushaf. islam salah karena bertindak anarki. sederhana bukan???
kecuali,,, berniat mengadu domba muslim dan nasrani....
masukan untuk admin, tolong diganti namanya. jangan bacabacaquran. karena cara baca nya salah. di kami ada tatacaranya dalam membaca alquran. bila ingin mempelajarinya, ikuti tatacaranya. bukankah bila kita membaca rumus kimia juga ada aturannya?
di samping itu, isinya memojokkan, menghina, merendahkan islam. bukankah dalam hal seperti itu tidak diperbolehkan? kalaupun ingin melakukannya, jangan pakai kata "quran".
saya punya temen deket nasrani. saya tidak bahas ambon di depannya dan dia tidak membahas sikap muslim yang anarkis di depan saya. dan kita banyak melakukan hal bersama. yah, intinya seperti ajaran PKn dulu lahhh,,,
pipin
Reply| 24 Jan 2013 01:57:24
hmmm,,,,cuma karena sebuah buku aja bisa rusuh gitu ??
aneh bangetd., kan bisa dicetak lagi.
terlalu didewakan tuh bukunya
GUNTUR
Reply| 17 Jan 2013 22:14:34
Syaitan dan Awloh punya sifat yang sama , ..........tukang tipu
Tan tiek lim
Reply| 17 Jan 2013 15:25:10
Kalo yang disembah saja adalah zat "Penipu Daya Terbesar/Ulung" (waAllahu khayru almakireen),QS 8;30.

Lantas bila terjadi peristiwa macem begini ya sudah Wajar dan memang telah Sesuai dengan "Petunjuk Sang Nabi Besar yg tercatat dlm quran" sb
islam scout
Reply| 14 Dec 2012 22:52:20
sodara key maaf lagi teori anda akan saya patahkan di buku sejarah kelas 4 sd,, portugis hingga belanda datang ke Indonesia dengan tujuan 3G nya, tak ada urusan politiknya
tuh di baca buku adeknya atau anaknya mungkin kalau gag ada di toko buku juga ada
dan apakah penjajah tersebut bukan nasrani? kalau bukan ajaran siapa yang di sebar di 3G nya

omben@ u/ masalah iran-irak, anda cari tau yah,, karena syiah dan sufi (anda pasti tidak paham) adalah ajaran yg berbeda walau mengaku sama islam, lihat tujuan utama syiah
buren
Reply| 12 Dec 2012 16:36:43
1. hukum taurat melarang makn BABI.

2. hukum taurat menyuruh ibadah hari SABAT/sabtu, bukan hari minggu

3.hukum taurat menyuruh sunat

dll
buren
Reply| 12 Dec 2012 16:29:27
untuk prihatin:

1.Alquran seluruh dunia satu semua tulisan dalam bahasa arab.

2. Alquran disetiap negara sdh ada terjemahannya

3. untuk mempelajari Alquran tdk cukup hanya dgn terjemahan saja perlu TAFSIR

4. Tafsir adalah Buku yg menjelaskan tentang: asbabul nuzul Alquran sebab musabab turunnya Ayat2 Alquran, kapan ayat tersebut diturunkan, mengapa ayat tsb hrs turun, kemana tujuan/maksud ayat tsb dsb.

5. Saran bagi admin jk anda ingin dapat petunjuk sebaiknya anda pelajari Tafsir, jgn anda menafsirkan ayat2 menurut selera anda, petunjuk akan diperoleh kl ada niat baik.

6. Ada beberapa tafsir diantaranya Hamka,ibnu katsir atau Almisbah yg karangan prof Qurais Shihab kl tdk salah ada 15 buku tafsir lgkap surat mulai dari surat ke Alfatihah 1, Albaqarah 2, Ali Imran 3, Annisa 4 dst sd Annas 114.
Key
Reply| 10 Dec 2012 19:31:37
Terus gw harus bilang waoooow githu..??

Katolik dan Kristen msk k Indonesia karena ada urusan politik dll, bkn karena agama.. Paham..? Kebetulan aja mereka beragama Kristen dan Katolik.. Lagipula Alkitab sama skali ga pernah membenarkan semua perbuatan yg telah di lakukan oleh para penjajah kita dulu kok.. Itu kan salah orang"nya.. Berbeda dengan cara Islam mula"..
Klo Islam bsa masuk k Perancis dll dan sukses menyebar luas di sana terus kenapa..? Bangga..?
Justru para muslimlah yg harus bersyukur karena nasrani di sana bsa menerima kalian.. Tapi klo ada orang Islam yg merasa terintimidasi oleh orang Nasrani di sana, where ever.. Jangan pernah salahkan ajaran Nasrani dan sok merasa terzalimi, karena orang Nasrani yg benar ga akan pernah berbuat seperti itu..
Agama yg benar bkn di tentukan dengan seberapa bnyk mereka dan sekuat apa mereka,, tapi seperti apa karakter dan teladan hidup yg mereka jalani sehingga bisa menjadi berkat, terang, dan garam dunia bagi sesamanya..
GBU :)
Omben
Reply| 10 Dec 2012 01:26:54
@buren: semua yg anda sebutkan adalah pembunuhan dg alasan politik bukan atas perintah agama, apa bedanya dg perang Irak-Iran, coba anda jelaskan...?? Kalau perintah membunuh org kafir itu adalah perintah Al Quran. Dlm Injil tdk ada perintah utk membunuh org yg tdk percaya Yesus.
Omben
Reply| 10 Dec 2012 01:15:49
@ buren: hukum Islam adalah hukum barbar, tdk layak utk zaman modern, ada penggal kepala, mau ceraiakan istri cukup dg talak dsb, tdk logis. Lebih baik berpegang pd prinsip melanggar agama urusan Tuhan, melanggar hukum urusan negara. Jgn agama dijadikan hukum negara,
Omben
Reply| 10 Dec 2012 01:04:58
ayat2 Al Quran mengilhami para terorist menjadi bomber bunuh diri, membakar gereja, menjadi muslim pemberontak melawan pemerintahn yg sah dst.
buren
Reply| 05 Dec 2012 18:29:07
Anda benar, yang anda kutib adalah ayat ayat Maidina.
Tetapi ada juga ayat ayat yang turun di Madina dimasukkan ke dalam ayat Makiyah.

Quran banyak sekali mengandung paradoks walaupun quran itu sendiri mengatakan bahwa quran adalah wahyu yang jelas dan rapi.

NGOMONG PARADOKS, MADINAH-MAKIYAH SOK TAU ANDA, SEMAKIN LAMA SEMAKIN LUCU-LUCU KALIAN
Fetching more Comments...
↑ Back to Top